MOVIE PEMBAWA PESAN MERDU SUMBA - negerikertas.com

.

Mulai 1 Agustus 2021 setiap Cerpen yang dimuat di negerikertas.com mendapatkan honor Rp 100.000 | Kirim karya ke email nkertas@gmail.com | Subyek: CERPEN | di dalam lampiran file doc ms word berisi cerpen dan biodata narasi penulis.

MOVIE PEMBAWA PESAN MERDU SUMBA

Di Tengah majunya arus globalisasi dan modernisasi yang semakin kuat di Indonesia, suatu warisan budaya tak jarang mulai begitu mudah diabaikan , ketika berbagai jenis genre musik mulai bertambah banyak jenisnya , kita seringkali lalai akan adanya suatu kearifan yang makin lama makin tak terjamah . ya… fenomena inilah yang mendorong Ayub Jonn ,salah seorang host dari musik Magi yang juga seorang musisi ,bercerita tentang perjalanannya menemukan Jungga . Dalam referensi yang saya temukan sendiri dalam situs Wikipedia saya menemukan informasi  bahwa Jungga sendiri merupakan sebutan untuk bermacam macam instrument music petik ,yang kini keberadaannya hampir dilupakan.

     Dalam situs Wikipedia menuliskan bahwa Jungga merupakan musik tradisional asli Sumba Timur . Dengan ini dapat saya lihat bahwa Ayub Jonn memiliki kedekatan emosional ketika melakukan penelitian mengenai Jungga ,sebab dia juga berasal dari daerah timur Indonesia . Namun lebih dari itu Ayub jonn bersama crew Budaya Saya dalam sebuah postingan short movie di kanal  Youtube milik mereka  ,memberi pesan begitu penting lebih dari sekedar hiburan bagi masyarakat Indonesia.

     Ya… jika dibayangkan ,rupanya begitu mudah bagi kita sebagai anak muda untuk begitu cepatnya acuh dengan warisan budaya yang mungkin pada masa kini dianggap membosankan untuk kembali diperdengarkan , sebab kini telah begitu banyak aliran musik yang dipandang lebih keren dan “mbois” jika dibandingkan dengan musik Jungga.


                                                  

      Tak Bisa kita bayangkan bukan, jika dikemudian hari musik Jungga dan aliran musik tradisional lainnya , mulai pudar hingga tersisa nama???? Dapat dipastikan bahwa Indonesia perlahan akan kehilangan jati dirinya sebagai sebuah Negara berkebudayaan . Dan akhirnya kita hanya dapat menjadi Negara yang terombang ambingkan dengan arus globalisasi yang makin tidak jelas arahnya .

     Kemudian ketika semua itu terjadi kita hanya dapat menyesali semua kearifan yang mulai dicuri dan diambil hak nya dari Indonesia . Itulah sebabnya peran seluruh rakyat Indonesia terutama para generasi muda sangat dibutuhkan. Sebab jika bukan kita yang mulai mencintai dan menjaganya ,lalu siapa lagi?

    Kita tidak akan tau kapan warisan harta budaya kita ini seakan semakin bertarung dengan budaya modern yang lebih mudah diterima dengan baik oleh anak muda yang banyak menjamur di dunia maya.   Suatu apresiasi yang begitu besar bagi chanel edukasi BUDAYA SAYA yang telah mengambil bagian dalam berkontribusi untuk mengenalkan kembali JUNGGA serta sederet budaya lainnya  yang telah berhasil di edukasikan lewat kanal Youtube dengan konsep yang  dapat diterima dengan mudah oleh khalayak. Langkah seperti inilah yang akan membuat budaya budaya Indonesia selangkah lebih maju untuk semakin dikenal oleh generasi muda .    


FLANELLA AURA ANDROMEDHA

Review music magi  episode I : Denting Jungga di Savana Sumba






.