Yakin Bisa Lolos CPNS | Tes SKD CPNS - negerikertas.com

.

(Mulai 1 Agustus 2021 setiap Cerpen yang dimuat di negerikertas.com mendapat honor Rp 100.000)

Yakin Bisa Lolos CPNS | Tes SKD CPNS

 

Tes SKD CPNS

Berdasarkan rilis Kementerian PANRB, soal seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk tes CPNS dan PPPK telah diterima Panselnas.  Untuk menjaga kerahasiaan dan kebocoran soal, naskah diberikan dalam bentuk dokumen digital yang telah diendscript

Dengan diserahkannya naskah soal tersebut, maka selanjutnya tim Panselnas akan melakukan proses pemasukan ke dalam sistem CAT Badan Kepegawaian Negara yang akan digunakan dalam seleksi nantinya.

Dalam SKD, nantinya akan ada tiga jenis tes yang diujikan yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Contoh Soal SKD CPNS

Pendaftaran CPNS semakin di depan mata, sejauh ini bagaimana persiapan Dik Lulus? Apakah sudah mulai mengerjakan latihan soal tes? 

Contoh Soal SKD CPNS TIU

TIU CPNS adalah salah satu tes yang untuk menguji kemampuan verbal, logika, numerik, dan analisis. Berikut ini contoh soal CPNS TIU yang bisa kamu kerjakan.

Dalam tes numerik ini, sebagai acuan kamu saat akan mengerjakan soal matematika CPNS nanti, berikut ini klasifikasi contoh soal matematika CPNS yang sering muncul, seperti berikut ini:

  1. Bilangan Bulat
  2. Bilangan Pecahan
  3. Pangkat dan Akar
  4. Persamaan Kuadrat
  5. Bangun Ruang
  6. Bangun Datar
  7. Deret dan Baris
  8. Aritmatika Sosial
  9. Skala
  10. Statistik
  11. Peluang
  12. Jarak, Kecepatan, Waktu

Berikut ini contoh soal matematika CPNS yang mungkin akan kamu temukan dalam tes nantinya.

SOAL 1

Sari dan Ratih memiliki suatu pekerjaan. Waktu yang dibutuhkan oleh Sari dalam menghasilkan uang adalah 21 menit, sedangkan Ratih membutuhkan waktu 42 menit. Jika Sari dan Ratih bekerja bersama-sama untuk menghasilkan uang, waktu yang dibutuhkan adalah …

A.  14 menit

B.  21 menit

C.  28 menit

D.  35 menit

E.   42 menit

Jawaban: A




Selain akan menemukan soal matematika, dalam tes TIU kamu juga akan menemukan soal logika dan verbal seperti contoh soal berikut ini.

SOAL 2

Prestasi Intan lebih tinggi dari Dini dan lebih rendah dari Tina. Prestasi Cantik lebih lebih rendah dari Intan, tetapi lebih tinggi dari Dini. Prestasi Dani lebih tinggi dari Dini dan Cantik. Tiga orang berprestasi terbaik adalah …

A.    Dani, Intan, Tina

B.    Dani, Dini, Tina

C.    Intan, Tina, Cantik

D.    Intan, Dani, Cantik

E.     Tina, Cantik, Dini

Jawaban: A

SOAL 3

Afrika Selatan : Pretoria = ... : ...

A. Kanada : Canberra.

B. Ekuador : Quito.

C. Kamerun: Astana.

D. Maroko : Cetinje.

E. Nigeria : Wellington.

Jawaban: B

Hubungan analogi pada soal tersebut yaitu ibukota suatu negara.

Afrika Selatan memiliki ibukota Pretoria.

Hal tersebut analog dengan opsi B, di mana Ekuador memiliki ibukota Quito.

Ibukota Kanada = Ottawa.

Ibukota Kamerun = Yaounde.

Ibukota Maroko = Rabat.

Ibukota Nigeria = Abuja. 

Contoh Soal SKD CPNS TKP 

Tes Karakteristik Kepribadian (TKP) ini adalah tes yang digunakan untuk menguji karakteristik kamu. Tes ini berisikan serangkaian soal-soal yang mengharuskan kamu memilih tindakan tertentu. Tidak ada jawaban benar atau salah dalam soal TKP.

Hasil dari tes ini akan menunjukan apa kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki yang digunakan sebagai bahan pertimbangan penerimaan.

Berikut ini contoh soal-soal TKP yang bisa jadi akan diujikan dalam SKD CPNS 2021.

SOAL 1

Ketika pemilihan kepala desa sedang berlangsung di tempat tinggal Anda. nenek anda yang mempunyai hak pilih dalam pemilihan kepala desa tetapi pada saat pencoblosan nenek dirawat di rumah sakit. Apa yang anda lakukan....

A. Melaporkan keadaan nenek kepada panitia pemungutan suara

B. Melaporkan keadaan nenek kepada panitia pemungutan suara untuk menentukan langkah yang harus ditempuh

C. Melaporkan dan menginformasikan kondisi nenek kepada panitia pemungutan suara untuk diwakilkan anda menggunakan hak pilihnya

D. Melaporkan keadaan nenek kepada panitia pemungutan suara untuk meminta tolong orang lain menggunakan hak pilihnya

E. Membiarkan hak suara nenek hangus

Pembahasan

Jawaban: BACDE

jejaring kerja 🡪 kerja sama dan kolaborasi dengan panitia pemungutan suara

Hak pilih adalah sesuatu hak yang bersifat personal dan tidak bisa diwakili oleh siapapun.

Pilihan E, Membiarkan hak suara nenek hangus tentu tidak bersifat solutif dalam menghadapi masalah tersebut.

Pilihan DC, juga bukan pilihan yang tepat, mengingat hak pilih tidak bisa diwakilkan.

Pilihan terbaik ada pada pilihan AB.

Dan tentu saja pilihan B adalah pilihan yang lebih baik daripada A, karena tidak hanya melaporkan kondisi tersebut kepada panitia pemungutan suara namun lebih dari itu juga mempertimbangkan langkah yang diambil untuk mengatasi masalah tersebut.

SOAL 2

Edi baru saja diterima bekerja di salah satu pabrik pengolahan kayu. Sebagai pegawai baru, tentu Edi belum terlalu mengenal jenis-jenis pekerjaan dan cara menyelesaikannya. Suatu malam, tiba-tiba Edi ditugaskan manajernya untuk menyelesaikan tugas seorang rekannya yang tiba-tiba memutuskan untuk keluar dan berhenti bekerja. Edi jelas kaget dan kesulitan dengan penugasan itu, tapi ia tidak punya pilihan lain selain menjalankan perintah atasan. Apalagi manajer tadi memang memberikan tugas tersebut karena kagum melihat track record Edi sebagai mahasiswa lulusan terbaik.

Menurut Anda, apa yang harus dilakukan Edi?

A. Meminta orang lain mengerjakan asalkan bisa selesai tepat waktu.
B. Segera berusaha memulai dan menyelesaikan sebisanya saja yang penting selesai.
C. Tidak perlu buru-buru menyelesaikannya karena pekerjaan tersebut bukan merupakan tugas pokoknya.
D. Segera berusaha memulai untuk menyelesaikan tugas itu dan berusaha menyelesaikannya sesempurna mungkin.
E. Mempertanyakan dan menegosiasi manajernya karena merasa takut hasilnya tidak maksimal.  

Pembahasan

Jawaban: DEBAC

A. Meminta orang lain mengerjakan asalkan bisa selesai tepat waktu. tdk profesional

B. Segera berusaha memulai dan menyelesaikan sebisanya saja yang penting selesai. tdk maksimal dalam bekerja

C. Tidak perlu buru-buru menyelesaikannya karena pekerjaan tersebut bukan merupakan tugas pokoknya. (menganggap rendah pekerjaan, tidak profesional)

D. Segera berusaha memulai untuk menyelesaikan tugas itu dan berusaha menyelesaikannya sesempurna mungkin.

E. Mempertanyakan dan menegosiasi manajernya karena merasa takut hasilnya tidak maksimal. (melaksanakan jejaring kerja, tetapi tdk PD)

profesionalisme ~> melaksanakan tupoksi sebaik mungkin secara maksimal

profesionalisme dan semangat berprestasi

Berdasarkan ketentuan diatas maka seseorang dituntut untuk melaksanakan tanggung jawab kerja berdasarkan tugas dan fungsinya sekaligus berupaya untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diberikan.

SOAL 3

Anda ditunjuk sebagai ketua kegiatan. Atasanmu memberikan tugas untuk menyiapkan pentas seni acara ulang tahun perusahaanmu yang ke-21 dikarenakan tiap-tiap kantor cabang harus menampilkan pertunjukannya. Tindakan yang anda lakukan....

A. Bekerja keras membentuk panitia persiapan pentas seni ulang tahun perusahaan

B. Menunjuk beberapa anggota untuk tampil pada pentas seni ulang tahun perusahaan

C. Mengumpulkan seluruh anggota untuk membahas bersama-sama persiapan pentas seni ulang tahun perusahaan

D. Melakukan voting untuk mengambil keputusan persiapan pentas seni ulang tahun perusahaan

E. Menunjuk beberapa anggota untuk menampilkan pentas seni yang mengangkat kebudayaan bangsa

Pembahasan

Jawaban: CDAEB

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya: “Dalam kaitan dengan topik kepemimpinan, maka pastikan bahwa komunikasi dan koordinasi menjadi kata kunci dari setiap kebijakan atau tindakan yang akan diambil oleh seorang pemimpin”.

pilihan BE bukan tindakan yang tepat karena kata “menunjuk” tidak sesuai dengan nilai komunikatif dan koordinatif seorang pemimpin.

Pilihan A juga bukan pilihan yang tepat, mengingat membentuk panitia tidak membutuhkan kerja keras.

Disamping itu membentuk panitia saja tidak dapat menyelesaikan masalah karena tentu membutuhkan kebersamaan untuk membahas dan mendiskusikan tentang pelaksanaan pentas seni.

Pilihan D, melakukan voting bisa menjadi alternatif penyelesaian masalah untuk menuju mufakat. Namun, tentu saja voting bukan tindakan awal yang bisa ditempuh karena voting hanya dilakukan ketika ada perbedaan pendapat yang tidak terpecahkan. Jadi, pilihan c adalah pilihan yang terbaik karena menunjukkan komunikasi dan koordinasi dengan anggota secara baik dalam upaya melaksanakan pentas seni dengan baik.

Contoh Soal SKD CPNS TWK

Tes satu ini adalah tes yang akan menguji seberapa dalamkah pengetahuan kamu mengenai kebangsaan Indonesia, yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Berdasarkan panduan yang dirilis oleh Kesbangpol, materi utama dalam tes TWK terdiri atas pengetahuan sejarah perjuangan bangsa, peranan Indonesia di regional dan global, kemampuan berbahasa Indonesia, dan sistem tata negara Indonesia, baik pusat maupun daerah. 

Berikut ini contoh soal TWK untuk seleksi CPNS 2021.

SOAL 1

"Sesudah tiga hari berturut-turut anggota-anggota Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai mengeluarkan pendapat-pendapatnya, maka sekarang saya mendapat kehormatan dari Paduka Tuan Ketua yang mulia untuk mengemukakan pendapat saya. Saya akan menepati permintaan Paduka Tuan Ketua yang mulia. Apakah permintaan Paduka Tuan Ketua yang mulia? Paduka Tuan Ketua yang mulia minta kepada sidang Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai untuk mengemukakan dasar Indonesia Merdeka. Dasar inilah nanti akan saya kemukakan di dalam pidato saya ini," begitu kata Bung Karno mengawali pidatonya seperti dikutip dari http://www.academia.edu, Rabu (1/6/2016). Dalam pidatonya di sidang BPUPKI Bung Karno telah menyampaikan  prinsip dasar negara yakni:

A. Kebangsaan Indonesia; Internasionalisme atau perikemanusiaan; Mufakat atau demokrasi; Perdamaian abadi

B. Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri keTuhanan, Peri Kerakyatan, dan Mufakat

C. Kebangsaan Indonesia; Internasionalisme atau perikemanusiaan;Mufakat atau demokrasi; Kesejahteraan sosial. Ketuhanan yang berkebudayaan.

D. Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri keTuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat.

E. Ketuhanan YME  . Peri Kemanusiaan   Kebangsaan   Kerakyatan  Keadilan Sosial

Jawaban: C

Pada tanggal 1 Juni 1945, Ir.Soekarno menyampaikan pidatonya dihadapan sidang BPUPKI.Dalam pidato tersebut diajukan oleh Ir.Soekarno secara lisan usulan lima asas sebagai dasar Negara Indonesia yang akan dibentuk,yang terdiri dari :

1) Nasionalisme atau Kebangsaan Indonesia;

2) Internasionalisme atau Perikemanusiaan;

3) Mufakat atau Demokrasi;

4) Kesejahteraan sosial; dan

5) Ketuhanan yang berkebudayaan.

Lima asas di atas oleh Ir.Soekarno diusulkan agar diberi nama “Pancasila”.

Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara selalu dilandasi semangat juang yang tinggi.Semangat juang tersebut tertuang dalam nilai-nilai juang sebagai berikut:

Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa; jiwa dan semangat merdeka;cinta tanah air dan bangsa;harga diri yang tinggi sebagai bangsa yang merdeka;pantang mundur dan tidak kenal menyerah; semangat persatuan dan kesatuan;semangat anti penjajah dan penjajahan; dan sebagainya.

SOAL 2

Ekonomi kerakyatan adalah sistem ekonomi yang berbasis pada kekuatan ekonomi rakyat.Dimana ekonomi rakyat sendiri adalah sebagai kegiatan ekonomi atau usaha yang dilakukan oleh rakyat kebanyakan (popular) yang dengan secara swadaya mengelola sumberdaya ekonomi apa saja yang dapat diusahakan dan dikuasainya, yang selanjutnya disebut sebagai Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terutama meliputi sektor pertanian, peternakan, kerajinan, makanan, dsb, yang ditujukan terutama untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dan keluarganya tanpa harus mengorbankan kepentingan masyarakat lainnya.Pembangunan ekonomi kerakyatan memiliki peranan dalam menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Hal tersebut sesuai dengan bunyi UUD 1945 pasal 33 ayat 1 yang berbunyi.

A. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara

B. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan

C. Perekonomian nasional diselenggarakan berdasarkan atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi keadilan, keberlanjutan, wawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional

D. Cabang-cabang produksi boleh dikuasai oleh perseorangan atau Negara

E. Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat

Jawaban: B

Kemakmuran rakyat merupakan tujuan utama dari pembangunan ekonomi kerakyatan. Hal tersebut sesuai dengan bunyi UUD 1945 pasal 33 ayat 1 yang berbunyi: Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan

bunyi UUD 1945 pasal 33 ayat 2, yaitu: "Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara"

bunyi UUD 1945 pasal 33 ayat 3, yaitu: "Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat"

bunyi UUD 1945 pasal 33 ayat 4, yaitu: "Perekonomian nasional diselenggarakan berdasarkan atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi keadilan, keberlanjutan, wawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional"

bunyi UUD 1945 pasal 33 ayat 5, yaitu: "ketentuan lebih Ian jut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang':

SOAL 3

Perundingan antara Indonesia dan Belanda yang dilakukan pada tanggal 10 November 1945. Dalam perundingan ini, Indonesia diwakili oleh Perdana menteri Sutan Syahrir, sedangkan Belanda diwakili oleh Prof. Schermerhorn

Perundingan ini adalah

A. Renville

B. Linggarjati

C. Roem Royen

D. Giyanti

E. Bongaya

Jawaban: B

Perundingan Linggarjati dilakukan pada tanggal 10 November 1946 di Linggarjati. Dalam perundingan ini, Indonesia diwakili oleh Perdana menteri Sutan Syahrir, sedangkan Belanda diwakili oleh Prof. Schermerhorn.

.