Senikmat Apa Sih Rasa Mie Gacoan Itu? - negerikertas.com

INFO ATAS

Lomba Cipta Puisi | DEADLINE 20 Februari 2023 | Apabila dalam 30 Hari, karya yang anda kirimkan di Negeri Kertas tidak dimuat, secara otomatis karya tersebut statusnya dikembalikan.

Jaringan Penulis dan Pembaca

Website Sastra dan Seni Budaya yang Terpercaya sejak 2015

25 Des 2022

Senikmat Apa Sih Rasa Mie Gacoan Itu?







Saat ini banyak sekali tempat makanan yang memperjual belikan berbagai macam produk olahan mie yang sebagian besar digemari oleh semua orang, tak terkecuali anak kecil yang gemar dengan rasa micin pada mie yang membuatnya semakin lezat dan menggoda. Mie Gacoan, seharusnya sudah tidak asing lagi dengan produknya yang terkenal yaitu mie pedas dan dimsum yang sudah lumayan merebak franchise nya ini di berbagai wilayah yang berbeda maupun yang sama. Bahkan di Solo saja sudah terdapat 5 outlet franchise mie gacoan. 

Walaupun sudah banyak outletnya tetapi masih tetap sama saja setiap outletnya mengalami antrian yang cukup panjang dan tidak hanya terjadi disaat weekend saja namun pada setiap harinya tetap ramai pembeli. Antrian panjang tersebut tidak mengurungkan niat para pembeli dan penyuka mie gacoan untuk mengkonsumsinya walaupun saat panas terik matahari dan ketika gerimis melanda mereka rela berbaris sabar mengantri.

Belum lama ini sempat viral di sosial media tentang rasa nikmatnya mie gacoan yang membuat para penontonnya penasaran dan berbincang 

“Senikmat apa sih rasanya sampai antri panjang dan ramai sekali?”

“Nama menunya juga aneh, kia-kira rasanya gimana ya?”

Namun, terkadang rasa mie gacoan pada setiap outlet berbeda-beda, mungkin karena terdapat kekurangan dalam takaran memasaknya dan bisa saja karena terburu-buru sebab pesanan yang sudah menumpuk. Menu utama yang tersedia tentunya mie dengan berbagai macam rasa dan tingkat kepedasan yang berbeda dari level 1 hingga 8, kemudian ada side dish nya seperti dimsum, dan berbagai pilihan minuman.

Menurut saya pribadi yang bisa dikatakan sudah terlalu sering mengkonsumsi mie gacoan sebelum viral-viralnya mie tersebut, rasanya lumayan enak. Side dish nya seperti udang keju dan udang rambutan yang menurut saya lebih worth it untuk dibeli daripada menu utamanya yaitu mienya. Tetapi tidak ada salahnya juga membeli dua-duanya karena rasanya yang nikmat jika dikombinasikan atau dimakan secara bersamaan. 

Seperti rasanya pada mie iblis yang cenderung komplit atau memuat berbagai rasa asin, manis, gurih, dan pedas kemudian dipadu padankan dengan udang rambutan yang krispi hingga udang keju yang lumer. Karena rasa nikmatnya tersebut yang mungkin membuat para pelanggan rela mengantri panjang dan tentu harganya yang lumayan ramah bagi kantong pelajar sehingga banyak sekali pelajar yang datang membelinya.

Setiap orang memiliki pendapat tentang mie gacoan ini. Tidak semuanya mengatakan enak, ada juga yang mengatakan kalau mie gacoan rasanya biasa saja seperti mie pada umumnya yang hanya ditambahi oleh rasa sambal yang pedas.

Terdapat nama menu makanan dan minuman yang cukup berbeda dengan yang lain seperti mie iblis dan mie setan, dan minumannya yaitu es genderuwo yang cukup mengenyangkan karena di dalamnya terdapat isian buah-buahan. Karena nama menu yang tidak biasa membuat para pembeli yang pertama mencoba merasa ngeri. 

Sepiring mie gacoan bisa dikatakan mengenyangkan karena sudah terdapat mie dan dua buah pangsit yang isian nya lumayan gendut-gendut. Sedikit disayangkan karena menu mie gacoan hanya menyediakan versi goreng dan tidak ada versi kuahnya, yang membuat para penyuka mie kuah merasa kurang puas.

Semakin banyaknya orang yang gemar mengkonsumsi mie gacoan, kemudian mulai bermunculan resep-resep yang rasanya hampir sama persis dengan mie gacoan. Membuat mie gacoan sendiri tidak perlu lama-lama mengantri, hanya perlu menyiapkan bahan masakan dan tentunya yang paling utama adalah niat untuk memasaknya dengan senang hati dan pas sesuai takaran supaya hasilnya memuaskan.

Saat ini sudah banyak sekali konten kreator yang memberikan resep hingga tutorial membuat mie gacoan sendiri di rumah, hingga bisa dijadikan makanan bersama keluarga yang mengenyangkan karena porsinya yang kita buat sesuai selera diri sendiri. 

Contohnya seperti resep dari channel youtube Chef Davina yang sudah banyak sekali dicoba oleh penontonnya dan ternyata rasanya juga pas dan sama dengan aslinya. Memasak sendiri mie gacoan dirumah lebih terjaga kebersihannya, juga menghemat pengeluaran dan tenaga, apa lagi saat ini harga bensin juga mahal, karena itu kita harus menghemat semua kebutuhan.

Harus tetap di ingat juga mengkonsumsi mie yang berlebihan itu tidak baik apa lagi mienya sangat pedas. Konsumsi secukupnya saja. Walaupun mie gacoan dapat mengenyangkan perut kita karena mengandung karbohidrat dan protein yang cukup tinggi, lantas tidak sepenuhnya baik untuk tubuh kita ini jika dikonsumsi secara terus menerus. 

Jika kita merasa ketagihan dengan nikmatnya mie gacoan, kita harus bisa mengontrol nafsu kita demi kesehatan kita kedepannya. Memang efeknya tidak langsung terasa, walaupun ada juga yang langsung diare karena pesan mie yang terlalu pedas. Karena itu kita harus mengatisipasinya dari awal seperti halnya pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. 

Jadi tidak hanya karena kenikmatannya yang hanya sesaat kemudiaan membuat kita menjadi kurang menjaga kesehatan diri sendiri, sehingga malah membuat kita repot nantinya dan tidak hanya diri sendiri yang direpotkan karena pastinya orang terdekat akan merasa sedih jika kita mengalami hal yang tidak menyenangkan.


INFO BAWAH

Cara kirim tulisan ke Negeri Kertas: Tulis karya anda berupa PUISI/CERPEN/ARTIKEL + BIODATA narasi + FOTO penulis atau GAMBAR ilustrasi, semuanya dalam SATU LAMPIRAN email file Ms Word. Bagian paling atas bertuliskan JUDUL KARYA + NAMA PENULIS. Kirim ke email nkertas@gmail.com