005

header ads

Menyinari Kedalaman Emosi Melalui Lukisan Cat Air

Emotional Numbness

Jakarta - Seniman berbakat, Widianto Gunawan yang kerap dipanggil Wawan ini, dalam dunia seni rupa Indonesia dengan karya-karyanya yang mengesankan. Dilahirkan pada tanggal 27 Juli 1989 di Jakarta, Widianto Gunawan adalah alumni Institut Kesenian Jakarta, Fakultas Seni Rupa, Jurusan Desain Komunikasi Visual, angkatan 2007. Bersama dengan sang istri, Galih Winilih, yang juga seorang pelukis media cat air, keduanya bersinergi dalam karya lukis media cat air. Mereka dikenal dengan nama Sak Pasang Aquarelle.


Widianto dan sang istri, Galih

Salah satu karya apik yang dihasilkan oleh Widianto Gunawan adalah lukisan berjudul "Emotional Numbness". Lukisan ini menggunakan media cat air dengan ukuran 125 x 90 cm dan memiliki makna yang mendalam. Melalui lukisan ini, Widianto Gunawan berhasil menggambarkan perasaan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.


Dalam lukisan Emotional Numbness ;

Kita dapat melihat gambaran yang kuat tentang perasaan tersungkur yang tak bisa beranjak bahkan untuk berdiri. Seolah-olah terbaring menghadap ke atas dari dasar lubang yang terasa seperti sebuah sumur gelap yang luas, namun tak bisa disentuh sisinya. Dinding yang terasa luas tapi kosong, penuh dengan bermacam intrik namun sepi, tanpa ada yang bisa tersentuh.


Lukisan ini juga menggambarkan segala macam suara yang diucapkan tak sampai keluar, meskipun bergema di dalam. Emosi yang dirasakan tidak lagi tersampaikan dengan baik ke dunia luar. Namun, satu-satunya harapan yang terlihat adalah besitan cahaya yang terpantul dari atas lubang. 


Cahaya ini menerangi sedikit dinding yang terkena bias cahaya yang memecah. Namun, di sisi lain, keberadaan cahaya ini justru membuat kedalaman semakin tidak terkendali, karena tak pernah bisa digapai oleh tubuh yang tak lagi mau berkompromi.


Bukan hanya karya-karyanya yang menarik perhatian, Widianto Gunawan juga aktif dalam berbagai pameran seni rupa. Di antara pameran-pameran yang telah diikutinya adalah pameran dan lelang seni lukis Landscape Norwegia oleh duta besar Norwegia pada tahun 2009, pameran bersama IS JOGJA ke-15 "Sketch Story" pada tahun 2016, dan pameran Nasional IV Komunitas Lukis Cat Air Indonesia pada tahun 2018. 2022, Pameran Internasional IWS (international Watercolor Society) "Wonderful Indonesia" di Galeri Nasional Indonesia, dan Pameran Daring, International watercolor exhibition Japan 2021 oleh JIWI.

 

Widianto Gunawan


Selain itu, Widianto Gunawan juga terlibat dalam penyelenggaraan event seni, seperti menjadi ketua penyelenggara pameran cat air "Watercolor in Harmony" di Balai Budaya Jakarta pada tahun 2019. Ketua Penyelenggara acara sosial melukis bersama dan donasi peralatan sekolah untuk korban terdampak bencana gempa Cianjur bersama CreaWave Indonesia dan stakeholder terkait. ketua penyelenggara Pameran Lukisan Anak-anak dan Penyandang Disabilitas di Perpusnas Indonesia. Dan di tahun 2024 ini sebagai ketua penyelenggara acara "ayo Kreasi", melukis bersama penerima manfaat di sentra rehabilitasi Phalamarta, Sukabumi.


Dalam perjalanannya, Widianto Gunawan juga telah terlibat dalam kegiatan edukasi dan pengajaran seni. Dia menjadi guru aktif bidang seni budaya di SMK Ksatrya Jakarta Pusat (2016-sekarang), aktif memberikan workshop dan kelas edukasi kecil hingga menengah ke berbagai pihak dan tempat, terutama dengan materi cat air. (2017-2023) Ketua perwakilan KOLCAI (Komunitas Lukis Cat Air Indonesia) chapter JABODETABEKA, yang secara aktif mengedukasi tentang seni cat air kepada masyarakat luas. (2022) program mengajar kebudayaan dari Kemendikbud Jakarta Utara di RPTRA Gading Ayu, Kelapa Gading, menjadi pengajar di bidang seni lukis. (2023) program mengajar kebudayaan dari Kemendikbud - Jakarta Utara di RPTRA Pulo Besar Jakarta Utara, menjadi pengajar di bidang seni lukis. (2022-sekarang) ketua dalam lembaga non-profit Yayasan Ombak Kreasi Indonesia untuk pemberdayaan kesenian bagi masyarakat luas terutama untuk anak-anak dan penyandang disabilitas.


Dengan karya-karyanya yang penuh makna dan keindahan, Widianto Gunawan terus menginspirasi dan memperkaya dunia seni rupa Indonesia. Keberhasilannya dalam menggambarkan dan menyampaikan emosi melalui karya seni cat air menjadikannya salah satu seniman yang patut diperhatikan dalam dunia seni rupa.


"Lukisan 'Emotional Numbness' mengajak kita untuk merenung tentang perasaan yang terpendam, dan menemukan cahaya di tengah kegelapan, melihat ke dalam diri sendiri, dan untuk bangkit dari setiap tantangan." 


(na2).




Posting Komentar

0 Komentar