LANGKAH-LANGKAH DALAM MENULIS OPINI - negerikertas.com

.

(Mulai 1 Agustus 2021 setiap Cerpen yang dimuat di negerikertas.com mendapat honor Rp 100.000)

LANGKAH-LANGKAH DALAM MENULIS OPINI

langkah-langkah bagi anda yang ingin menulis tulisan berupa opini.

“ Anda Harus Menentukan Judul atau Tema Opini Anda Agar Memudahkan Saat Penulisan Opini"

#1 – What (Paragraf Pertama)

Untuk paragraf pertama anda harus mencari kalimat pertama yang cocok dan anda harus membuat sugesti tulisan berupa What (Apa). Di sini anda harus menyertakan sedikit referensi yang anda dapatkan untuk menguatkan opini anda.


#2 – Where (Paragraf Kedua)

Paragraf kedua anda harus menulis permasalahan yang anda angkat berupa tajuk Where (Dimana). Pada Where anda juga harus menuliskan referensi yang bisa menguatkan isi opini anda suapaya nantinya mudah dimengerti oleh pembaca.


#3 – Why (Paragraf Ketiga)

Pada paragraph ketiga anda mulai memikirkan opini anda itu kenapa, kenapa permasalahan itu bisa terjadi. Pada saat Why anda sudah boleh mengembangkan ide-ide tulisa.


#4 – What dan When (Paragraf Keempat)

Sekarang anda mempelajari opini atau permasalahan yang anda angkat kapan bisa terjadi atau lainnya. Pastinya opini anda angkat suatu permasalahan yang bisa memberikan efek kurang baik untuk masa akan datang.


#5 – Who (Paragraf Kelima)

Disini anda harus mengangkat kata Who (siapa). Siapa yang bertanggung jawab atas permasalahan yang anda angkat, tentunya ini dengan gaya penulisan anda sendiri atau murni ide dari anda.


#6 – How dan When (Paragraf Terakhir)

Pada paragraph terakhir anda harus jelas membuat opini berupa How (Bagaimana,Cara) dan When (Kapan). Bagaimana dan Kapan permasalahan dari opini anda ini terselesaikan dan bagaimana cara terbaik menyelesaikan permasalahan yang anda angkat, tentunya dengan gaya penulisan anda sendiri.



Disampaikan dalam mata pelajaran Seni Budaya SMAN 2 Madiun




.