4 REKOMENDASI FILM YANG DAPAT MEMBUAT KAMU LEBIH PEDULI DAN PERCAYA DIRI - negerikertas.com

INFO ATAS

Ayo menulis puisi untuk memperebutkan ANUGERAH HAK ASASI MANUSIA. Deadline 10 Desember 2022 | Apabila dalam 30 Hari, karya yang anda kirimkan di Negeri Kertas tidak dimuat, secara otomatis karya tersebut statusnya dikembalikan.

Media Sastra dan Seni Budaya

email nkertas@gmail.com | WA 628888710313

9 Nov 2022

4 REKOMENDASI FILM YANG DAPAT MEMBUAT KAMU LEBIH PEDULI DAN PERCAYA DIRI


Generasi milenial tentu sangat suka menonton film, dimana semakin berkembangnya teknologi kita dapat menikmati menonton film di mana pun dan kapan pun. Dengan banyaknya film yang telah rilis atau coming soon  tentu seseorang  memiliki genre yang berbeda antara satu sama lain tentang film yang akan di tonton.

Dari banyaknya genre film, disini saya ingin merekomendasikan empat film yang saat menontonnya dapat membuat kita termotivasi menjadi lebih baik, menerima kekurangan dan kelebihan kita serta lebih percaya kepada diri kita tak lupa tentang menghargai orang lain. Empat film yang akan kita bahas adalah

  1. ENCANTO 

Film pertama yang akan aku rekomendasikan adalah film “ENCANTO”. Film ini dirilis oleh Walt Disney Animation Studios pada 2021 dan merupakan film animasi. Film ini menceritakan sebuah keluarga tinggal di rumah ajaib dan masing-masing keluarga diberi keajaiban tersendiri seperti, dapat mengangkat beban berat, menyembuhkan orang sakit dengan makanan dan lain sebagainya. Tapi dalam film ada satu anggota keluarga yang tidak mendapat keajaiban hal tersebut membuatnya terasingkan dari saudara dan sepupunya, terutama sang nenek yang terlihat perfeksionis.

 Dalam cerita menuju ending film keluarga tersebut akan akur dan menerima segala kekurangan antara satu sama lain serta hidup harmonis, setelah terjadi peristiwa rumah ajaib mereka hancur dan kehilangan keajaiban karena pertengkaran antara sang nenek dan “Mirabel”- tokoh utama yang tidak mendapat keajaiban-. Juga kembalinya salah satu tokoh bernama “Bruno” ke dalam keluarga karena menganggap keajaiban yang dimilikinya membawa petaka. 

Selama menonton film ini banyak pesan moral dan motivasi yang bisa kita dapatkan. Dari film tersebuat kita akan tahu kita bukanlah manusia yang sempurna walaupun dengan segala kelebihan yang kita miliki, apalagi dengan segala kelebihan tidak boleh menjadikan kita sombong dan merasa lebih baik dari orang lain serta membawa dampak buruk dengan merendahkan orang lain dengan kelebihan yang dimiliki. 

 Dan hal itu juga yang membuat saya sadar di saat saya merasa sombong atas pencapaian saya dan merendahkan orang lain maka hal tersebut akan menghancurkan saya di masa depan, dimana tidak dapat menghargai orang lain. Padahal dalam diri sendiri pastinya kita juga memiliki kekurangan. Dan yang terakhir keluarga adalah segalanya walaupun di dalamnya terdapat kekurangan dan kelebihan masing-masing, dimana tugas kita adalah saling melengkapinya. 

  1. IMPERFECT 

Yang kedua ada film dari Indonesia yaitu IMPERFECT. Dalam film ini banyak hal yang dapat memotivasi kita khususnya dalam lebih mencintai diri sendiri, salah satunya menerima diri apa adanya. Selain love yourself, pesan lainya adalah mensyukuri keadaan fisik yang diberikan tuhan dan jangan pernah body shaming terhadap orang lain dalam bentuk apapun karena hal tersebut dapat melukai hati orang lain dan membuat mereka down. Hal seperti itulah yang mengingatkan saya yang seringkali dalam hati menilai penampilan orang lain dan lebih berhati-hati dalam berkata. Dan dari film ini juga dapat mengingatkan orang lain, seperti halnya saat di sosial media sering adanya komentar terhadap fisik orang lain untuk lebih menghargai sekitarnya. 

  1. 5CM

5cm merupakan salah satu film favorite yang saat saya menontonya berulang kali tidak akan pernah bosan dan mungkin sebagian dari kalian tahu film ini. Film yang menceritakan lima orang yang bersahabat belasan tahun yang setelah tiga bulan tidak bertemu karena merasa “jenuh” membuat mereka tidak saling berkomunikasi satu sama lain dan selama tiga bulan berpisah, banyak yang terjadi dalam kehidupan mereka berlima, sesuatu yang mengubah diri mereka masing-masing untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan. Setelahnya mereka bertemu kembali untuk merakannya dengan melakukan perjalanan mendaki gunung Semeru. 

Motivasi yang terdaat dalam film adalah semangat dalam menggapai cita-cita kita. Dari sekian banyak dialog ada satu yang paling saya suka dan dapat memotivasi kita, “Sejak kamu punya mimipi, keinginan atau cita-cita, taruh disini, di depan kening kamu, yang menempel, biarkan dia menggantung, mengambang 5cm di depan kening kamu.Jadi dia tidak akan pernah lepas dari mata kamu, dan kamu bawa impian kamu setiap hari, kamu lihat setiap hari dan percaya bahwa kamu bisa. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, apapun hambatannya, kamu bilang sama diri kamu sendiri kalo kamu percaya sama impian kamu dan kamu, tidak akan pernah menyerah.” Kalian tersebut sangat memotivasi saat kita merasa down dengan keadaan meraih cita-cita dan menjalani kehidupan, terkhusus saya seorang mahasiswa yang masih dalam tahap mengejar impian untuk tidak menyerah dan terus berjuang hingga akhir. 

  1. THE GREATEST SHOWMAN

Film bergenre musical yang dalam ceritanya mengajarkan kita keteguhan hati dan sifat pantang menyerah dalam menggapai hal yang kita impikan. Walau dalam film Barnum-tokoh utama seorang visioner- melakukan beberapa cara yang tidak jujur untuk mendapat keinginannya tersebut tentu kita tidak boleh menirunya. Hal tersebut seperti saat kita mengerjakan ujian dan untuk mendapat nilai bagus biasanya akan melakukan mencontek dan contoh lainya disekitar kita, dalam hal ini kita haruslah sadar dan mulai berhenti melakukannya. 

Selain jalan cerita yang seru dan keren tentu film bergenre musical ini menghadirkan beberapa lagu yang mana juga dapat memotivasi kita. Ada dua lagu yang menjadi favorite saya dalam film ini, pertaman ada “A MILLION DREAMS” dalam lagu tersebut bermakna agar kita tidak berhenti untuk bermimpi, janganlah pedulikan orang yang menganggap mimpimu hanya sebuah omong kosong dan bagaimana usaha kita agar mimpi dapat terwujud. Kedua ada lagu “THIS IS ME” Dimana dalam lirik lagu menggambarkan para tokoh saling memotivasi dan memberi semangat bagi untuk bangkit dari perlakuan tidak adil karena perbedaan antara tokoh dalam film yang berbeda dengan lainya. Tak lupa juga untuk berani berdiri dengan percaya diri bahwa semua manusia itu sama.

Mungkin itu sedikit ulasan dan gambaran motivasi yang dapat kita ambil atau terapkan dari ke-4 film tersebut dan juga tambahan dua lagu dari film “THE GREATEST SHOWMAN” yang mungkin saat kalian menonton dan mendengarnya dapat memotivasi kita semua. 

Jika ingin menonton film yang dapat memotivasi kalian, lebih peduli orang lain dan percaya diri mungkin film ini akan menjadi pilihan terbaik untuk kamu, jangan lupa menontonya!!


Nama : Warda Qonita Khoirunnisa

TTL : Ponorogo, 13 Oktober 2003

Asal : Ponorogo, Jawa Timur

Media Sosial : -IG: @wardaqonita_

No.HP/WA : 089696819842


INFO BAWAH

Cara kirim tulisan ke Negeri Kertas: Tulis karya anda berupa PUISI/CERPEN/ARTIKEL + BIODATA narasi + FOTO penulis atau GAMBAR ilustrasi, semuanya dalam SATU LAMPIRAN email file Ms Word. Bagian paling atas bertuliskan JUDUL KARYA + NAMA PENULIS. Kirim ke email nkertas@gmail.com