005

header ads

Seniman dan Masyarakat Literasi Jember Gelar Ruwat Rawat Gumuk



Eksploitasi gumuk di Kabupaten Jember secara massif, mendapat respon dari beberapa kalangan pelaku budaya yang tergabung dalam Srawung Sastra, mahasiswa Universitas PGRI Argopuro dan warga Desa Wonojati, dengan menggelar acara Ruwat Rawat Gumuk, Jumat (29/10/2021).

Acara ini, dimaksudkan untuk menjaga ekosistem, dengan menyelenggarakan ritual pepujian, yang melibatkan kalangan seniman, budayawan, masyarakat dan pemuda Wonojati.

Menurut Muhammad Afan, acara ini terselenggara atas kerjasama adik-adik mahasiswa Universitas PGRI Argopuro, masyarakat dan pemuda desa Wonojati. “Saya melihat, geliat masyarakat dan pemuda terhadap kegiatan beraroma budaya lokal desa, perlu diapresiasi,” terangnya.

Acara tersebut, diselenggarakan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara dibuka dengan seremonial shalawat dan pepujian, serta pantun berbahasa Madura, yang dibacakan oleh Pak Sus Mistur, warga dan seniman tradisi pencak silat dan pantun Madura. 

"Acara semacam ini, sangat penting untuk menjaga keberlangsungan kesenian di desa ini, " kata Pak Sus, dalam sambutannya.

Sementara itu, koordinator Srawung Sastra, menjelaskan gelaran semacam ini dimaksudkan untuk mendekatkan dunia seni dan sastra kepada masyarakat luas. “Acara Ruwat Rawat Gumuk, merupakan ekspresi kegelisahan masyarakat dan seniman, terhadap pembabatan gumuk-gumuk yang ada di jember,“ paparnya.

Menurut Gunawan, acara ritual semacam ini, diharapkan untuk bisa membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga ekosistem gumuk. Karena, jika kesadaran itu tidak dibangun, maka sepuluh tahun kedepan, gumuk hanya tinggal cerita bagi anak cucu kita. “Kita sama-sama berdoa agar masyarakat memiliki kesadaran menjaga gumuk yang nyaris habis, di Jember,” lanjut Gunawan.

Selepas seremonial yang ditutup dengan doa, acara berlanjut Malam Apresiasi Seni, yang menghadirkan para seniman, baik musik maupun pembacaan puisi.  Siswanto, Ketua Lesbumi Jember membuka Malam Apresiasi Seni, dengan pembacaan puisi. 

Dilanjutkan pembacaan puisi oleh Ketua BKN, Didit Gondrong, dan beberapa kalangan sastrawan dan seniman. Diantaranya, Muhammad Lefand, Ebhi Yunus, Putra Yuda, Ali Ibnu Anwar, Moh Rohim, dan Muhyi.

Sementara untuk apresiasi musik, diisi  musik Jazz oleh Ali Gardi, seniman musik yang menggalakkan edukasi tentang musik. Tak sendiri, Ali Gardi juga ditemani oleh para pemusik dari Oyot Suket dan Taman Bermain Alongguh.

Menurut Muhammad Lefand, owner Masyarakat Literasi, acara apresiasi kesenian dan budaya pada Ruwat Rawat Gumuk, momentum yang sangat istimewa. Sebab bertepatan dengan acara Sumpah Pemuda, Bulan Bahasa dan Maulid Nabi Muhammad SAW.  “Keterlibatan masyarakat, dalam mendukung acara semacam ini, sangatlah penting” jelas Lefand.









Posting Komentar

0 Komentar