4 Rekomendasi Lagu BTS Untuk Tidak Menyerah Dalam Memperjuangkan Mimpi - negerikertas.com

INFO ATAS

Ayo menulis puisi untuk memperebutkan ANUGERAH HAK ASASI MANUSIA. Deadline 10 Desember 2022 | Apabila dalam 30 Hari, karya yang anda kirimkan di Negeri Kertas tidak dimuat, secara otomatis karya tersebut statusnya dikembalikan.

Media Sastra dan Seni Budaya

email nkertas@gmail.com | WA 628888710313

9 Nov 2022

4 Rekomendasi Lagu BTS Untuk Tidak Menyerah Dalam Memperjuangkan Mimpi

 



Oleh: Neti Putri Pancawati


Mendengarkan musik menjadi suatu hal yang banyak disukai orang, mendengarkan musik juga bisa menggambarkan perasaan orang tersebut karena makna lagu terkadang relate dengan keadaan yang sedang dialami. Mungkin banyak sekali jenis lagu tetapi Saya ingin merekomendasikan lagu BTS, beberapa lagu BTS mempunyai arti lirik yang mendalam dan mengingatkan kita jika mempunyai sebuah mimpi jangan mudah untuk menyerah. Inilah empat lagu yang saya rekomendasikan:


  1. Epilogue : Young Forever.


Lagu BTS yang berjudul Epilogue : Young Forever merupakan salah satu lagu BTS yang menjadi kesukaan saya. Lagu ini mengisahkan mengenai member BTS bahwa teriakan dan tepuk tangan penonton tidak bertahan selamanya. Namun selagi, masih muda mereka tetap terus bernyanyi dan menikmati waktu yang ada. Terkadang dalam mengejar impian ada dimasa sudah kehilangan semangat dan mudah menyerah, karena banyaknya rintangan yang dihadapi terasa begitu sulit dan sering bertanya-tanya apakah usaha yang sudah dilakukan selama ini akan mendapatkan hasil yang sesuai, apapun hasilnya yang perlu kita lakukan adalah terus memperjuangkan impian sesulit apapun itu.


 Salah satu lirik lagu Epilogue : Young Forever yang saya sukai adalah “Selamanya kita muda. Bahkan saat aku jatuh dan menyakiti diri sendiri. Aku terus berlari menuju impianku” arti lirik lagu tersebut memotivasi saya untuk tidak menyerah dalam memperjuangkan mimpi meskipun jatuh dan terluka akan terus berlari menuju impian.


  1. No More Dream


Lagu No More Dream adalah lagu debut BTS, Salah satu arti lirik lagu No More Dream yang membuat kita tidak mudah menyerah mengejar mimpi adalah “Pergilah ke jalanmu, bahkan jika kamu hidup untuk sehari. Lakukan sesuatu. Singkirkan kelemahanmu.” BTS juga mengajak kita untuk mengaca pada diri sendiri apa yang sebenarnya menjadi impian kita. Mereka mengatakan agar kita bisa bermimpi dan menentukan impian kita sendiri. 


Dalam lagu ini memberitahu kita untuk bisa menentukan apa yang kita mau bukan pengaruh dari orang lain ataupun orang tua. Terkadang impian sudah direncanakan oleh orang terdekat seperti sudah merencanakan apa yang harus kita lakukan untuk masa depan. Dalam diri sendiri kita tentu berpikir apakah semua itu adalah impian kita atau hanya keinginan mereka saja. Perasaan ragu dan takut menjadi hambatan untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya kita impikan. Dalam lagu ini saya sangat termotivasi karena dalam lagu No More Dream mengajarkan untuk membuang segala kelemahan dan melakukan yang terbaik untuk terus bekerja keras memperjuangkan mimpi.


  1. Lost


Lagu BTS yang berjudul Lost mengajak kita untuk jangan terlena dengan kebimbangan. Terlebih lagi disaat menentukan impian tiba-tiba merasa tersesat dan apakah impian ini memang benar yang kita ambil. Kebimbangan sering terjadi apalagi ketika sudah dewasa karena umur semakin bertambah dan mimpi yang besar membuat rasa bimbang sering datang. 


Kebimbangan adalah hal yang wajar terjadi, di lagu ini mengajarkan untuk percaya terhadap jalan yang sudah kita pilih dan jangan pernah melepaskan impian kita. Disaat rasa bimbang datang kita pasti akan menemukan jalan keluarnya, mungkin rasa bimbang itu datang tetapi jangan menjadikan itu alasan untuk melepaskan mimpi yang sangat diimpikan. Lagu dari BTS yang berjudul Lost ini mengajarkan saya untuk tidak terlalu lama dalam kebingungan secepat mungkin mencari solusi terbaik agar rasa bimbang tersebut tidak membuat saya berhenti di jalan dan semakin tidak menentu arah, lagu ini sangat memberikan dampak positif setiap kebimbangan kita pasti akan menemukan jalan keluarnya.


  1. So What


Lagu So What dari BTS akan membuat semangat meraih mimpi kembali lagi, seperti salah satu arti lirik lagu So What “Di tengah jalan, pada saat kamu ingin menyerah, berteriaklah lebih keras lagi, terus apa?” lagu ini mengenai melepaskan kekhawatiran dan ketakutan. Tidak perlu memperdulikan perkataan orang lain yang membuat kita menyerah. BTS mengajak untuk melawan rasa takut dan khawatir, kita harus terus maju dan bertarung menghadapi hari-hari.


Rasa khawatir akan penilaian seseorang tentang apa yang kita impikan sering membuat takut untuk melanjutkan mimpi dan berakhir menyetujui penilaian orang tersebut kalau kita memang tidak mungkin meraih impian. Tetapi kita harus berpikir kalau tidak perlu memikirkan penilaian orang tentang mimpi kita dan yang perlu dilakukan adalah membuang semua rasa khawatir tersebut. Lagu So What mengajarkan saya jika menyerah semudah itu kelak pasti akan menyesali semuanya karena tidak berusaha dengan maksimal dalam meraih mimpi. Jalani hidup yang kita pilih dan buang semua rasa khawatir karena kita mempunyai impian yang harus diperjuangkan.




Jika ingin mendengarkan lagu untuk membangkitkan semangat dalam memperjuangkan mimpi lagu BTS dapat menjadi rekomendasi yang bisa kamu dengarkan.




BIONARASI:


Nama : Neti Putri Pancawati


TTL : Sragen, 22 Oktober 2003


Alamat : Maron, Rt 22, Bandung, Ngrampal, Sragen


Media Sosial : Instagram (@_netiputrii_)


 








INFO BAWAH

Cara kirim tulisan ke Negeri Kertas: Tulis karya anda berupa PUISI/CERPEN/ARTIKEL + BIODATA narasi + FOTO penulis atau GAMBAR ilustrasi, semuanya dalam SATU LAMPIRAN email file Ms Word. Bagian paling atas bertuliskan JUDUL KARYA + NAMA PENULIS. Kirim ke email nkertas@gmail.com