Alek Gadang Literasi Sumatra Barat Berjalan dengan Meriah || Dilla, S.Pd. - negerikertas.com

INFO ATAS

LEMBAGA INDEPENDEN DI BIDANG PENDIDIKAN LITERASI, SENI BUDAYA, DAN SASTRA.

13 Des 2023

Alek Gadang Literasi Sumatra Barat Berjalan dengan Meriah || Dilla, S.Pd.

Pelaksanaan Alek Gadang

Alek Gadang Literasi Sumatra Barat dilaksankana pada Sabtu, 9 Desember di Convention Hall Universitas Andalas Padang. Kegiatan yang diangkat oleh Komunitas Guru Literasi Sumatra Barat (KGL-Sumabr) ini berjalan dengan sukses dan meriah. Hadir dalam perhelatan akbar itu bunda literasi Sumatra Barat yaitu Bunda Harneli Bahar. Beliau sangat mengapresiai pelaksanaan alek ini yang bisa menghadirkan guru-guru hebat dari berbagai kabupaten dan kota di Sumatra Barat. Pada alek gadang guru literasi ini hadir lebih kurang 500-an guru yang berasal dari berbagai daerah. 

Dresscode Peserta Alek Gadang

Penampilan para guru ini pun tidak ubah layaknya meghadiri alek di ranah Minang. Semua guru perempuan terlihat anggun dengan pakaian basiba dengan rok batik dan songket ditambah selendang senada yang melengkapinya. Sementara guru laki-laki memakai pakaian taluak balango dengan celana batik dan kain sarung bugis dan tutup kepala khas Minangkabau juga melengkapi gagahnya para guru menghadiri alek gadang ini. 

Alek gadanga literasi ini dibuka dengan lagu Indonesia Raya dan tari pasambahan yang ditampilkan oleh siswa SD Al-Azhar 32 Padang. Dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumatra Barat yaitu Drs. Barlius, M.Pd. Lalu sambutan secara daring oleh Jenderal GTK Kemedikbud yaitu ibu Nunuk Suryani yang pada kesempatan itu diwakili oleh sekretaris Jendral GTK. Hadir juga para narasumber hebat yang memberikan materi ‘daging’ semua bagi para peserta. Diantaranya adalah Prof. Dr. Ence Oos Muhamad Anwas, M.Si. Seorang praktisi Pendidikan dan penulis jurnal ilmiah dari Kemendikbud. Juga hadir narasumber secara langsung yang membersamai para peserta yaitu Irfana Steviano, S.Pd., M.Ed. seorang praktisi pendidikan, Taufik Hidayat, S.Si Senior Trainer of HAFECS & Guruinovatif.id. 

Narasumber Alek Gadang

Narasumber memberika materi dengan sangat lugas dan menarik, sehingga peserta mengikuti seminar ini dengan semangat. Ditambah lagi dipandu oleh MC yang heboh dan juga moderator yang bisa membangkitkan semangat para peserta. Dalam kegiatan alek ini juga tidak lupa melakukan ice breaking dan kuis serta doorpize bagi peserta. Kegiatan ini berlangsung satu hari penuh, dimulai daru jam 9 sampai waktu ashar menjelang. 

Alek Gadang Literasi Sumatera Barat tahun 2023 adalah sebuah event perayaan dan pengembangan literasi, yang memfasilitasi guru untuk mendapatkan ilmu dan pengembangan literasi, pendampingan menulis, menghasilkan karya berupa buku. Program yang diselenggarakan oleh Komunitas Guru Literasi Sumatera Barat ini berkolaborasi dengan berbagai Instansi pendidikan, pemerintah, dan perusahaan yang peduli dengan Pendidikan. Sehingga bisa memfasilitasi dan menghubungkan sebanyak mungkin guru di Sumatera Barat. 

Komunitas Guru Literasi Sumatera Barat 

Komunitas Guru Literasi Sumatera Barat adalah wadah kepenulisan dan pengembangan literasi yang memfasilitasi kalangan Guru agar mampu menjadi pemimpin literasi di sekolah mereka dengan semangat dan kreativitas yang terus dimunculkan. Komunitas Guru Literasi Sumatera Barat (KGL-SB) dengan penuh keyakinan dan kolaborasi yang handal dengan Kemendikbud akan melaksanakan beragam event literasi dan pendidikan, serta pelatihan pemberdayaan bagi kalangan pendidik.

Piagam Penghargaan 

Piagam pengahargaan diberikan kepada pejabat daerah yang mendukung kegiatan alek gadang literasi ini. Penghargaan diberikan kepada Gubernur Sumatera Barat dan Walikota Padang. Selain itu, piagam penghargaan juga diberikan kepada pejabat pendidikan  dan juga kepala sekolah penggerak literasi di berbagai daerah dan ditandatangani  secara langsung oleh Dikerktur Jendral GTK, Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Ditambah lagi peberian apresiasi kepada 32 orang guru penggerak literasi yang tersebar di Sumatera Barat. Merekalah panitia yang bersinergi untuk mengangkat acara ini, melakukan mediasi ke berbagai pihak dan mensosialisakain kegiatan ini sehingga bisa menghadirkan gur-guru hebat dari berbagai daerah ini. 


INFO BAWAH

NB: Untuk saat ini, Negeri Kertas belum bisa memberikan honor untuk karya (Puisi/Cerpen) yang tayang.