KENAPA SERING MENGALAMI IRI PADA KESUKSESAN ORANG LAIN? - negerikertas.com

INFO ATAS

LEMBAGA INDEPENDEN DI BIDANG PENDIDIKAN LITERASI, SENI BUDAYA, DAN SASTRA.

17 Mar 2023

KENAPA SERING MENGALAMI IRI PADA KESUKSESAN ORANG LAIN?

 Perasaan iri pada kesuksesan orang lain bisa berasal dari berbagai faktor, seperti rasa tidak puas dengan kehidupan sendiri, kurangnya kepercayaan diri, dan perasaan rendah diri. Beberapa faktor yang mungkin dapat memicu perasaan iri adalah:


Perasaan tidak puas dengan kehidupan sendiri: Jika Anda merasa tidak puas dengan hidup Anda, mungkin Anda akan lebih mudah merasa iri pada kesuksesan orang lain. Anda mungkin merasa bahwa mereka memiliki sesuatu yang Anda tidak miliki, atau bahwa keberhasilan mereka membuat kegagalan Anda terlihat lebih buruk.


Kurangnya kepercayaan diri: Kurangnya kepercayaan diri bisa membuat Anda merasa tidak seimbang dengan orang lain yang lebih sukses. Anda mungkin merasa bahwa Anda tidak mampu mencapai kesuksesan seperti yang mereka lakukan, dan hal ini bisa memicu perasaan iri.


Perasaan rendah diri: Perasaan rendah diri juga bisa memicu perasaan iri pada kesuksesan orang lain. Anda mungkin merasa bahwa Anda tidak pantas meraih kesuksesan seperti mereka, atau bahwa Anda tidak cukup baik untuk mencapai level yang sama.


Lingkungan sosial: Lingkungan sosial juga bisa mempengaruhi perasaan iri. Jika Anda sering berada di sekitar orang-orang yang sering memamerkan kesuksesan mereka, hal ini bisa memicu perasaan iri pada diri Anda.


Penting untuk diingat bahwa perasaan iri pada kesuksesan orang lain adalah perasaan yang normal dan alami, tetapi hal ini tidak berarti bahwa Anda harus membiarkan perasaan tersebut mengendalikan hidup Anda. Cobalah untuk memfokuskan perhatian pada diri sendiri dan mencapai tujuan yang ingin Anda capai, serta belajar dari kesuksesan orang lain dan menggunakan inspirasi tersebut untuk memotivasi diri Anda sendiri. Anda juga dapat mencoba untuk mengubah pola pikir negatif menjadi positif dan menghargai keberhasilan orang lain sebagai motivasi untuk mencapai kesuksesan Anda sendiri.




Anda bisa berkonsultasi dengan pakar LOA di sini: wa.me/628888710313




INFO BAWAH

NB: Untuk saat ini, Negeri Kertas belum bisa memberikan honor untuk karya (Puisi/Cerpen) yang tayang.