Teater Pilar Merah Pentaskan Naskah Eksperimental - negerikertas.com

.

Teater Pilar Merah Pentaskan Naskah Eksperimental

\
MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Drama eksperimental berjudul Manusia Makan Manusia dipentaskan tadi malam (4/10). Di tengah situasi pandemi, karya Teater Pilar Merah tak segan adu adegan dengan lima teater lain yang terpilih tampil dalam Parade Teater Virtual Jatim 2020.

Fileski menuturkan, tiap kelompok teater pentas dari daerahnya masing-masing. Hanya kelompok dari Sidoarjo dan Surabaya yang berkesempatan tampil di Taman Budaya Surabaya. ‘’Meski jarak jauh, kami serius menggarap pementasan ini. Segala persiapan mulai tata artistik panggung, sound, dan kamera disiapkan sejak sore,’’ terang seniman bernama lengkap Tanjung Files itu.

Manusia Makan Manusia diperankan lima aktor. Meski dalam adegannya, tiga tokoh merupakan imajinatif. Pementasannya diawali kemunculan perempuan berpakaian serbahitam menjawab suara pria yang tak tampak wujudnya. Setelah percakapan yang mendedah kegelisahan itu tuntas, dua aktor yang memerankan suami-istri naik ke pementasan. Keduanya memperagakan adegan sedang menyiapkan makanan di dapur. Istri mengelap piring, suami menjaga api tetap menyala. ‘’Konflik mulai timbul saat istri bertanya kepada suaminya hendak makan apa. Sedangkan semua bahan makanan habis tanpa sisa,’’ papar Fileski.

Adegan suami yang merelakan dirinya untuk dimakan menjadi klimaks pementasan. Setelahnya, muncul dua tokoh imajiner. Seorang bercelana hitam dengan setelan kemaja putih dan jas hitam lengkap dengan dasi. Sosok itu mengenakan topeng dongkrek. Seorang lainnya mengenakan pakaian compang-camping. ‘’Ini menggambarkan kondisi rakyat kecil yang terancam tak bisa makan. Entah akibat pandemi maupun penguasa,’’ ungkapnya.


Sumber: https://radarmadiun.co.id/teater-pilar-merah-pentaskan-naskah-eksperimental/







.