.

.

Launching Antologi Puisi Bilingual “Penulis Mantra/The Mantra Writer” di Bandung

Launching dan Bedah Buku Antologi Puisi Bilingual/Dua Bahasa “Penulis Mantra/The Mantra Writer” adalah buku kedua setelah buku pertamanya “69 Puisi di Rumah Dedari” Karya dari Dewa Putu Sahadewa, seorang dokter penyair asal Bali yang kini menetap di Kupang, yang juga diterjemahkan Oleh Narudin Pituin dan dikemas dalam musikalisasi puisi yang sangat memukau, dengan karakter Modal Voice. Banyak penyanyi Malaysia pria yang melakukan tehnik ini. Di indonesia kita punya Afgan dan vocalis dari lastchild yang selalu menggunakan tehnik ini. Jangkauan maksimumnya oktaf ke 5. Nah dalam Musikal kita memiliki Fileski, seorang seniman muda yang sangat smart dan kreatif. Buku “Penulis Mantra/The Mantra Writer” Diterbitkan Oleh HW Project, penerbit ini juga seorang penyair yang dikenal “Penyair Solehah Hilda Winar”.
Acara ini telah kami selenggarakan Senin, 31 Oktober 2016.
Di Aula Student Centre UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jl. AH Nasution 105 Cibiru- Bandung. Dari Pukul 09.00 wib hingga selesai, Dengan Pembicara: Soni Farid Maulana seorang penyair senior yang sudah tak asing lagi, buku-bukunya yang sudah dinikmati di luar negeri, dan beliau juga kreator puisi genre baru “Sonian” Pula ada Narudin Pituin, seorang kritikus sastra, penerjemah, penyair dan cerpenis yang juga sudah tak asing lagi, Pula ada seorang dosen senior dari UIN SGD, H. Lili Awaludin, MA. Dengan Pembawa Acara: Nyi Mas Rd Ade Titin Saskia/Ade Saskia Darmawan, bersama Gumanti Awaliyah Rahman dari UIN SGD. Acara ini dibuka oleh sambutan dari dosen UIN Sunan Gunung Djati yaitu Bunyamin Fasya.
Puji dan Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, acara ini telah berlangsung dengan sangat meriah dan sukses, betapa mengharukan lagi ketika pada acara ini seorang murid mengungkapkan rasa terharu dan bahagia karena bertemu dengan gurunya, murid itu adalah sang kritikus sastra “Narudin” dan guru itu adalah penyair yang sudah tak asing lagi “Soni Farid Maulana” Dengan ketajamannya, para pembedah, membedah Buku “Penulis Mantra/The Mantra Writer” dari segi puisi hingga layout dan ilustrasi. Buku ini dikemas juga dengan ilustrasi berwarna oleh David Darmawan Siswandi.
Dalam buku ini terlihat Dewa Putu Sahadewa, sangat smart dan kreatif, ia bukan hanya menuangkan pikiran-pikirannya untuk bersyair namun lebih dari itu. Pikirannya tercurah pada bagaimana tulisan-tulisan hasil buah pikirnya dapat diterima pembaca dengan nikmat, ini berarti dunia sastra semakin berkembang pesat dengan adanya penyair-penyair yang tekun dan cemerlang. Kemasan penyampaian pada pembaca itu sangat perlu agar pembaca dapat menikmati dengan nikmat, bagaikan sajian menu makanan yang kita kemas dengan seindah dan senikmat mungin. Dalam buku keduanya ini, “Penulis Mantra/The Mantra Writer”, Penyair Dewa Putu Sahadewa mencoba mengemas buah pikirnya dalam bentuk Buku Antologi Puisi yang dipadukan dengan CD Musikalisasi Puisi seniman muda Fileski, sehingga selain membaca, para penikmat bisa juga mendengarkan puisi yang dikemas dalam CD Musikalisasi Puisi. Lebih menarik dan smart lagi, puisi-puisi Penyair Dewa Putu Sahadewa ini tampil dalam Dua Bahasa/Bilingual yang diterjemahkan oleh Narudin, seorang kritikus sastra, sastrawan, penyair dan penerjemah. Sebuah antologi tunggal bilingual Indonesia-Inggris karya Dewa Putu Sahadewa ini sangat mengejutkan, dengan judul yang dipilihnya: PENULIS MANTRA/ THE MANTRA WRITER.
Memilih judul buku puisi bukan suatu hal mudah. Judul adalah cerminan yang merangkum semua proses pergulatan intuisi dan kreativitas sang penyair. Judul seakan mampu memanggil semua rasa ingin tahu pembaca, menyimpan sedikit misteri sehingga pembaca terpanggil untuk membacanya. Tidak hanya itu, judulpun mampu membangkitkan seluruh enerji kreatif pembaca. Disini Dewa Putu Sahadewa sangat smart dalam memilih judul sehingga terwujud menjadi sebuah buku spesial yang layak menjadi contoh sebagai sebuah buku puisi cerdas di Indonesia.
Hiburan kreatifitas ferforming artdari Teater Awal Bandung, Musikalisasi Puisi dari Fileski, Pembacaan Puisi dari pembawa acara Ade Saskia Darmawan dan Gumanti Awaliyah Rahman, pembacaan Puisi dari Ni Putu Putri Suastini yang sangat memukau, Pembacaan Puisi dari Kang Soni Farid Maulana, pembacaan puisi dari Dewa Putu Sahadewa, pembacaan Puisi dari Cep Bani, pembacaan puisi dari Riki Zip, pembacaan puisi dari Yoe Vita Soekotjo , pembacaan puisi dari Bunda Teti Herawati, dan banyak lagi kreatifitas lainnya.





Share on Google Plus

About Fileski Channel