SEDEKAH BUKU

Negerikertas.com menyalurkan bantuan SEDEKAH BUKU untuk taman baca di berbagai pelosok daerah yang kekurangan buku bacaan. Kirimkan buku ke alamat: Fileski 085731803357 | Jl Koperasi A08 | Banjarejo | Kec.Taman | Kota Madiun. Bisa juga berupa uang ke rek BCA 1771531313 a/n Walidha. Madiun

ANTOLOGI KNK: DIALOG dengan BULAN


Kata Pengantar


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillahirobbil’alamin, tiada hal yang lebih bermakna selain ucap syukur atas lahirnya antologi cerpen & puisi “Dialog dengan Bulan”, merupakan buku antologi kumpulan cerita dan puisi karya pilihan yang dihimpun dari awal tahun hingga Maret 2016 karya para penulis Komunitas Negeri Kertas yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Atas ridho Allah SWT, proses penerbitan buku ini dapat berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti.
Komunitas Negeri Kertas merupakan gerakan literasi yang bersifat independen yang menjunjung tinggi kebersamaan. Gerakan ini bertujuan untuk semakin memajukan geliat litarasi, dengan memunculkan karya-karya penulis independen yang berkarya atas dasar hati nurani, bukan semata karena mengikuti selera pasar, karena sesungguhnya pasar bisa diciptakan, jika para penulis independen bersatu membuat gerakan untuk terus produktif berkarya maka akan memunculkan karya-karya baru yang punya cita rasa beda.
Negeri Kertas menghimpun karya-karya dari para penulis, baik yang sudah lama berkecimpung di dunia kepenulisan dan para penulis yang baru belajar menulis, ini bertujuan agar gerakan literasi terus berkembang seiring dengan proses interaksi antara penulis lama, penulis pemula, dan para pembaca. Seringkali para penulis pemula merasa pesimis akan karyanya, merasa karyanya jelek dan tidak layak untuk dibaca publik, padahal belum tentu, sebab kita tidak akan pernah tau respon publik sebelum karya itu diterbitkan dan dilempar ke publik. Akhirnya karya-karya itu hanya menjadi tumpukan coretan yang berjubel di dalam kamar dan berakhir tragis, jika tidak jadi bungkus kacang, terbawa arus banjir, atau dijual ke pedagang kertas kiloan.
Jangan pernah pesimis akan karyamu sebelum kamu tau respon dari para pembaca di luar sana. Seseorang yang sukses bukanlah yang tidak pernah gagal, namun ia tak pernah takut akan kegagalan, begitu gagal maka ia akan terus mencoba dan mencoba lagi, hingga sampai mencapai sukses. Seorang penulis juga akan banyak belajar dari para pembacanya, baik dari pujian dan kritikan, dari situ ia akan terus berproses mencari bentuk dan karakter tulisannya, hingga akhirnya ia menemukan pangsa pasar pembaca sendiri. Sebaliknya seorang penulis yang tidak percaya diri dan hanya menumpuk tulisannya di dalam ruang privasi, tidak akan pernah belajar dari sebuah proses.
Banyak karya yang awalnya diremehkan, dianggap kampungan atau karya picisan, namun siapa tahu ketika karya itu terbit dalam sebuah buku, ternyata bisa menyedot respon publik dan menjadi inspirasi bagi banyak orang. Untuk itulah buku ini terbit, sebuah buku kumpulan karya para penulis independen yang ditulis atas dasar kejujuran hati nurani. Bermula dari buku ini akan terjadi interaksi antara pembaca dan penulis, penulis bisa mendapatkan pujian atau kritikan, dan pembaca bisa belajar mengkritisi karya-karya independen. Para pembaca bisa memberikan kritikan untuk para penulis melalui kontak HP atau akun medsos yang tertera di setiap halaman buku ini, atau juga bisa mengirim surat ke alamat penulis yang terpampang dalam biodata. Semoga yang awalnya adalah pembaca pasif, kedepannya bisa menjadi penulis aktif.
Sebuah bangsa yang memiliki peradaban tinggi adalah bangsa yang tak pernah lengang membicarakan karya sastra. Harapannya dari gerakan komunitas Negeri Kertas, bisa semakin menyemarakkan gerakan literasi dan semakin meningkatkan produktifitas karya tulis baik secara kuantitas dan kualitas.
Teruslah bersemangat untuk berkarya. Jangan pernah pesimis akan karyamu. Tularkan energi positif kepada banyak orang melalui tulisan, agar lebih banyak lagi orang yang memahami nikmatnya hidup ini dengan membaca dan menulis.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Koordinator Negeri Kertas,
FILESKI

Share on Google Plus

About Fileski Channel