3-7 Misi Method: Sebuah Metode Mengajar Musik - negerikertas.com

INFO ATAS

LEMBAGA INDEPENDEN DI BIDANG PENDIDIKAN LITERASI, SENI BUDAYA, DAN SASTRA.

9 Jan 2024

3-7 Misi Method: Sebuah Metode Mengajar Musik

oleh Fileski

Musik merupakan salah satu bidang seni yang penting untuk dipelajari, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Musik dapat memberikan berbagai manfaat bagi perkembangan diri, seperti meningkatkan kreativitas, konsentrasi, dan kemampuan bersosialisasi.

Dalam proses pembelajaran musik, diperlukan suatu metode yang tepat agar siswa dapat memperoleh hasil yang optimal. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Misi (3-7) Method. Metode ini didasarkan pada tiga aspek penting dalam pembelajaran musik, yaitu literasi, notasi, dan kompetensi.

1. Literasi

Literasi musik merupakan kemampuan untuk memahami dan mengapresiasi musik. Kemampuan ini dapat dilatih melalui berbagai kegiatan, seperti membaca literatur musik, mendengarkan musik, dan berdiskusi tentang musik.

Dalam Misi (3-7) Method, literasi musik ditekankan pada penguasaan literatur musik, kecintaan membaca, dan kemampuan menulis ilmiah dan fiksi dalam hal musik.

  • Penguasaan literatur musik

Siswa perlu didorong untuk membaca berbagai literatur musik, seperti buku, artikel, dan jurnal. Melalui kegiatan membaca ini, siswa akan memperoleh pengetahuan tentang berbagai aspek musik, seperti sejarah musik, teori musik, dan kritik musik.

  • Kecintaan membaca

Untuk mendorong kecintaan membaca, guru dapat memberikan berbagai motivasi, seperti memberikan penghargaan kepada siswa yang rajin membaca, mengadakan kegiatan membaca bersama, dan menyediakan berbagai buku musik yang menarik.

  • Kemampuan menulis ilmiah dan fiksi dalam hal musik

Kemampuan menulis ilmiah dan fiksi dalam hal musik dapat dilatih melalui berbagai kegiatan, seperti menulis laporan musik, menulis biografi musisi, dan menulis cerita tentang musik. Melalui kegiatan menulis ini, siswa akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

2. Notasi

Notasi merupakan suatu sistem untuk mencatat musik. Kemampuan membaca dan menulis notasi merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh setiap siswa yang belajar musik.

Dalam Misi (3-7) Method, notasi ditekankan pada kemampuan membaca dan menulis notasi, khususnya not balok.

  • Kemampuan membaca notasi

Kemampuan membaca notasi dapat dilatih melalui berbagai kegiatan, seperti membaca notasi dari buku, mendengarkan musik sambil membaca notasi, dan berlatih membaca notasi bersama teman.

  • Kemampuan menulis notasi

Kemampuan menulis notasi dapat dilatih melalui berbagai kegiatan, seperti menulis notasi dari hasil pendengaran, menulis notasi dari hasil improvisasi, dan menulis notasi dari hasil komposisi.

3. Kompetensi

Kompetensi musik merupakan kemampuan untuk memainkan musik dan menciptakan musik. Kemampuan ini dapat dilatih melalui berbagai kegiatan, seperti bermain musik, berlatih teknik musik, dan berlatih interpretasi musik.

Dalam Misi (3-7) Method, kompetensi musik ditekankan pada kemampuan membawakan sebuah komposisi lagu dengan memainkan instrumen, menciptakan komposisi lagu, dan matang secara teknik dan interpretasi terhadap lagu yang dibawakan.

  • Kemampuan membawakan sebuah komposisi lagu dengan memainkan instrumen

Kemampuan ini dapat dilatih melalui berbagai kegiatan, seperti bermain musik bersama teman, mengikuti pertunjukan musik, dan berlatih memainkan lagu-lagu dari berbagai genre.

  • Kemampuan menciptakan komposisi lagu

Kemampuan ini dapat dilatih melalui berbagai kegiatan, seperti berlatih improvisasi, mengikuti workshop komposisi musik, dan mendengarkan musik dari berbagai genre.

  • Kemampuan matang secara teknik dan interpretasi terhadap lagu yang dibawakan

Kemampuan ini dapat dilatih melalui berbagai kegiatan, seperti berlatih teknik musik secara rutin, berlatih mendengarkan musik dengan cermat, dan berdiskusi tentang interpretasi musik.

Penerapan Misi (3-7) Method

Misi (3-7) Method dapat diterapkan dalam pembelajaran musik di sekolah, baik di tingkat dasar, menengah, maupun atas. Metode ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.

Berikut adalah beberapa contoh penerapan Misi (3-7) Method dalam pembelajaran musik di sekolah:

  • Di tingkat dasar

Pada tingkat dasar, siswa dapat dilatih untuk membaca notasi balok sederhana, mengenal berbagai alat musik, dan bermain musik sederhana.

  • Di tingkat menengah

Pada tingkat menengah, siswa dapat dilatih untuk membaca notasi balok kompleks, mengenal berbagai teori musik, dan bermain musik dengan lebih kompleks.

  • Di tingkat atas

Pada tingkat atas, siswa dapat dilatih untuk membaca notasi balok lanjutan, menciptakan komposisi musik, dan bermain musik dengan tingkat profesional.

bersambung...



INFO BAWAH

NB: Untuk saat ini, Negeri Kertas belum bisa memberikan honor untuk karya (Puisi/Cerpen) yang tayang.