TEORI EVOLUSI BIOLOGI DALAM KOSMOLOGI - negerikertas.com

INFO ATAS

Ayo menulis puisi untuk memperebutkan ANUGERAH HAK ASASI MANUSIA. Deadline 10 Desember 2022 | Apabila dalam 30 Hari, karya yang anda kirimkan di Negeri Kertas tidak dimuat, secara otomatis karya tersebut statusnya dikembalikan.

Media Sastra dan Seni Budaya

email nkertas@gmail.com | WA 628888710313

29 Jun 2022

TEORI EVOLUSI BIOLOGI DALAM KOSMOLOGI


Abstraksi

Evolusi merupakan perubahan struktur tubuh makhluk hidup yang berlangsung secara perlahan-lahan dalam waktu yang sangat lama. Evolusi bersal dari bahasa latin yakni Evolvo yang artinya membentang. Pengertian tentang konsep evolusi dapat timbul baik secara alam maupun secara logika dari pengertian tentang genetika.

Konsep ini muncul bukan dari sejarah melainkan dikemukakan berdasarkan pada hasil-hasil penelitian serta pengamatan terhadap persamaan dan perbedaan dalam struktur dan fungsi dari berbagai bagian dunia, diantaranya adalah hasil penelitian dan pengamatan Charles Darwin. 

evolusi merupakan salah satu kajian biologi yang menimbulkan teka-teki yang perlu diungkap. Teori evolusi adalah ilmu biologi yang membahas terkait perubahaan spesies dari satu generasi ke generasi berikutnya secara tertahap dan membutuhkan jangka waktu yang cukup lama dan Panjang. Teori ini sampai masa atau era sekarang belum mendapat kejelasan karena banyaknya pendapatan para ahli dan menemukan beragam teori yang mereka temukan. Namun dengan ini tidak memberhentikan kita untuk mencari tahu bagaimana terjadinya atau asal usulnya kehidupan di dunia ini. teori evolusi ini ditemukan dan dikemukakan oleh banyak para ahli dan salah satu ahli yang paling terkenal adalah Charles Darwin. Teori evolusi yang dicetuskan pertama kalinya terdapat dalam karyanya “The Origin Species”. Teori evolusi pertama dicetuskan oleh Darwin dalam perkembangan ilmu mengenal asal-usul kehidupan di bumi. Teori Darwin ini adalah suatu teori yang mengungkapkan bahwa spesies makhluk hidup tidak diciptakan secara terpisah oleh Allah, tetapi dari satu nenek moyang dan menjadi berbeda kegenerasi berikutnya  yang diakibatkan oleh seleksi alam.

Kata kunci: evolusi, perkembanagn, asal usul makhluk hidup, dan teori Darwin.

Pendahuluan    

Teori evolusi merupakan teori biologi yang yang paling dinamis dan menimbulkan banyak kontroversi.  Dalam sejarah perkembangannya teori ini tidak hanya penting dalam ilmu biologi tapi juga mempengaruhi bidang theknologi dan filsafat modern. Teori ini berkembang secara luas dikalangan kehidupan manusia dan tidak ada putus untuk berkembang. Meskipun banyak manusia yang tidak begitu yakin dengan teori evolusi ini, namun teori ini merupakan sumber inspirasi yang tidak ada habis-habisnya dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan theknologi dunia. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan, maka teori evolusi ini mengalami perkembangan yang dimulai sejak zaman Yunani kuno sampai era modern sekarang.

Secara etimologi evolusi adalah berasal dari bahasa latin “ e” yang artinya “keluar” dan “volvere” artinya “bergulung”.  Secara harafiah evolusi berarti keadaan berkembang atau bertumbuh. Pengertian sampingannya yang terpokok ialah perkembangan tahap demi tahap yang dilawankan dengan tidak adanya perubahaan sama sekali atau perubahan yang menjembatani dari Tuhan. Istilah evolusi banyak digunakan dalam berbagai disiplin. Evolusi sampai saat ini merupakan teori yang masih menjadi perdebatan diantara para ilmuan di seluruh dunia. Teori tersebut menyatakan terjadinya sebuah perubahan pada makhluk hidup atau spesies secara gradual (perlahanlahan). Perubahan yang dihasilkan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menghasilkan spesies atau makhluk hidup yang baru.

Evolusi dalam kajian biologi berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya.perubahan-perubahan ini disebabkan oleh kominasi tiga proses utama yaitu variasi, reproduksi, dan seleksi. sifat-sifat yang menjadi dasar evolusi ini di bawa oleh gen yang diwariskan kepada keturunan mahkluk hidup dan menjadi bervariasi dalam suatu populasi. Ketika organisme berproduksi maka keturunanya akan mempunyai sifat-sifat yang baru. Sifat yang baru dapat diperoleh dari perubahan gen akibat mutasi antar populasi dan antar spesias. Evolusi terjadi ketika perbedaan-perbedaan terwariskan ini menjadi lebih umum atau langkah dalam suatu populasi.

 Perubahan yang terjadi pada kromosom dan gen merupakan materi dasar dari evolusi, isolasi biasanya menyebabkan munculnya spesies baru dan seleksi alam oleh adanya perbedaan reproduksi dan mutasi.Hal ini dapat kita lihat dalam evolusi yang terjadi pada manusia dari masa ke masa yang dibahas dalam buku Seri Edukasi Britannica: Evolusi yang dikemas dengan berbagai ilustrasi sehingga pembelajaran jadi menyenangkan.

 Teori evolusi menjadi sebuah teori yang tenar ketika dipopulerkan oleh ilmuan Inggris Charles Darwin.  ia adalah seorang naturalis dan ahli geologi inggris, paling dikenal untuk kontrubusinya kepada teori evolusi. Dia menetapkan bahwa semua spesies dari kehidupan telah diturunkan dari waktu ke waktu dari nenek moyang bersama. dalam teori evolusi Darwin ini dimana ia menyatakan bahwa hewan dan tumbuhan berasal dari suatu spesies yang utama. Spesies tersebut mengalami perubahan fisik seiring dengan berjalanya waktu dikarenakan adanya seleksi alam. Dalam teori Charles Darwin seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang bahwa setiap mahkluk hidup yang menjalani kehidupan dibumi ini pasti akan mengalami perkembangan atau pertumbuhan. Perkembangan mahkluk hidup ini sering disebut atau sering dikenal dengan istilah evolusi. Setiap mahkluk hidup tentu saja selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan tak terkecualikan manusia. Setiap manusia akan mengalami perkembangan didalam setiap aspek kehidupannya, perkembangan itu dapat dilihat pada kondisi fisik manusia terutama dari ukuran tubuh seperti berat tubuh dan tinggi badan.

Evolusi biologi

Evolusi merupakan ilmu yang  mempelajari perubahan yang berangsur-angsur menuju ke arah yang sesuai dengan masa dan tempat. Teori evolusi mempelajari proses perubahan yang terjadi pada makhluk hidup. Teori evolusi merupakan suatu teori yang dinamis, selain penting dalam biologi juga dalam perkembangan teknologi. Biologi sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang bersangkutan dengan keadaan fisik organisme atau mkhluk hidup mengemukakan juga ide atau gagasan evolusi biologis (biological evolution) yang mana telah mengalami evolusi pula dalam sejarah perkembangannya. Evolusi biologis sebagaimana dikenal dewasa ini telah berbeda dengan gagsan evolusi yang dikemukakan oleh Aristoteles, Chevalier de Lamarck, dan Charles Robert Darwin. 

Teori evolusi biologis mengemukakan bahwa hewan, tumbuhan, dan juga manusia merupakan hasil perkembanagn evolusi dari makhluk-makhluk hidup yang berbentuk lebih sederhana, bermula dari adanya satu atau beberapa bentuk makhluk hidup sangat sederhana pda awal kehidupan di bumi yang secara perlahan-lahan berkembang menjadi berbagai spesies organisme. 

Biologi sebagai ilmu pengetahuan alam memiilki metode induktif dalam memperoleh kebenaran. Kebenaran evolusi yang diperoleh dari penarikan kesimpulan secara induktif ini diterapkan berlaku umum terhadap semua organisme. Biologi sebagai ilmu pengetahuan alam pada umumnya mewadahi hal-hal yang rasional dengan dilengkapi bukti-bukti.

Dalam kamus biologi kata evolusi berarti perubahan mahluk hidup secara pertahap dalam jangka waktu yang lama akibat seleksi pada variasi genetik yang menghasilkan spesies baru. Evolusi biologi dalam ilmu pengetahuan adalah suatu cabang biologi yang membahas tentang semua perubahan-perubahan yang terjadi dipermukaan bumi yang terjadi sejak awal mula sejarah bumi sampai menimbulkan kehidupan (sel) dan kenekaragaman makhluk hidup dewasa sekarang. Pada dasarnya evolusi adalah perubahan, dalam evolusi biologi, teori evolusi didevenisikan sebagai sebagai perubahan pada sifat-sifat terwariskan (gene pool) suatu polusi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. Dengan kata lain evolusi merupakan perubahan komposisi genetik atau komposisi alel yang terdapat pada keseluruhan individu-individu anggota populasi. Evolusi didorong oleh dua proses utama yaitu seleksi alam dan perubahan genetik. Seleksi alam merupakan sebuah proses yang menyebabkan sifat terwariskan yang bergunakan untuk keberlangsungan hidup dan reproduksi organisme menjadi lebih umum dalam suatu populasi. Hal ini terjadi karena individu dengan sifat-sifat yang diuntungkan oleh adanya seleksi alam lebih berpeluang besar berproduksi sehingga lebih banyak individu pada generasi selanjutnya yang mewarisi sifat-sifat yang menguntungkan ini. Sendi-sendi evolusi biologis adalah mutasi seleksi, ketersediaan air dan oksigen serta diferensisasi. Mutasi adalah perubahaan berdasarkan gen, kromosom ( struktur dan jumlah); seleksi adalah perubahaan karena tekanan lingkungan, iklim, dan kompetesi dengan binatang atau tumbuhan lain; tersediaan air dan oksigen adalah syarat untuk kelangsungan hidup;  diferensiasi adalah hasil dari evolusi itu sendiri. (64)

Seleksi alam

Seleksi alam merupakan sebuah proses yang menyebabkan sifat terwaris yang berguna untuk keberlangsungan hidup dan reproduksi organisme menjadi lebih umum dalam suatu populasi, dan sebaliknya, sifat yang merugikan menjadi lebih berkurang. Hal ini terjadi karena individu dengan sifat-sifat yang menguntungkan lebih berpeluang besar bereproduksi, sehingga lebih banyak individu pada generasi selanjutnya yang mewarisi sifat-sifat yang menguntungkan ini. Setelah beberapa generasi, adaptasi terjadi melalui kombinasi perubahan kecil sifat yang terjadi secara terus menerus dan acak ini dengan seleksi alam.

Seleksi alam adalah perbedaan kemampuan untuk hidup dan reproduksi dari satu individu yang mengakiatkan oleh perbedaan kecocokan fenotipe yang dimiliki organisme tersebut dengan lingkungan. Seleksi alam pula adalah meneliti setiap variasi sekecil apapun diseluruh dunia setiap hari dan setiap waktu, menolak apa  yang buruk, melestari dan menambakan semua yang baik, bekerja dengan diam-diam dan tanpa disadari oleh manusia, kapan pun dan dimanapun menawarkan kesempatan demmi peningkatan setiap mahkluk hidupdalam kaitanya dengan kondisi kehidupan organik maupun anorganik. Meskipun seleksi alam dapat bertindak ganya melalui dan demi kebaikan setiap makhluk hidup namun karakternya serta struktur cendrung dianggap tidak penting oleh manusia.  Orang yang mempelopori istilah seleksi alam ini adalah Charles Darwin. Darwin dalam pandanganya ia membandinkan antara seleksi alam buatan dan seleksi alam alami. seleksi alam buatan merupakan sesuatu yang dibuat oleh manusia yang secara sengaja dan terrencana dan seleksi alam alami tidak seperti yang ada pada seleksi buatan atau dia bersifat alami.

Teori evolusi biologi dalam Charles darwin

Dalam bukunya yang berjudul “On The Origin Of Species” Darwin mengungkapkan bahwa tumbuhan dan hewan berasal dari spesies yang sama, spesies yang mampu bertahan melalui proses seleksi alam. Dalam karyanya ini pula ia mengungkapkan bahwa karena ada lebih banyak organisme individu dilahirkan daripada mampu bertahan pasti ada perjuangan terus menerus agar tetap ada. Makhluk yang mampu beradaptasi secara baik dengan lingkungannya memiliki peluang lebih besar untuk bertahan hidup sehingga makhluk yang mempunyai ciri-ciri yang lebih menguntungkan daripada yang lain akan lebih berhasil. Adaptasi ini akan meningkat dalam populasi karena para nenek moyang menghasilkan keturunan yang mirip dengannya. 

Teori Darwin adalah teori yang membatasi diri pada evolusi biologis. Ia mengangap bahwa jenis atau spesies binatang atau tumbuhan adalah kesatuan binatang atau tumbuhan yang memiliki ciri-ciri hakiki yang sama dan tidak ada perbedaan antara keduanya ini. Antara keduanya ini mungkin saja terjadi perkawinan sehingga menghasilkan keturunan. Dalam prinsip seleksi ilimia Darwin menyimpulkan bahwa apa yang didapat oleh manusia itu melalui sebuah perencanaan dan dapat pula tercapai oleh alam sendiri dengan cara seleksi. Ia memandang bahwa dalam kehidupan ini hanya hewan yang paling ulet dan yang paling mampu menyusaikan diri dengan iklim dan keadaan geologislah yang dapat bertahan. Keunggulan yang paling tebukti dari hewan ini adalah dengan adanya suatu keturunan yang sehat. Keturunan dari hewan yang kuat ini terus mengalami perubahan sedikit demi sedikit. Perubahan-perubahan yang berjalan selama jutaan tahun itu akhirnya mengakibatkan timbulnya berbagai jenis binatang yang masing-masing cukup berbeda. Maka dari sini ia dapat disimpulkan bahwa semua jenis binatang berasal dari satu sel purba.  

Kesimpulan

Teori evolusi biologis mengemukakan bahwa makhluk hidup merupakan hasil perkembanagn evolusi dari makhluk-makhluk hidup yang berbentuk lebih sederhana, yang secara perlahan-lahan berkembang menjadi berbagai spesies organisme. Dalam teori evolusi biologis mengemukakan bahwa hewan, tumbuhan, dan juga manusia merupakan hasil perkembanagn evolusi dari makhluk-makhluk hidup yang berbentuk lebih sederhana, bermula dari adanya satu atau beberapa bentuk makhluk hidup sangat sederhana pda awal kehidupan di bumi yang secara perlahan-lahan berkembang menjadi berbagai spesies organisme. Pada dasarnya evolusi adalah perubahan, dalam evolusi biologi, teori evolusi didevenisikan sebagai sebagai perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu polusi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. Teori evolusi ini pertama kali dikemukankan dan dikembangkan oleh Charles Darwin yang terdapat dalam bukunya the origin species. Dilihat dari penjelasan mengenai evolusi diatas maka dapat kita simpulkan bahwa seluruh makhluk hidup adalah suatu keturunan yang berasal dari satu gen yang sama dan diwariskan ke gen berikutnya. Dan juga dapat kita simpulkan bahwa makhluk hidup ini juga sebagai makhluk yang diciptakan secara tak terpisahkan oleh Tuhan tetapi dari nenek moyang yang satu dan sama serta diteruskan kegenerasi-generasi selanjutnya ( teori Darwin).



 Realino Rivaldo Maya
Mahasiswa Ilmu Filsafat UNWIRA Kupang

INFO BAWAH

Cara kirim tulisan ke Negeri Kertas: Tulis karya anda berupa puisi/cerpen/artikel + biodata narasi + foto penulis atau gambar ilustrasi, semuanya dalam satu lampiran MS Word. Kirim ke email nkertas@gmail.com