Puisi, Chairil dan Pulau Terpencil | Sus S. Hardjono - negerikertas.com

INFO ATAS

Share link karya anda ke banyak orang agar mendapat peluang besar untuk meraih Anugerah Sastra dari Negeri Kertas, dengan kriteria karya kualitas terbaik dari 10 karya dengan pembaca terbanyak. Berhadiah uang tunai dan piagam penghargaan.

Media Sastra dan Seni Budaya

WA 628888710313 | Email nkertas@gmail.com

14 Apr 2022

Puisi, Chairil dan Pulau Terpencil | Sus S. Hardjono

Puisi, Chairil dan Pulau Terpencil 


| Sus S. Hardjono 


Darimu di kota terpencil dan jauh 

Aku mengenal puisi 

Pada senja dan pelabuhan kecil 



Dari mu kini kami merayakan hari puisi 

Hingar bingar sunyi 

Tanpa upacara upacara dan seremoni



Tapi di dalam rumah tumpah lubuk hati 

Nyanyi sunyi seribu tahun tiada berhenti 

Tetap tumbuh bersemi 


Dan perjalanan 

Menuju pulang 

Menikmati camar camar yang datang 

Mengisahkan setiap petualang 


Ajarkan syair syair 

Petatah petitih , dan legenda 


Dan darimu 

Puisi dirayakan 

Dituliskan 

Dan dibacakan 


Seribu tahun puisi 

Seribu tahun  puisi tak henti 

Dibaca dan dirayakan 

Hari hari puisi 


Sragen RSS 22

 


(Sus S Hardjono )  lahir 5 November  1969. Tahun 1990 an - Aktif menulis puisi, cerpen , geguritan dan novel sejak masih menjadi mahasiswa, serta mempublikasikannya di berbagai media massa yang terbit di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Puisinya  dimuat  di Bernas, MASA KINI ,KR , Pelopor Jogja, Merapi , Solo Pos, Joglo Semar , Suara Merdeka, Wawasan, Swadesi , Bengawan Pos, Joglosemar , Radar Surabaya , Minggu Pagi , Cempaka , Penjebar Semangat dll. Waktu itu ia juga sempat bergabung dalam Kelompok Teater Peron FKIP. Semasa mudanya sering mengikuti berbagai event dan acara puisi ke berbagai daerah .Pernah aktif di majalah kampus, Motivasi. Menjuarai berbagai event menulis puisi dan esay.

Pada Tahun 1990-an sudah mulai aktif menulis di media massa koran hingga sekarang masih aktif dan karyanya dimuat di media massa yang terbit nasional.

 Aktif di berbagai komunitas di Sragen . APPS (Aliansi Peduli Perempuan Sukowati ) , di YIS Solo (Yayasan Indonesia Sejahtera) , aktif di Yayasan Darmakumara Solo (Yayasan Pengembangan dan Pelestarian Kebudayaan Jawa ) , aktif di KPPS , Mansaceria .Novel perdananya Sekar Jagat .Dan novel lirik  berjudul Surga yang Hilang (2017).Buku Kumpulan Puisinya berjudul  Melati Berdarah (2012 FSS)

Buku Tembang Tengah Musim (Kebun Kata Semarang , 2019).Buku Puisi Jawa Geguritan Ampak ampak Ambar Ketawang ( Solo, 2020).Buku Hujan dan Kuang kunang (Kumpulan Cerpen ).


Tahun 2017 Meraih Penghargaan Pendidik Peduli Bahasa dan sastra dari Balai Bahasa Jateng 

Tahun 2020 Meraih Penghargaan Nomine Buku Puisi Prasidatama BBJT Jateng Nomine Kategori Buku Puisi ( Buku Tembang Tengah Musim).


Mengajar di MAN I Sragen .Mengelola Komunitas Rumah Sastra Sragen RSS di Sragen , Jl, Raya Batu Jamus Km 8 Mojokerto Kedawung Sragen. Jl. Irian no 5 Nglorog Sragen.HP(WA) 083141922687.Email : susilaning87@yahoo.com.Fb Sus S. Hardjono dan Rumah Sastra Sragen.










INFO BAWAH

[ Dukung peningkatan honor penulis karya terbaik dengan cara klik iklan yang ada di website ini. Untuk berhenti mendapat info dari NK, caranya ketik UNREG kirim ke nkertas@gmail.com ]