Awal jadi Catlovers Oleh : Prastika Intan Safitri - negerikertas.com

INFO ATAS

Lomba Cipta Puisi | DEADLINE 20 Februari 2023 | Apabila dalam 30 Hari, karya yang anda kirimkan di Negeri Kertas tidak dimuat, secara otomatis karya tersebut statusnya dikembalikan.

Jaringan Penulis dan Pembaca

Website Sastra dan Seni Budaya yang Terpercaya sejak 2015

27 Nov 2022

Awal jadi Catlovers Oleh : Prastika Intan Safitri

 Awal jadi Catlovers

Oleh : Prastika Intan Safitri

Catlovers? Kenapa tidak? Adanya peraturan baru untuk stay at home yang terjadi saat pandemi beberapa waktu lalu, Hal itu tentunya membuat saya merasa jenuh untuk selalu berada di rumah. Kemudian untuk mengurangi rasa jenuh, saya memutuskan untuk mengadopsi kucing perempuan berwarna putih, berjenis persian flatnose. Lucunya saya tidak tahu jenis kelamin kucing tersebut, baru setelah beberapa hari diadopsi saya tahu bahwa kucing itu berjenis kelamin perempuan dan saya beri nama Kuro. Itu adalah kali pertama saya berinteraksi dengan  kucing karena biasanya saya hanya memelihara ikan, saya benar-benar belajar dari awal untuk merawatnya, dan ternyata perlengkapan yang dibutuhkan tidak sedikit. Tapi saya senang bisa merawat Kuro, saya jadi memiliki kegiatan baru, mulai dari membersihkan kandang, menyisir bulu kucing, menyiapkan makan, dan memandikannya. Kuro merupakan kucing aktif dan juga penurut, melihat tingkahnya yang lucu seolah menjadi penghibur bagi diri saya terlebih ketika pandemi beberapa waktu kemarin.

Tidak semua keluarga saya menyukai kucing, tapi saya sangat bersyukur orang-orang disekitar saya mendukung untuk segala hal yang bersangkutan dengan kucing untuk membantu merawatnya. Sedih rasanya, ketika mengetahui atau mendengar orang-orang memperlakukan kucing dengan kasar hanya karena tidak menyukainya. 

Sudah dua tahun lebih Kuro tinggal bersama saya di rumah, dan sudah empat kali Kuro beranak tapi tidak semua keturunannya selamat. Pada kelahiran pertama, Kuro mengalami kesulitan sehingga harus dilarikan ke klinik untuk mendapatkan pertolongan. Padahal, saat itu Kuro melahirkaan 7 ekor kucing lucu, tapi tidak ada satupun yang selamat. Di kelahiran berikutnya Kuro sudah bisa melahirkan sendiri tanpa bantuan dokter. Saat ini ada 4 ekor kucing di rumah saya.

Setiap kucing memiliki karakter yang tidak sama, sehingga perawatannya pun berbeda. Ada kucing yang sangat manja dan penurut seperti Kuro, tapi ada juga kucing yang galak seperti anak dari Kuro yang bernama Kuki. Sulit untuk menyisir dan memandikan kucing yang memiliki karakter seperti Kuki karena tidak suka jika disentuh. Begitupun dengan Kuro, meski penurut tapi dirinya mudah kotor sebab bulunya berwana putih dan panjang.

Menjaga kebersihan rumah juga sangat penting, terlebih ketika memiliki hewan peliharaan. Bulu kucing dianggap berbahaya karena bagi beberapa orang dapat menyebabkan alergi seperti bersin ataupun gatal-gatal sehingga kesehatan kucing perlu diperhatikan, jenis kucing persian seperti Kuro memiliki ciri mata yang berkaca-kaca dan mudah kotor, sehingga harus rajin dibersihkan agar kotoran pada mata kucing tidak menumpuk. Walaupun awalnya, saya merasa malas dan jijik untuk membersihkannya, namun sekarang saya sudah terbiasa untuk melakukan kegiatan tersebut setiap hari. Dimulai dari pagi hari dengan membersihkan kandang, mengganti pasir, memberi makan dan minum.

Kebiasaan makan kucing juga berbeda, saya membiasakan kucing-kucing saya makan 2x sehari untuk makanan kering dan terkadang saya selingi untuk memberikan snack berupa makanan basah di siang hari saat mereka sedang asik bermain. Kucing itu hewan pandai, berlari ketika dipanggil namanya, lebih sering tidur, tapi sangat suka bermain. 

Saya sangat menyukai kucing, berawal dari pandemi Kuro menjadi sahabat bagi saya yang seolah bisa mengerti perasaan saya hingga kini. Mungkin terdengar aneh, tapi Kuro selalu merespon ketika saya ajak bicara. Semenjak memelihara Kuro, sering saya jumpai kucing-kucing lain datang menghampiri saya baik ketika di rumah maupun ketika saya berada diluar. Menurut saya, sedekah juga bisa dilakukan dengan cara memberi makan kucing, merawatnya dengan penuh kasih sayang. 

Banyak orang mempertanyakan untuk apa saya mau memelihara hewan peliharaan yang merepotkan dan mau menghabiskan uang untuk perawatannya. Sulit untuk menjelaskan kepada mereka yang bukan catlovers, jika sudah memutuskan untuk mengadopsinya maka kita harus merawat kucing itu dengan baik. Bagi saya, kucing bisa memberi kebahagian dalam jiwa sehingga imun saya meningkat. Pandemi memang membawa banyak perubahan termasuk menjadikan saya catlovers hingga sekarang.


INFO BAWAH

Cara kirim tulisan ke Negeri Kertas: Tulis karya anda berupa PUISI/CERPEN/ARTIKEL + BIODATA narasi + FOTO penulis atau GAMBAR ilustrasi, semuanya dalam SATU LAMPIRAN email file Ms Word. Bagian paling atas bertuliskan JUDUL KARYA + NAMA PENULIS. Kirim ke email nkertas@gmail.com