005

header ads

KUMPULAN PEMIKIRAN DAN INSPIRASI 1 Oleh : Kang Thohir

 KUMPULAN PEMIKIRAN DAN INSPIRASI 1

Oleh : Kang Thohir




Ketika otak manusia tak berfungsi lagi untuk berfikir, maka jalan alternatifnya adalah memakai alat bantu bernama Al. Semua pemikiran sangat luar biasa, meski kadang tak sesuai ekspektasi kita, namun manusia awam pun akan membenarkannya, karena otak tak lagi berfungsi lagi untuk berfikir, mana yang baik dan mana yang buruk. Kita pun akan diperbudak olehnya, dan kita akan sulit untuk menemukan jawabannya. Racun kita adalah rasa malas, dan inginnya cara yang instan tanpa menggali terlebih dahulu dan berusaha.


- Kang Thohir



Kadang karya tidak dipamerkan mana ada yang mengenalinya atau melihatnya, seperti kita membuat lukisan tujuan kita melukis supaya ingin dilihat dan dilirik oleh orang lain, siapa tahu ada yang minat karya kita, dan diberi pagelaran acara pamer lukisan. Begitu juga karya sastra harus dipamerkan atau dipublikasikan. Supaya apa? Supaya ada yang membacanya, dan bermanfaat bagi orang lain.


- Kang Thohir 




"Berkaryalah di mana engkau berada."


Artinya berkarya tak kenal tempat dan tak kenal lelah. Jangan sampai hidup kita terbuang sia-sia, karena hidup hanya sementara. Lakukanlah hidup dengan memenuhi perintah Tuhan dan bermanfaat bagi orang lain. Berkarya salah satunya, cara untuk bisa bermanfaat bagi orang lain agar tulisan kita bisa dibaca semua orang, seperti menulis di Facebook lalu kita posting karya kita dan kita share semua teman atau grup agar karya kita bisa dibaca semua orang. Kelak tulisan kita bisa menjadi ladang amal kita kelak  di akhirat nanti, jika tulisan kita bersifat mengajak kebaikan dan dakwah untuk meningkatkan takwa kita kepada Allah SWT.


- Kang Thohir



Menulis juga mengolah batin dan kepuasan batin itu sendiri. Penulis sejati tak kenal lelah dalam menulis sebelum ia menemukan kepuasan batinnya. Menulis bukan hanya menggunakan pikiran saja, tapi juga perasaan dan juga waktu yang lama. 


- Kang Thohir



Seseorang yang berintelektual tinggi, itu kebanyakan suka membaca buku, karena dengan membaca buku akan menambah daya pikiran yang cerdas dan wawasan yang luas. Karena membaca buku adalah sumbernya ilmu dan informasi.


- Kang Thohir -



Kadang menulis buku itu sulit atau mengarangnya, karena bukan soal senang dan pameran. Akan tetapi, masalah isi dan pemikirannya yang harus dipikirkan matang-matang dengan keahliannya bukan sekedar menulis saja, tapi harus dipertanggung jawabkan segala apa yang ditulisnya. Jadi, jangan dianggap mudah dan dianggap remeh temeh menjadi seorang penulis itu, karena sangat sulit sekali.


- Kang Thohir



Seniman itu kata dari orang yang mempunyai kreatif dan inovatif juga ide yang luar biasa, sehingga menghasilkan suatu karya yang indah nan juga berlian. Itu bisa dikatakan seniman, bahwa seniman perkerja atau pelaku yang membuat seni itu sendiri.


- Kang Thohir



Kadang menjadi seorang seniman itu susah, tapi kadang mudah jikalau tak ada hambatan tentang mereka yang merisaukan diriku yang gundah. Aku pun mengerti tentang diriku, laksana debu tersapu angin lalu terbang tak ada gunanya hanya untuk menyapa benda permata seperti mereka.


- Kang Thohir



Kadang saya juga sering diremehkan jadi seorang penulis, tapi itu bisa jadi motivasi bagi saya, karena menjadi penulis itu juga butuh proses yang panjang agar mencapai suatu tujuan. Akan tetapi, harus kuat mental juga ketika dikritik dan dihina, karena menjadi seorang penulis yang sukses adalah tahan kritikan dan kesabaran. Menjadi penulis itu enggak mudah, tapi tetap saja harus dijalani dengan lapang dada.


- Kang Thohir



Awalnya aku mau berhenti berkarya, tapi demi menghidupkan dunia literasi aku tetap berjuang dan terus berjuang. Akan tetapi, hinaan dan cacian sempat membuatku kehilangan semangatku, karena aku bukan dari golongan anak seorang ulama atau kyai, karena aku hanyalah anak seorang petani.


- Kang Thohir



Sebenarnya aku kadang susah untuk berbicara di depan umum atau berkata pakai lisan. Mungkin karena aku tak pandai berbicara di depan umum, makanya aku suka menulis lewat aksara yang aku tuangkan kedalam puisi, sajak, novel, cerpen, dll. Sebenarnya aku ingin berhenti, tapi si otak suka berontak ingin dikeluarkan ide-ide yang tiba-tiba datang. Kadang kali aku berfikir bahwa menulis itu hanya buang-buang waktu saja enggak ada gunanya. Aku pun bingung harus bagaimana kedepannya. Sampai akhirnya aku bisa menemukannya dan bisa terus berkarya.


- Kang Thohir



Demen ora demen iku hakke menungso, lamon ora ngerti sakjerone roso iku ora bakal anteng naliko urip iku kudu cekelano agomo lan toto. Namung, saiki ora podo nganggo toto, saiki nganggone ngerokso awake pinter dewek kabeh, mergone ilang toto lan agomo.

Mugane saiki kudu akehi ngopeni ati, eben dadi wong kang sejati, marang Gusti kang pinuji.


- Kang Thohir -





KUMPULAN PEMIKIRAN DAN INSPIRASI 2

Oleh : Kang Thohir




Kadang cinta itu butuh penampilan, seumpama perhiasan mutiara yang ia tampilkan untuk bisa memberi keindahan. Namun jika tak ada semua yang ia tampilkan sebagai tampilan yang keren, maka kekasihmu sangat malu untuk bisa bersanding bersamanya, meski wajah tampan sekalian tak membuatnya ia senang malah mendapat hinaan. Begitulah kehidupan banyak cobaan dan tuntutan.


- Kang Thohir



Jika tak bisa menjadi orang baik dan terlihat baik, cukup diam saja itu lebih baik daripada membicarakan kejelekan orang lain. Manusia itu tidak ada yang sempurna, jika ingin sempurna pun masih ada kekurangannya, maka jangan menjadi insan sempurna di mata orang, tapi cukup berakhlak mulia dan rendah hati, itu lebih indah di mata manusia dan Tuhannya. Karena pada dasarnya Rasullullah diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.


- Kang Thohir


Kebanyakan sastrawan sekarang miskin ekonomi. Sangat memprihatinkan. Pemerintah pun tak ada yang menengok sedikit untuk membantu para seniman-seniman di Brebes.


- Kang Thohir


Sastrawan sudah lama menderita, dan terlalu menderita, karena ia butuh uang untuk makan anak dan istri. Dan sekarang puisi dibilang lebay alias enggak dilirik dan enggak menarik, karena enggak buat kenyang, dan juga rezeki pun enggak pasti, yang entah kemana.


- Kang Thohir



Brebes minim sastra dan pemerintah pun sibuk ngurusin masalah pribadi, ketimbang prestasi anak Brebes itu sendiri.


- Kang Thohir



Aku paling enggak suka diremehkan, makanya aku paling gigih ketika sudah diremehkan lalu aku buktikan dan tunjukkan atas segala kesombongan yang engkau berikan supaya terbungkamkan. Jangan dilihat diam saja, dan dianggap lemah, tapi kalau sudah marah ia akan muncul sifat aslinya dan ia akan bakal keluarkan semua kemampuannya. Makanya jangan meremehkan orang yang kelihatannya pendiam. Diam-diam dia itu sedang mencari kelemahanmu saja.


- Kang Thohir



Orang yang kamu benci, suatu saat menjadi orang yang paling kamu rindukan.


- Kang Thohir



Saling menghargai tumbuhnya cinta seperti tanaman berbeda dalam benih, tapi tak mengusik lainnya ia tetap tumbuh dalam satu tanah, karena ia satu tujuan 'tuk bersama. Begitu juga dengan kita yang hidup dalam satu negara, yang masyarakatnya berbeda suku dan budaya tapi tetap jua. Kita dalam satu tanah air Indonesia yang harus kita cintai, karena kita adalah satu keluarga yang harus kita jaga kesatuan republik Indonesia.


- Kang Thohir






KUMPULAN PEMIKIRAN DAN INSPIRASI 3

Oleh : Kang Thohir



Menghadapi sesuatu dengan penuh kelembutan

Sebagaimana air embun menyejukkan

Di atas daun-daun

Tapi ketika sudah panas ia akan hilang

Karena terpapar sinar matahari di siang hari

Maka paling baik adalah dengan kebijakan dan kerendahan

Untuk menyelesaikan persoalan dan juga permasalahan

Maka dengan itu semua masalah dapat teratasi dengan damai tanpa ada pertengkaran


Buanglah ego dan emosi

Karena itu dapat merusak suasana

Sebagaimana api memakan kayu bakar


- Kang Thohir



Berikan kesederhanaan pada orang lain

Niscaya kesederhanaan itu pun nampak lebih indah dan lebih dekat dengannya

Tidak menampakan kesombongan juga kebanggaan

Biarkan saja hidup dalam kesederhanaan

Karena kaya bukanlah jaminan untuk menggapai kebahagiaan

Tapi melainkan ketenangan dan kesejukan meski hidup dalam kesederhanaan

Itu lebih berkesan 

Dalam hikmat pada kehidupan

Bermakna dan penuh keharmonisan

Hidup rukun damai serta kebebasan


- Kang Thohir


Sebenarnya aku menulis puisi itu hanya untuk berdakwah melalui puisi, biar puisiku bisa bermanfaat untuk orang lain, dan juga sebagai amal jariyahku kelak di akhirat nanti. Puisiku kebanyakan bernuansa nasehat dan cinta, agar orang-orang tidak bosan membacanya karya-karyaku. Aku menulis puisi itu tergantung keadaan lingkungan saja, maka aku tulis semua yang ada di pikiranku tergantung moodku.


- Kang Thohir


Di kamarku inilah aku bisa berkarya, dan membaca buku setiap menjelang malam dan melakukan ibadah lainnya. Kamar ini penuh inspirasi dan motivasi untuk bisa berkarya dalam waktu yang lama, karena di kamarku ini banyak kenangannya, dan juga nyaman untuk berdiam diri untuk menulis puisi, cerpen, novel, menulis lagu, dll. Selain itu banyak mengandung daya tarik yang kuat di kamarku ini, bahkan ada yang bilang kamarku ini penuh mistis dan ada gerbang pintu menuju alam ghoib di dalamnya. Ah, itu mah kata orang-orang bagi aku mah biasa-biasa saja, nyatanya aku tiduran di sini baik-baik saja enggak ada apa-apa, ya walau kadang sering mendengar suara-suara aneh sih, dan mimpi yang tak masuk akal. Bagiku itu wajar-wajar saja, setiap rumah pasti ada sosok penunggunya dari alam lain. Hehehe kok jadi ceritanya nyampai sini-sini yah, ngawur aja deh. Hehehe


- Kang Thohir



Sudah ratusan nulis buku ilmiah, sejarah dan sastra, tapi masih bodoh saja. Padahal bukunya banyak yang jadi rujukan bagi para pelajar dan dibaca sampai mancanegara. Akan tetapi, tak membuatku puas dan tak ingin dikenal di daerahnya sendiri, aku ingin bukuku/karya-karyaku bisa bermanfaat bagi orang lain, itu harapanku selama aku menulis.


- Kang Thohir




Kenapa kita malu pada karya kita, biar jelek pun karya kita, karena hasil usaha dan jerih payah kita. Jangan dengarkan omongan orang lain, karena mereka mungkin syirik sama kita. Tetap terus berjuang dan berkarya. Semangat!


- Kang Thohir




Suaraku jelek menjadikan aku tak pede membacakan puisi dan cerpen. Apakah aku pantas dibilang penyair? 

Dan apakah aku pantas dibilang seniman jika karyaku jelek? Aku emang bukan terlahir dari seorang seniman atau penyair, maka dari itu izinkan aku untuk berhenti dari dunia kepenyairan atau literasi/sastra. Biarkan saja aku hidup sendiri tanpa publikasi tentang diriku, karena aku orangnya pemalu dan memalukan.


- Kang Thohir



Semenjak karya-karyaku dibumbui ilmu filsafat, yang baca banyak kebingungan dan sulit dipahami bahkan ada yang salah memahami. Padahal itu cuman filsafat dasar, dan sedikit saja filsafatnya, tapi ada yang anu. Huhaha


- Kang Thohir



Kadang menulis puisi kadang juga melukis dan kadang menyanyi.

Tapi, sering kali dikatain orang gila dan tidak mengerti. Begitulah diriku yang tidak berpendidikan dan juga tidak sekolah tinggi. Namunku tetap bersabar diri.


- Kang Thohir





KUMPULAN PEMIKIRAN DAN INSPIRASI 4

Oleh : Kang Thohir



Nampak bodoh ketika orang-orang meremehkannya, tapi ketika melihat sesungguhnya ia nampak cerdas dalam bertindak dan bersikap. Justru orang yang suka meremehkan dan merendahkan adalah orang yang gampang berburuk sangka, dan tidak berpikir panjang, karena menurutnya itu yang ia pikirkan hanya prasangka dan hasud.


- Kang Thohir



Bekal santri ketika di masyarakat ada dua yaitu akhlak dan ilmu yang bermanfaat. Santri adalah sebagai panutan di masyarakat, maka santri harus berakhak yang mulia, dan sedangkan ilmu untuk mengajarkan atau menyebarluaskan ilmu agama kepada masyarakat.


- Kang Thohir



Banyak fanatik pada agama sehingga ia buta nuraninya, dan terjerumus pada dosa, ia gampang menuduh orang lain sesat ini dan itu, tapi ia lupa bahwa ia terbawa arusnya oleh dirinya sendiri.


- Kang Thohir


Masyarakat sekitar sudah tidak percaya dengan hal yang ragu, karena sebab itu mereka tidak percaya denganmu. Kejujuran di masyarakat sangatlah penting, karena itu mereka akan segan dan menghormatimu layaknya orang jujur, apalagi terapkan akhlak yang mulia ramah tamah kepada masyarakat, masyarakat pun akan lebih menghormatimu sebagai orang yang berakhlak dan sholeh maupun sholehah. Jadikan itu sebagai bekal di masyarakatmu, karena masyarakat tidak suka orang yang sok pintar tapi akhlaknya buruk, ya walaupun ilmunya tinggi, tapi sifat dan perilakunya tidak sesuai ilmunya untuk apa, karena akhlak itu di atasnya ilmu. Maka gunakanlah akhlakmu dan ilmumu hingga menyatu dengan sendirinya juga lebih baik dan lebih indah.


- Kang Thohir


Ustadz Mizan seorang qory yang tawadhu dan juga tipe sahabat yang setia dari Cilacap Jawa Tengah. Suka duka kita lewati bersama di pondok pesantren sampai di tazir pun kita bersama menjalaninya. Teringat masa-masa itu, yang nakal dan dicap badung di pesantren.


- Kang Thohir




Sastra Indonesia sudah mulai sepi peminatnya, dan juga pemuda literasi semakin jarang aku temui di pelosok desa. Mungkin setelah aku berhenti dari dunia literasi atau sastra, karena sibuk duniawi mungkin. Apakah ada yang meneruskan di desa Kupu setelah aku? Sedih abdi mah ieu.


- Kang Thohir



Salah pergaulan mungkin karena lingkungan dan salah milih teman, karena di era modernisasi dan juga maraknya terknologi yang sangat digampang kita akses dan temui berbagai media dan aplikasi untuk menambah teman di dumay, itu bisa berpengaruh bagi kita, karena kita ingin ngetrand mengikuti zaman yang semakin modern dan canggih. Banyak anak-anak disibukkan main genjet daripada mainan tradisional waktu kita kecil dulu, yang penuh bahagia walau mainan sederhana. Apalagi kalau tidak diawasin oleh orang tua bisa-bisa salah milih situs, dan gampang lihat hal-hal yang vulgar, yang seharusnya tidak ditonton oleh anak-anak.


- Kang Thohir



Aku salut anak santri sekarang pintar-pintar jadi imam sholat tarawih dan jadi Bilal tarawih, dan juga tadarusannya pun bagus-bagus dan lancar. Akan tetapi, aku hanya ingin mengingatkan saja, bahwa semua itu adalah pencapaian yang engkau harus syukuri, jangan nyombongkan diri dan berbangga diri ketika di atas dan merendahkan di bawahnya.


- Kang Thohir



Orang yang wajahnya sedang berjerawatan itu tandanya sedang rindu sama seseorang dan lagi kasmaran sama seseorang, atau juga karena faktor usia yang sedang mau beranjak dewasa.


- Kang Thohir


Sedangkan jerawat itu adalah gumpalan darah kotor yang tersumbat di bagian kulit. Dan ketika diplototin akan terasa sakit dan berdarah, apalagi jerawatnya semakin matang kemerah-merahan dan membesar.


- Kang Thohir


Zaman semakin maju

Malah ekonomi semakin buntu

Diserap oleh alat teknologi

Sehingga tenaga manusia tak digunakan lagi

Bahkan masih banyak pengangguran yang butuh perkerjaan

Sekarang banyak alat-alat canggih yang menyaingi manusia

Sehingga manusia tersingkirkan

Di mana letak keadilan, wahai Tuan?


- Kang Thohir


Menjadi seorang penyair itu enggak gampang lho, dan banyak tahapan dan juga perjuangan, karena jadi seorang penyair itu suatu pekerjaan seni bahasa dan sastra, jadi banyak tantangan, kritikan, saingan, dan juga tahan banting.


- Kang Thohir


Kadang aku berkarya untuk menyemangati diriku sendiri, karena dengan berkarya aku bisa bangkit dan mencari keberkahan Illahi. Berkarya agar supaya bermanfaat bagi orang lain yang membacanya, aku tidak peduli berapa uangnya atau bayarannya bahkan aku tak dibayar atau gak dapat uang pun aku tetap berkarya guna bisa bermanfaat untuk orang lain dan berbagi. Semoga dengan adanya tulisan-tulisanku ini bisa menjadi ladang amal jariyahku kelak di akhirat nanti. Aamiin.


- Kang Thohir




Bionarasi Penulis :

Muhammad Thohir/Tahir (Mas Tair) yang dikenal dengan nama pena Kang Thohir, kelahiran Brebes, Jawa Tengah. Dari dusun/desa Kupu, kecamatan Wanasari. Dari anak seorang petani dan tinggal dari kehidupan sehari-hari bertani, berkebun, menanam bawang merah, padi, kacang, pare, cabai dan sayur-sayuran di ladang sawahnya.


Kini, aku sedang menggeluti dunia tulis menulis atau literasi, khususnya sastra Indonesia. Suka menulis sejak duduk di bangku kelas empat SD dan sampai masuk ke Pondok Pesantren. Aku masih tetap aktif menulis dan semakin semangat 'tuk menulis baik puisi maupun cerpen dan lain sebagainya yang aku tulis. Selain menulis aku juga suka membaca buku agar bisa bermanfaat untuk menambah wawasan (pengetahuan).


Quotes :


"Tawadhu itu penting, karena menjauhi rasa sombong dan iri hati."


                 - Kang Thohir -


"Membaca bisa menumbuhkan menjadi orang yang jenius dalam berfikir dan kreatif."


                  - Kang Thohir -


Posting Komentar

0 Komentar