005

header ads

FF “Nasi Goreng Maknyus!” Karya: Nisaka Amira Putri

 “Nasi Goreng Maknyus!”

Karya: Nisaka Amira Putri


“Hmm, enaknya bau nasi goreng Bunda,” puji Ariana saat sedang lapar-laparnya. Ia pun menyantap nasi goreng itu dengan sangat lahap. Saat sudah habis, ia bertanya pada Bundanya.

“Bunda, resep nasi goreng Bunda apa sih?” Ariana penasaran, namun sayangnya Bunda tidak memberitahukan resep nasi goreng itu.


Pagi pun tiba, Ariana bangun dari kasur dan membereskannya. Lalu bersiap membasuh muka dan langsung ke dapur untuk berinisiatif membuat sarapan. Ia membuka kulkas dan melihat bahan-bahan membuat nasi goreng ada di sana. Ia kali ini berniat membuat nasi gorengnya sendiri.

Ariana lalu mengambil sebuah wajan, dan bumbu nasi goreng lainnya, seperti bawang putih, bawang merah, cabe, garam, dan lain-lain. Ia menuangkan minyak dan menyalakan kompor. Sedikit potongan cabe beserta bawang ia tumis hingga aromanya tercium harum. Lalu, masukkan nasi, garam, kecap, dan bumbu rasa ayam secukupnya. Terakhir ia aduk semuanya hingga tercampur.

“Jadi deh nasi goreng ala Ariana!” ucapnya dengan gembira. Ia bersegera duduk, berdoa, dan menikmati nasi goreng buatannya.

“Wah, enak sekali,” semangatnya mencicipi terlihat dari wajahnya. Bunda yang sedari tadi diam-diam memperhatikan dari jauh mendekat dan mencoba masakan Ariana.

“Kamu hebat, Na, bisa membuat nasi goreng seenak ini,” puji Bunda dengan senyumnya.


Ariana baru ingat bahwa senin besok ada market day di sekolah, ia panik karena ia belum mempersiapkan apapun. Tiba-tiba muncul ide bahwa “mengapa tidak berjualan nasi goreng saja?” pikirnya.


Keesokan harinya, Ariana memasak kembali nasi goreng untuk dijual. Nasi goreng pun dimasukkan dalam beberapa box dengan sendok di atasnya.

Ia berangkat ke sekolah dengan semangat untuk market day. Ia pun mempromosikan nasi gorengnya untuk menarik perhatian pembeli. Dan, alhamdulillah semua dagangannya laris manis. Tidak ada yang tersisa.


Setelah pulang sekolah, ia menceritakan semuanya kepada Bunda yang tersenyum bangga saat mendengar cerita pengalaman Ariana dengan antusias.


__________________

Nisaka Amira Putri, siswi kelas 5 “Hamka” di SD MUH1B4 Kota Banjarnegara. Tinggal di Gemuruh, RT02/RW 01, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara.


Posting Komentar

0 Komentar