Kurasi dan Kuasa di Ruang Tamu Kita - negerikertas.com

.

(Mulai 1 Agustus 2021 setiap Cerpen yang dimuat di negerikertas.com mendapat honor Rp 100.000)

Kurasi dan Kuasa di Ruang Tamu Kita


#telemusyawarah 1
Kurasi dan Kuasa di Ruang Tamu Kita

----------
Percakapan ini mengandaikan ruang tamu sebagai galeri (seni) rupa. Sebagai suatu galeri, ruang tamu bekerja sebagai representasi atas citra yang ingin ditampilkan dan ditampakkan kepada tamu (penonton/pemirsa). Oleh karena itu, ruang tamu berada di bawah sistem kurasi tentang foto apa yang layak dipajang dan benda apa saja yang mesti didisplay. Dalam sistem kurasi atas citra tertentu, maka bekerja pula kuasa dan konstruksi atas galeri ruang tamu. Misalnya, kepala rumah tangga akan banyak mengambil peran dalam dispaly citra. Gambar-gambar siapa dan apa saja yang layak dan boleh ditampilkan. Masyarakat dengan konstruksi kepercayaan tertentu, misalnya, tidak akan memajang gambar binatang karena diyakini bahwa malaikat (kebaikan) tidak akan masuk ke rumah. Di saat yang sama, kurator (kepala keluarga) akan memilih gambar yang menurutnya layak: foto keluarga dalam formasi lengkap, foto-foto leluhur untuk menggambarkan silsilah keluarga, foto anak-anak mereka yang telah diwisuda, tokoh-tokoh publik yang dianut, dan sebagainya. Di samping itu, di ruang tamu acap ditemukan gambar tempat-tempat yang mungkin ingin dikunjungi oleh anggota keluarga seperti Mekkah atau lainnya. Selain itu, kalender dan poster pemandangan citra indah mooi indie kerap kita jumpai.
----------

Melalui #telemusyawarah edisi 1, Lembana Artgroecosystem mengajak Ragil C. Maulana @mausenang untuk berbagi temuan-temuannya tentang tema di atas. Untuk bahan obrolan ini, sila baca tulisan Ragil di website @arkademyproject, sila baca di tautan berikut:  https://www.arkademy.id/en/kurasi-dan-kuasa-di-ruang-tamu-kita-2/ (atau ketuk tautan di bio)

Ragi C. Maulana akan ditemani Shohifur Ridho'i @shohifur sebagai shahibul hajat. 

SENIN, 25 OKTOBER 2021
19.30 WIB 
LIVE DI INSTAGRAM: @lembanaartgro & @mausenang
----------

Ragi C. Maulana @mausenang gemar membaca (buku) foto. Pernah mengikuti lokakarya pembacaan foto oleh Arkademy di Surabaya pada 2019. Aktif sebagai pustakawan Komunitas Toremaos @toremaos dan dapurkultur @ruangdapurkultur. Kini berdomisili di Sumenep.

Shohifur Ridho'i @shohifur adalah penulis dan sutradara @rokateater. Ia adalah co-founder Lembana Artgroecosystem @lembanaartgro

.