.

di negeri kertas, tidak ada koruptor. setiap orang punya ketahanan ekonomi, baik rakyat biasa dan pejabatnya, semua ikut patungan/gotongroyong membangun negeri. demokrasi berjalan natural tanpa money politic. tidak seperti negeri tetangga yang rakyatnya kelaparan hingga rela menukar suara dengan sekantong sembako. #fileski

Menyayat Dawai Puisi - February 10, 2016 by GekoOnline

20160125215310

Halooo,,,apa kabar sobat Geko dimanapun berada

Kali ini, Geko akan berbagi cerita dari kelas GekoOnline Batch ke 3

Kali ini yang bertindak sebagai Nara sumber adalah sahabat kita Fileski, siapa dia?
berikut ini biodata dia
fileski-foto



Fileski (lahir di Madiun, Jawa Timur, 21 Februari 1988) adalah penulis, penyair, dan musisi berkebangsaan Indonesia. Awalnya dikenal melalui karya-karya puisi yang dipublikasikan di berbagai media massa dan pertunjukan Nyanyian Puisi, yang merupakan perpaduan karya puisi dan komposisi musikal, kerap tampil di berbagai perhelatan sastra negara-negara Asia Tenggara.

Sebagian penghargaan yang pernah diraih meliputi:

1. Anugerah HESCOM Pencipta Lagu Puisi Terbaik dari e-Sastera Malaysia, 2015

2. Anugerah Composer Terbaik Lagu Puisi “Kerinduan” di PESTAB Brunai, 2015

3. Anugerah HESCOM Musikalisasi Puisi Terbaik dari e-Sastra Malaysia, 2014

4. Piagam Tour Konser Puisi Bulan Bahasa di Singapura, 2014

5. Rekor Musikalisasi Puisi 11 jam Non Stop di Festival Lanfang – Indonesia, 2012

Sebagian Karya-Karyanya:

Air Mata Bidadari (Album Musik Puisi, 2015)

Kitab Puisi Negeri Kertas (Buku Kumpulan Puisi, 2015)

Jejak Inspirasi Fileski (Buku Inspirasi, 2015)

Save Our Culture (Album Musik, 2014)

Rahasia Langit (Album Musik, 2013)

Attribute to Chairil Anwar (Album Musik Puisi, 2012).

fileski-foto2

Berikut ini Sesi tanya jawab yang berlangsung di kelas GekoOnline Batch 3

Geko: 1 sejak kapan narasumber mulai menggeluti dunia musikalisasi puisi dan siapa inspirasi narasumber dalam bermusikalisasi puisi??✅

Fileski suka puisi sejak kecil. tapi mulai berani nongol di depan orang dan pentas musikalisasi sejak SMA

inspirasi dalam bidang musikalisasi tidak ada. namun bidang musik terinspirasi dari karya karya musik klasik. meski sekarang aku tidak menggeluti musik klasik ๐Ÿ˜Š

bidang puisi aku banyak terinspirasi dari karya Rumi. kalau indonesia karya karya cahairil anwar



Geko: 2. Kak files,mengapa kakak memilih biola untuk teman kakak berkarir? ✅

Fileski karena kecil, imut, langka, mudah dibawa, dan suaranya merasuk di hati ☺☺☺☺

Geko: hahaha,,,jawaban yg simple dan tepat

oke,,,dilanjut ke pertanyaan berikutnya



Geko: 3. Karya2 puisi Files selama ini masuk genre apa ? ✅

Fileski aku menulis tentang apa saja yang terjadi dalam keseharian. untuk soal genre aku serahkan pada kritikus sastra saja. biar mereka yang menentukan. berharap aku menulis genre yang belum pernah ada hehehe ✅



Geko: 4. Meneruskan dari pertanyaan sebelumnya neh, kata kata dr rumi yang paling favorit? ✅

Fileski Di dalam cahaya-Mu aku belajar mencintai. Di dalam keindahan-Mu aku belajar menulis puisi. Kau senantiasa menari di dalam hatiku, meski tak seorang pun melihat-Mu, dan terkadang aku pun ikut menari bersama-Mu. Dan “ Penglihatan Agung” inilah yang menjadi inti dari seniku.



Geko: 5. apa karya pertama Mas Fileski dan siapa orang pertama yang meyakinkan Anda jika Mas Files berbakat dibidang yang saat ini digeluti?✅

Fileski musikalisasi pertama yang aku buat adalah AKU karya CHAIRIL ANWAR

tidak ada orang yang meyakinkan aku. sebab aku menjalani hidup sesuai kata hati. pujian orang lain sering kali menjerumuskan. aku hanya percaya pada kata hati. dari apa yang menjadi passionku



Geko: 6. Bagaimna sebuah puisi bisa dikatakan Bagus,baik dan bermakna indah ? Tentunya diluar unsur tata bahasa indonesia yg baik dan benar. ✅

Fileski bagiku puisi bagus adalah kalimat yang padat namun berjuta tafsir. penuh metafor dan kaya diksi yang segar, itu sebabnya puisi menjadi garda depan perkembangan bahasa



Geko: 7. Klo ttg puisi secara umum, saya mau tanya sm fileski, apa bedanya puisi2 di negara asia selain indonesia? Dr unsur intrinsiknya apa ada bedanya? Dr hal lain selain unsur intrinsik pun apa bedanya?✅

Fileski sepanjang pengalaman keliling panggung sastra di 6 negara serumpun, puisi indonesia adalah yang terdepan. puisi puisi dari negara tetangga kurang berkembang, puisi mereka masih seperti indonesia era angkatan pujangga baru 1933



Geko: Narsumnya,,,lagi meluruskan jarinya dahulu …hhehehe

Fileski xixxixixi

Fileski soal intrinsik kita lanjutkan saat tatap muka langsung. jawabannya sangat panjang

jepolku bisa ngilu

Geko: ok,,,siap kakak



Geko: 8. Kalau di Soundcloud, kan banyak banget tuh karya lagu2 mas fileski,. Nah,. Yg ngiring musik lagu2 nya mas fileski itu, (selain violin), apakah edit sendiri secara digital? Atau memang punya tim khusus?  kawan2 darimana saja yg siap membantu di balik layar? ✅

Fileski ada studio sederhana untuk proses recording, arransmen, editing, mixing, mastering, dibantu teman teman musisi lain jika aku butuh karakter instrumen yang tidak lihai aku mainkan, tapi kalau bisa ya aku recording sendiri, secara mendasar aku bisa mainkan instrumen selain violin

kawan dari macam macam kota dan negara. aku membuka peluang kerjasama dengan siapapun. ✅



Geko: 9. Apakah Mas Files butuh tempat atau suasana khusus untuk menghasilkan sebuah karya? Atau bisa di mana saja?✅

Fileski butuh tempat tempat untuk belanja inspirasi. dengan cara melakukan kembara hehehehe. tapi nulisnya perlu dalam sebuah ruangan yang tenang. mengingat kembali memory yang telah diamati



Geko: 10. Kak fil, pernah nulis puisi terus mendadak ide nyandet di tengah? Kalau udah gitu, apa yang kakak lakuin? ✅

Fileski pernah. jangan dipaksakan untuk diteruskan. simpan dulu. lain waktu dibaca lagi. biasanya akan nemu inspirasi saat membacanya kembali di lain waktu, kalau dipaksakan akan jadi karya prematur. berasa hambar. sesuatu yang dipaksa itu tidak nikmat

☺☺☺☺☺☺✅



Geko: 11. Bagaimna yahh cara memprmudah kita mentafsirkan sebuah puisi, trkadang kita suka mensalah artikan sebuah puisi bahagia,sedih ataupun romantis.  Trutama klo kita kurang Mengenal genre sang penulis puisi.✅

Fileski bagiku tidak masalah jika salah menafsirkan puisi. sebab setiap orang punya sejarah hidup yang berbeda. perspektif seseorang ditentukan oleh latar belakang kehidupannya namun beda lagi saat tafsir puisi itu dilombakan

maka tafsir yang paling mendeketi kebenaran jika kita bisa menelusuri latar belakang penulisnya, peristiwa yang menjadi sebab lahirnya karya dilihat dari tempat dan tanggal, dan segala aspek intrinsik dan ekstrinsik, semakin banyak datang kita kumpulkan maka tafsir akan mendekati kebenaran

contoh sederhana yang biasa dilakukan orang yang sedang jatuh cinta. dia akan aktif stalking medsos yang ditaksir hahhahahaa

begitu juga dengan puisi. untuk tau tafsir versi penulisnya. maka kenalilah penulisnya dari peristiwa dan waktu yang menimpanya

☺☺☺☺☺☺☺✅



Geko: sebentar,,,jari Admin,,,kram

[hehehehe

Fileski ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐ŸŽป๐Ÿ‘

Geko: ini yg nanya buanyakkk,,sampe binun nyeleksi

okeh,,siap2 dilanjut lagi



Geko: 12. Kak fileski dalam membuat puisi bagaimana caranya agar tidak terkesan mengulang2 karya yang pernah kita buat? Dari banyak puisi yang pernah kakak buat adakah puisi yang setelah dibaca jadinya “kok kayanya ini udah pernah dibuat deh” ✅

Fileski caranya kita mesti membuka cakrawala pemikiran dan hati seluas luasnya dengan cara melakukan perjalanan

“perjalanan”kehidupan yang monotone, misalnya selama satu tahun hanya di kamar saja. maka tulisan juga hanya berkutat soal kamar

jadi mohon maaf, seseorang yang alur kehidupannya biasa biasa saja, tidak akan pernah menghasilkan tulisan yang bagus. sebaliknya penulis hebat pasti mengalami dinamika kehidupan yang luar biasa. antara sengsara dan bahagia datang silih berganti



Geko: 13. Malanjutkan pertanyaan 11, berarti menurut kak fil, puisi bisa mnjadi milik siapa saja yg membaca yah?

Dlm arti Selama indah bagi mereka, maka mreka dapat mngartikan puisi seindah bayangannya. Bgtu ya kak ? ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š ✅

Fileski iya. sebab keindahan itu relatif. sesama redaktur pun punya persepsi keindahan yang berbeda. redaktur koran female punya sudut pandang yang beda dengan redaktur koran sospol,maka pandai pandailah membaca selera juri jika ingin menang dalam suatu perlombaan

tapi bagiku menang atau kalau dalam lomba itu tidak penting. yang penting terus berkarya. andaikan karta kita menang anggap aja itu bagian dari bonus hoki



Geko: ga terasa ya,,tinggal 2 menit lagi

Fileski ☺๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

lanjut kopdar saja xixiixxii



Geko: Oke manteman,,,,hasil negosiasi ketat dan keras,,,kelas tanya jawab dtambah 30 menit

Fileski ๐ŸŽป๐ŸŽป๐ŸŽป๐ŸŽป๐ŸŽป๐ŸŽป



Geko: 14. Ada target ga berapa karya yang harus dihasilkan dalam setahun? Atau dibiarkan mengalir sesuai mood aja? lalu dalam berkarya, pernahkan ada revisi dari karya sebelmnya yang pernah ditampilkan ✅

Fileski: target harus ada. untuk memcu semangat. tapi target tidak perlu dipublis. cukup dalam hati saja. sebuah karya berupa buku tentu tidak bisa sempurna. bisa revisi di cetakan kedua dan seterusnya,jangan pernah takut akan ketidaksempurnaan sebab tidak ada karya yang sempurna

justru kita akan belajar dari kesalahan, untuk meminimalisir kesalahan kita mesti belajar pada orang orang yang menggeluti bidang itu

jangan malu untuk belajar pada orang yang lebih senior. karena setiap karya punya penikmatnya sendiri. seniormu bukanlah sainganmu  ✅



Geko: 15. Boleh dong Ceritakan secara siangkat saja, bagaimana kakak menjadi perwakilan Indonesia ke luar negeri untuk pertama kalinya!✅

Fileski caranya kita dekati orang orang yang punya andil menyelenggarakan event sastra. untuk tau dan mengenal mereka lebih dekat. gunakan kesempatan untuk bertanya, sharing, dan interaksi hingga bisa mendapatkan waktu yang tepat untuk mengenalkan karyamu

buatlah karya yang berbeda. gali potensimu. cari sesuatu yang unik pada dirimu

jangan pernah bermimpi menjadi seperti ws rendra karena tidak akan pernah ada ws rendra yang kedua kali mungkin biola jadi media yang menunjukkan ciri khasku. lalu apa ciri khasmu?

jalin silatirahmi dengan penulis di berbagai negara. tawarkan kerjasama atau kolaborasi sebab tak kenal maka tak sayang

jika sudah akrab. maka pintu informasi ajang sastra internasional akan mengalir deras. dan setiap saat kamu bisa diundang di berbagai event sastra ✅

Geko: Emejing,,,mantabs bro



Geko: 16. Adakah kalimat/motto dalam hidup anda untuk memotivasi diri sendiri dalam berkarya ? ✅

Fileski

aku berkarya mengikuti kata hati, dan uang akan mengikuti  ✅

Geko: mantabs



Geko: 17. Kak fil, tadi dibilang kl menulis puisi yang bagus itu kaya akan metafor dan disksi yang segar,  Berarti tidak ada sebuah peraturan baku kah dalam tatanan bahasanya?  Misalnya mengabungkan istilah sospol dengan istilah lingkungan misalnya? ✅

Fileski puisi adalah karya yang merdeka. kaidah lisensia poetika: diijinkan untuk melakukan penyimpangan bahasa. itulah puisi ,itu sebabnya dosen bahasa tak pernah akrab dengan dosen sastra. hahhhhaaaa

bahasa dengan segala aturan aturannya

sastra dengan segala inovasinya

berasal dari puisi akan muncul kata kata baru. puisi sebagai garda depan perkembangan bahasa. ✅

kurang 5 menit. hehhehe. aku mau lanjut rekaman



Geko: 18. Oke,,ini mungkin permintaan terakhir di Kelas kali ini. Bisa ga, Files buat Voice note untuk kita2 disini, entah sebuah puisi atau lainnya buat teman2. ✅

—–

—–

—–

Geko: Maaf teman2, sepertinya Nara sumber kita dikejar deadline masuk studio

jdi mohon maaf pertanyaan terakhir akan menyusul menjawabnya

fileski-foto1

Share on Google Plus

About Fileski Channel