10 Cara Hemat Keuangan Bulanan, Nomor - negerikertas.com

INFO ATAS

Ayo menulis puisi untuk memperebutkan ANUGERAH HAK ASASI MANUSIA. Deadline 10 Desember 2022 | Apabila dalam 30 Hari, karya yang anda kirimkan di Negeri Kertas tidak dimuat, secara otomatis karya tersebut statusnya dikembalikan.

Media Sastra dan Seni Budaya

email nkertas@gmail.com | WA 628888710313

18 Nov 2022

10 Cara Hemat Keuangan Bulanan, Nomor

5 Anak Kosan Wajib Tahu!

Menjadi anak kos adalah salah satu langkah untuk mampu belajar mandiri, pada dasarnya anak kos harus bisa apa-apa sendiri, seperti harus bisa memasak, mencuci, menyapu, dan melakukan pekerjaan rumahan lainnya.

 Satu bulan pertama menjadi anak kos pasti sangat berat bagi beberapa orang, harus jauh dari orang tua, harus bisa melakukan ini dan itu sendiri,  harus bisa mengurus diri sendiri saat sakit, harus menjaga mental agar tetap sehat, dan yang paling utama bagi anak kos adalah harus pandai dalam mengatur uang bulanan.

Terkadang kita sebagai anak kos kebingungan mengatur uang bulanan yang diberikan orang tua, bahkan terkadang secara tidak sadar kita menghabiskan uang untuk sesuatu hal yang sebenarnya tidak diperlakukan. Biasanya setelah menghamburkan uang secara cuma-cuma akan timbul rasa penyesalan dalam diri. Atau kadang-kadang kita juga kebingungan kok uangnya cepet banget habis.

Kalian para mahasiswa yang baru ngekos pasti juga bingung bagaimana caranya agar kita bisa cukup dengan uang bulanan yang diberikan oleh orang tua. 

Nah, dalam artikel kali ini akan dijabarkan beberapa tips menghemat uang bulanan yang wajib banget diketahui anak kos.

1. Membuat Catatan Pengeluaran

Dari awal mendapatkan uang bulanan, kita harus pandai-pandai membagi uang kita untuk apa, dan kemudian kita catat untuk menghitung berapa pengeluaran. Jadi kita bisa tahu uang kita untuk apa saja. Contohnya 20% uang bulanan untuk makan 10% untuk transportasi 20% untuk lain-lain dan sisanya bisa ditabung untuk kebutuhan mendesak lainnya. 

Nah jika kalian sudah bisa membagi dan menghitung pengeluaran uang kalian dengan baik, pasti kalian tidak akan kebingungan lagi kemana arah perginya uang-uang itu. 

2. Membawa Bekal Makan dan Minum

Tips membawa bekal makanan dan minuman akan sangat membantu kalian para anak kos yang mau menghemat uang bulanan, kalian bisa memasak dari kos untuk bekal saat kuliah, setidaknya ini akan membantu kalian menghemat beberapa ribu rupiah, selain hemat juga makanan yang kalian makan akan terjamin kebersihannya karena kalian yang memasak sendiri. Dan yang paling penting adalah kalian bisa membawa tumblr isi air dari kos agar tidak perlu jajan minuman lagi.

3. Tidak Laundry Pakaian

Teruntuk para anak kos akan lebih prefer jika kalian mencuci dan menggosok baju sendiri, daripada harus merogoh kocek sekian ribu hanya untuk laundry lebih baik uangnya untuk kebutuhan lain yang lebih penting. Selain itu jika kalian mencuci sendiri pasti pakaian kalian akan lebih bersih lagi.

4. Berbelanja Kebutuhan di Grosir

Berbelanja kebutuhan pokok di grosir pasti akan lebih murah, daripada berbelanja di minimarket yang pasti harganya jauh lebih mahal. Harga barang di minimarket-minimarket pasti harganya jauh lebih mahal dibandingkan di toko grosir, karena harga minimarket pasti sudah dinaikan dua kali lipat dari harga asli. Jadi jika di dekat kosan kalian ada grosir yang murah lebih baik berbelanja di tempat grosir saja.

5. Mencari Kegiatan Diluar

Mencari kegiatan diluar seperti seminar, lomba, volunteer, dan lain-lain. Kalian bisa menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan tersebut, syukur-syukur dapat konsumsi yang bisa banget menghemat uang bulanan. Atau mungkin dapat uang saku, hitung-hitung cuan.

6. Berburu Diskon

Untuk anak kosan diskon berapapun itu sangat berarti, jadi kalian yang mau menghemat uang bulanan harus pintar dalam mencari diskon. Carilah diskon pada aplikasi online seperti Gojek, Grab, Shopee, Tokopedia, dan aplikasi online lainnya. Atau kalian juga dapat berburu diskon melalui media online seperti Twitter, Tiktok biasanya banyak yang saling sharing diskonan.

7. Kurangi Nongkrong

Tips berhemat yang satu ini munhkin agak sedikit sulit dijalankan bagi kalian yang suka nongkrong. Tapi tips yang satu ini sangat worth it untuk dijalankan, daripada kalian nongkrong tidak jelas lebih baik mencari kegiatan yang lebih berguna lagi, seperti yang dijelaskan pada nomor 5 diatas.

8. Jangan Makan Gengsi

Kalian sebagai mahasiswa kos tidak perlu malu saat ingin berhemat, lebih baik hilangkan gengsi dalam diri kalian. Makan seadanya tidak perlu hedon dan menuruti gengsi. Jika teman atau circle kalian orangnya hedon-hedon lebih baik dihandari agar tidak terjerumus hidup konsumtif. Carilah teman yang spadan dengan kalian.

9. Cari Kos yang Free Wifi

Kos-kosan dengan wifi yang gratis akan menghemat uang kalian, kalian tidak perlu mengeluarkan uang bulanan kalian untuk membeli kuota. Walaupun terkadang kosan free wifi ini wifinya sering macet, tapi ini akan membantu kalian dalam menghemat uang. 

10. Membawa Uang Secukupnya Saat Keluar

Tips yang terakhir adalah saat kalian memutuskan untuk keluar, lebih baik kalian membawa uang secukupnya saja untuk menghindari lapar mata. Banyak orang-orang yang tadinya hanya berniat membeli satu barang, tapi saat melihat barang lain jadi ikut membeli barang itu juga padahal barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan.

Itu dia 10 tips menghemat uang bulanan untuk para mahasiswa kosan, tips ini mungkin bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari tips hemat ala anak kos. Yang terpenting adalah jangan boros-boros saat berbelanja, biasanya anak kos saat pertama mendapatkan uang bulanan langsung kalap ingin beli ini itu. 

Kalian harus pandai-pandai dalam mengalokasikan uang bulanan agar tidak makan mie instan saat tanggal tua. Cukup sekian tips dari saya semoga bermanfaat. Hidup anak kosan!!







BIODATA PENULIS

NAMA : INTAN PUTRI JOVITA

ASAL : KLATEN

PENDIDIKAN : MAHASISWA D3 PERPUSTAKAAN UNS

MEDIA SOSIAL :@_intanjovita




INFO BAWAH

Cara kirim tulisan ke Negeri Kertas: Tulis karya anda berupa PUISI/CERPEN/ARTIKEL + BIODATA narasi + FOTO penulis atau GAMBAR ilustrasi, semuanya dalam SATU LAMPIRAN email file Ms Word. Bagian paling atas bertuliskan JUDUL KARYA + NAMA PENULIS. Kirim ke email nkertas@gmail.com