TIPS AGAR BISA LOLOS TES CPNS - negerikertas.com

.

TIPS AGAR BISA LOLOS TES CPNS




Berikut beberapa hal dan tips yang perlu diketahui untuk persiapan hingga mengerjakan tes SKD CPNS.

1. Banyak berlatih soal
Nike menyebut pelamar CPNS bisa lebih rajin untuk mempelajari soal-soal CPNS terdahulu. Menurutnya, soal-soal CPNS biasanya memiliki pola yang sama dari tahun ke tahun.
"TIU kalau mau diperkuat, bisa coba mengerjakan soal-soal yang random. Bisa soal matematika SD, SMP, SMA dan belajar tentang sensus. Ada soal yang tentang deret angka," ujar Nike.
Baca juga: Siap Tes CPNS, Berikut Persyaratan dan Alur Pembuatan SKCK

2. Belajar dari buku dan aplikasi
Saat mempersiapkan tes SKD CPNS, Nike mengaku banyak belajar dari buku-buku SKD seperti dari terbitan Gramedia. Ia menyempatkan untuk membaca dan melatih untuk mengerjakan soal-soal SKD CPNS.
Abi punya cara tersendiri. Ia belajar melalui aplikasi soal Computer Assisted Test (CAT). Ia sebelum tidur melatih untuk menjawab soal-soal TWK.
"Sebelum tidur, saya jawabin soal-soal TWK sampai hapal jawabannya. Kalau lagi senggang, coba jawab soal TIU. Tapi aplikasi lebih banyak keluar soal daripada dari buku," ujarnya.

3. Luangkan waktu khusus
Menurut Nike, meluangkan waktu untuk mempersiapkan SKD menjadi salah satu kunci sukses. Ia menyebutkan, banyak pelamar CPNS gagal SKD karena tak niat dan tak meluangkan waktu belajar.
"Kalau kamu niat, bisa buka buku kalau luang. Perbaiki niat kalian. Kalau niat jadi ASN (Aparatur Sipil Negara), pasti kalian akan menyempatkan belajar soal-soal SKD," ujar Nike.

4. Survei tempat ujian
 Dok. Abi Rafdi Ramadhan Pegawai negeri sipil (PNS) Perpustakaan Nasional.
Saat ingin tes SKD, Abi menyarankan untuk mengetahui tempat ujian yang telah ditentukan. Orientasi medan di sekitar tempat lokasi tes SKD juga perlu diperhatikan seperti masjid tempat sholat dan rute serta transportasi menuju tempat ujian.

5. Teliti
Abi menyarankan kepada para pelamar CPNS untuk teliti dalam mengerjakan soal-soal SKD. Menurutnya, setiap soal di tes SKD banyak soal-soal yang menjebak dan memerlukan pemahaman lebih lanjut.
Soal-soal TIU biasanya menuntut kamu untuk mengerjakan soal-soal tentang logika dan kemampuan berhitung. Bila, tak teliti mengerjakan, kamu tak akan mendapatkan poin dari soal yang diuji.

6. Manajemen waktu
Saat mengerjakan soal SKD, kamu tak hanya dituntut untuk tepat dalam menjawab, melainkan kamu juga dituntut cepat. Tes SKD memiliki waktu pengerjaan yang telah ditentukan.
Nike menyarankan untuk mengerjakan soal dari yang termudah dan dikuasai. Sementara, kamu bisa melewati soal-soal yang dirasakan lebih sulit.
"Jangan wasting time di soal yang susah. Lebih baik soal-soal yang susah nanti bisa dikerjakan. Nantikan ujungnya akan di-review setelah mengerjakan," tambahnya.

7. Kerjakan dengan tenang
 Dok. Nike Dwi Pertiwi / Kemenkeu Nike Dwi Pertiwi, pegawai negeri sipil di Kementerian Keuangan.
Ketenangan dalam mengerjakan soal tes SKD CPNS sangat diperlukan. Apalagi bila kamu sangat mendambakan posisi PNS dan baru pertama kali mengikuti proses CPNS.
Jangan biarkan rasa gugup menguasai diri kamu saat tes SKD. Kalau kamu terlalu gugup, justru akan menghilangkan fokus untuk mengerjakan tes SKD.

8. Datang lebih awal
Kamu lebih baik datang lebih awal untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti terkena macet, tersasar, atau kendala di kendaraan yang kamu bawa. Datang satu jam lebih awal di lokasi tes SKD bisa kamu coba.
Bila terlambat datang ke lokasi tes SKD, waktu untuk mengerjakan soal ujian akan berkurang.

9. Minta doa orang tua
Nike punya cara tersendiri untuk sebelum memulai tes SKD. Ia meminta maaf, ridho, dan doa dari orang tuanya sebelum mengikuti tes SKD.
"Jadi benar-benar minta maaf atas kesalahan yang diperbuat selama ini. Lebih lega karena didoain. Itu pengaruh banget ke psikologis dan konsentrasi saat mengerjakan soal," tambahnya.



.