4 Rekomendasi Destinasi Wisata di Purworejo, Jawa Tengah yang Harus Dikunjungi - negerikertas.com

INFO ATAS

Ayo menulis puisi untuk memperebutkan ANUGERAH HAK ASASI MANUSIA. Deadline 10 Desember 2022 | Apabila dalam 30 Hari, karya yang anda kirimkan di Negeri Kertas tidak dimuat, secara otomatis karya tersebut statusnya dikembalikan.

Media Sastra dan Seni Budaya

email nkertas@gmail.com | WA 628888710313

9 Nov 2022

4 Rekomendasi Destinasi Wisata di Purworejo, Jawa Tengah yang Harus Dikunjungi


Oleh : Isma Yuniarti


Purworejo adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Purworejo mungkin masih belum begitu populer dibandingkan dengan kota lainnya di Jawa Tengah seperti Solo, Semarang, Pekalongan, Tegal, Salatiga, dan kota-kota lainnya. 

Masih banyak orang yang belum mengetahui keberadaan kota Purworejo. Sesuai dengan pengalaman saya, saat saya berkenalan dengan teman saya yang berasal dari Solo. Dia bertanya dimana letak kota Purworejo bahkan dia juga baru tahu kalau di Jawa Tengah ada kota yang bernama kota Purworejo.

Meskipun banyak orang yang tidak tahu kota Purworejo, Purworejo mempunyai banyak destinasi wisata yang sangat menarik dan wajib banget untuk dikunjungi saat kalian berada di kota ini. Destinasi wisata di Purworejo menawarkan banyak keindahan yang begitu mengagumkan sehingga membuat wisatawan yang datang ke Purworejo merasa puas untuk menikmati keindahan yang disajikan di kota ini. Tentunya destinasi wisata yang ada di kota ini dijamin lengkap mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lain sebagainya.

Masing-masing destinasi wisata tersebut menawarkan keunikan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu jika kalian sedang berada di Purworejo, kalian wajib banget mengunjungi destinasi-destinasi wisata yang ada di Purworejo seperti berikut ini :

  1. Pantai Jatimalang


Patung-Dewa-Ruci-di-Pantai-Jatimalang-Purworejo.jpg

Sumber  : https://www.kalderanews.com/wp-content/uploads/2020/01/Patung-Dewa-Ruci-di-Pantai-Jatimalang-Purworejo.jpg


Destinasi wisata di Purworejo yang pertama yaitu Pantai Jatimalang. Pantai ini terletak di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi. Pantai Jatimalang sering disebut dengan pantai Dewa Ruci karena disana terdapat patung seorang dewa yang bernama Dewa Ruci dan patung tersebut sedang memegang seekor naga. Patung Dewa Ruci menjadi ikon pantai Jatimalang. 

Selain menyajikan pemandangan pantai yang indah, pantai ini juga menawarkan pemandangan sunset yang sangat menakjubkan. Ombak di pantai ini cenderung besar, oleh karena kita harus berhati-hati saat sedang berada di pinggir pantai.

Di pantai Jatimalang terdapat beberapa kolam renang. Di pantai tersebut juga terdapat kapal-kapal nelayan dan beberapa gubuk yang dapat digunakan untuk duduk-duduk sembari menikmati keindahan pantai tanpa kepanasan. 

Kita bisa mengabadikan momen saat berkunjung ke pantai Jatimalang dengan cara berfoto. Untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai Jatimalang akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp 5.000,00.


  1. Goa Seplawan


GOA SEPLAWAN.jfif

Sumber : https://asset.kompas.com/data/photo/2017/02/19/0937575IMG-2700780x390.JPG


Destinasi wisata yang kedua adalah Goa Seplawan. Goa Seplawan terletak di Katerban, Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing. Saat berkunjung ke Goa Seplawan kita akan melihat patung replika arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Destinasi wisata Goa Seplawan ini berada di kawasan pegunungan sehingga suasana disana sangat sejuk.

Destinasi wisata ini sensasi liburan yang anti mainstream dengan beberapa spot yang menarik di dalam goa. Pemandangan alam yang sangat indah seperti panorama hutan pinus yang asri. Jangan heran jika suasana disini membuat kita betah dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang sangat memanjakan.

Namun, saat perjalanan untuk mengunjungi Goa Seplawan kita harus berhati-hati karena jalan yang kita lewati lumayan curam dan saat cuaca hujan jalanan menjadi licin. Harga tiket masuk Goa Seplawan sebesar Rp 5.000,00 per orang, sangat murah bukan?


  1. Curug Purbayan


https://i.ytimg.com/vi/3J3dD8w_Wz4/maxresdefault.jpg

Sumber : https://tse1.mm.bing.net/th?id=OIP.FQfjuoQyxpeZK-SHV7YsUAHaEK&pid=Api&rs=1&c=1&qlt=95&w=218&h=122


Destinasi wisata yang ketiga adalah Curug Purbayan. Curug Purbayan terletak di Desa Kaliurip, Kecamatan Kemiri. Curug ini menawarkan pemandangan alam yang begitu indah. Alam di sekitar air terjun ini masih sangat alami dan udara di curug Purbayan juga sangat sejuk. 

Aliran dari curug ini tidak deras, namun gemercik air inilah yang membuat wisatawan merasa betah berlama-lama di curug ini. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk para pecinta alam maupun anak muda yang mempunyai hobi travelling. 

Curug Purbayan memiliki daya tarik tersendiri, khususnya tempat yang masih belum diketahui banyak orang yang menjadikan tempat ini masih sangat alami. Untuk mencapai curug ini membutuhkan perjuangan yang tidak mudah karena medan yang dilalui membutuhkan kesabaran, jalan yang berbatu dan licin harus dilalui. 



  1. Bukit Patihan Bruno


Sumber : https://tse1.mm.bing.net/th?id=OIP.7t-DZ-hYOgTqjojwmLQxXgHaFj&pid=Api&rs=1&c=1&qlt=95&w=138&h=104


Destinasi wisata Bukit Patihan terletak di Desa Giyombong, Kecamatan Bruno. Bukit Patihan Bruno ini menawarkan suasana alam yang asri dan menyenangkan. Di Bukit Patihan Bruno memiliki spot-spot menarik seperti rumah pohon, Rumah Gadang, Tebing Matahari, dan hutan bambu. Destinasi wisata ini juga menyuguhkan spot foto yang instagramable. Disana juga terdapat gardu pandang bunga matahari dan gardu pandang perahu. 

Selain itu, alam yang terdapat di bukit ini masih terjaga dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari pepohonan yang hijau dan asri. Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam dari ketinggian. 


Nah, buat kalian yang sedang mencari referensi destinasi wisata yang ada di Purworejo bisa banget nih kalian mengunjungi beberapa destinasi wisata tersebut. Karena destinasi wisata di Purworejo sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan agar liburan kita semakin berkesan dan menyenangkan. 










 

Nama : Isma Yuniarti

TTL : Purworejo, 28 Mei 2004

Alamat : Purworejo, Jawa Tengah

Media Sosial : Instagram : ismaayuniarti_

No. hp : 088226709323


INFO BAWAH

Cara kirim tulisan ke Negeri Kertas: Tulis karya anda berupa PUISI/CERPEN/ARTIKEL + BIODATA narasi + FOTO penulis atau GAMBAR ilustrasi, semuanya dalam SATU LAMPIRAN email file Ms Word. Bagian paling atas bertuliskan JUDUL KARYA + NAMA PENULIS. Kirim ke email nkertas@gmail.com