Menambah Pengetahuan dengan Internetan|Dwina Fauziah Zulyan.| Siswi SMPN 2 Bukittinggi - negerikertas.com

INFO ATAS

LEMBAGA INDEPENDEN DI BIDANG PENDIDIKAN LITERASI, SENI BUDAYA, DAN SASTRA.

23 Nov 2023

Menambah Pengetahuan dengan Internetan|Dwina Fauziah Zulyan.| Siswi SMPN 2 Bukittinggi


Internet ialah hal yang sangat diperlukan di era digital sekarang ini. Bukan hanya anak-anak bahkan orang dewasasendiri sangat membutuhkan hal yang namanya internet. Setiap tahun, setiap bulan, bahkan setiap hari, banyak orang yang menggunakan internet. Entah untuk belajar, mendengarkan musik, bermain game, atau sekedar mengisi waktu luang.

Data pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah terhubungkan dengan internet diseluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini akan terus bertambah setiap harinya. Saat ini jumlah situs web mencapai milyaran, bahkan mungkin triliunan. Isinya memuat bermacam-macam topik. Situs-situs itu menjadi sumber informasi baik positif maupun negatif.

Internet saat ini sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari, terutama di dunia remaja. Internet sudah sangat membantu dalam menyelesaikan banyak pekerjaan. Tapi penelitian mengenai internet bagi remaja penting untuk dilakukan. Karena usia remaja merupakan saat labil-labilnya, sehingga masih sering terseret arus.

Apapun itu, pasti ada manfaat, kelebihan, dan kekurangan. Manfaatnya seperti meningkatkan pengetahuan, menambah wawasan, penghibur diri, pelepas rindu dengan orang yang dirindukan, mengisi waktu luang, dan sebagainya. Kelebihannya pun juga ada. Akses informasi yang mudah dan cepat, memperluas jaringan sosial, mempermudah transaksi keuangan, mempermudah kegiatan pen7didikan dan juga bisa sebagai media hiburan.

Terlepas dari itu,juga ada kekurangannya. Cyber crime atau biasa disebut kejahatan siber, spam, ketagihan belanja dan alienasi sosial. Bukan hanya itu,  karena terlalu mudahnya mengakses internet, banyak remaja yang membuka internet bukan untuk belajar. Tetapi malah membuka hal yang tidak-tidak. 

Banyak orang tua yang mengeluh dan khawatir akan hal satu ini. Teknologi yang semakin berkembang mulai dari awal kehidupan sampai sekarang ini semakin tak bisa terpisahkan dari kehidupan umat manusia. Penggunaan internet sebagai media pendukung dalam melakukan berbagai aktivitas semoga dapat dimanfaatkan kearah yang positif. 

Semoga dengan tersusunnya karya ilmiah ini dapat memacu para pembaca untuk menghindari hal-hal yang kurang baik dari terciptanya internet itu sendiri. Dan dapat memanfaatkan internet dengan pengetahuan yang telah didapatkan dari karya ilmiah ke arah yang lebih baik lagi.


Profil Penulis:

Dwina Fauziah Zulyan. Sering dipanggil Dwina atau Nana. Lahir di Bukittinggi,22

April 2010 ini sekarang bersekolah di SMPN 2 BUKITTINGGI. Lebih tepatnya di

kelas 8.10. Gadis penyuka lagu-lagu dari JKT48 satu ini cukup mudah mencari ide

untuk tugas artikel ilmiah populer diatas. Dan akhir-akhir ini,guru bahasa Indonesia

yang mengajar di kelas 8.10 SMPN 2 BUKITTINGGI yang bernama Bu Dilla S.Pd

memberikan tugas kepada anak didiknya untuk membuat sebuah artikel ilmiah

populer. Karena langsung muncul ide, Dwina pun membuat sebuah artikel ilmiah

populer yang berjudul "Meningkatkan Pengetahuan dengan Internetan".

INFO BAWAH

NB: Untuk saat ini, Negeri Kertas belum bisa memberikan honor untuk karya (Puisi/Cerpen) yang tayang.