*PENTINGNYA TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN - negerikertas.com

INFO ATAS

LEMBAGA INDEPENDEN DI BIDANG PENDIDIKAN LITERASI, SENI BUDAYA, DAN SASTRA.

10 Sep 2023

*PENTINGNYA TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN

 



Oleh Ahmad Rizal 


Teknologi pendidikan adalah kajian dan praktik untuk membantu proses belajar mengajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. Sehingga dengan adanya teknologi ini dapat memberikan perkembangan yang cukup berpengaruh terhadap perkembangan pendidikan, sehingga akan melahirkan hal baru dalam dunia pendidikan, dan hal tersebut akan menciptakan dunia pendidikan yang berkemajuan .

 Tidak dapat disangkal lagi bahwa perkembangan TTI telah mempengaruhi seluruh pola kehidupan masyarakat bahkan budaya kita termasuk di bidang pendidikan, sumbangsih pendidikan untuk mewujudkan masyarakat yang maju dan melek teknologi sangat penting sekali, karena seperti yang kita ketahui bahwa saat ini teknologi sudah menjadi kebutuhan yang sangat diprioritaskan oleh masyarakat kita lebih-lebih di setiap lembaga pendidikan yang memang membutuhkan akses-mengakses dan mengetahui informasi-informasi dari luar atau bahkan kegunaan kegunaan yang lainnya, sehingga keberadaan teknologi informasi dan komunikasi sangat penting dalam kehidupan dan memang harus benar-benar memahaminya dengan baik, namun sementara itu kebijakan dan program pendidikan belum mampu dilepaskan dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. TIK tidak lagi menjadi bahan asing dalam dunia pendidikan tetapi sudah menjadi penting dan sangat mendukung dalam dunia pendidikan. Ketikan pendidikan berbasis TIK maka perkembangannya akan begitu cepat. Dan sangat sayang sekali ketika lembaga pendidikan itu tida memberikan wadah dalam dunia teknologi.

 Dihalaman 65 disana sedikit dibahas dalam penerapan teknologi pendidikan yang memang memberikan kesadaran kepada kita dalam menggunakan alat teknologi pendidikan, karena teknologi pendidikan merupakan disiplin ilmu terapan, artinya ia berkembang karena adanya kebutuhan di lapangan, dengan kata lain adalah kebutuhan belajar, sehingga sangat mudah untuk memberikan pemahaman yang begitupun gampang, penerapan teknologi pendidikan dalam pembelajaran dimaksudkan agar belajar lebih efektif, efisien, lebih banyak, lebih luas, lebih cepat dan lebih bermakna bagi kehidupan orang yang belajar.

 Dari hal tersebut mestinya membutuhkan beberapa tahapan, agar orientasi pengaplikasian teknologi itu mudah, dalam buku dinamika teknologi pendidikan pada halam 66 bahwa tahapan-tahapan pengaplikasian teknologi pendidikan ialah agar kegiatan evaluasi harus berorientasi pada tujuan yang akan dicapai dalam menggunakan alat atau prosodur yang tetap seperti penilaian hasil belajar melalui protofolio. Dengan ditawarkannya dalam pengapliasian teknologi pendidikan dapat memudahkan tenaga pendidikan untuk bisa dijadikan dasar sebagai pendorong dan dapat pula dikembangkan, Sehingga lebih sesuai dengan harapan. Dalam hal ini sudah memberikan kemudahan dan keringanan kepada kita untuk mengaplikasi hal tersebut agar tujuan dan orientasi pembelajaran itu lebih maju lagi dan mudah dimengerti, sehingga para pelajar itu tidak lagi kebingungan kesana kesini karena orientasi evaluasi itu sudah memberikan kemudahan yang sangat kepada kita, dan perlu juga ada yang namanya konsepsi atau rancangan karena ketika dikaitkan dengan pembelajaran maka dapat didefinisikan pengaturan program yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga setiap peserta didik dapat memilih bahan dan kemajuan belajar.



*Republik Raas saat ini tercatat sebagai Mahasiswa Pascasarjana Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang. (UIN-MALANG)


HP : 085925351807

EMAIL: santrishopies@gmail.com


INFO BAWAH

NB: Untuk saat ini, Negeri Kertas belum bisa memberikan honor untuk karya (Puisi/Cerpen) yang tayang.