SARASEHAN KARYA #4 MUSIK INDIE | MADIUN CREATIVE NETWORK | GOOD FATHER ART SPACE - negerikertas.com

INFO ATAS

LEMBAGA INDEPENDEN DI BIDANG PENDIDIKAN LITERASI, SENI BUDAYA, DAN SASTRA.

30 Mar 2023

SARASEHAN KARYA #4 MUSIK INDIE | MADIUN CREATIVE NETWORK | GOOD FATHER ART SPACE

 



DAFTAR GRATIS: REGISTRASI


MUSIK INDIE (INDEPENDENT MUSIC)
oleh Fileski

Musik indie atau independent music merupakan genre musik yang diproduksi secara independen, tanpa adanya dukungan dari label musik besar atau perusahaan rekaman. Musik indie memiliki ciri khas yang unik dan berbeda dari genre musik lainnya. Genre ini telah menjadi semakin populer dan banyak diminati oleh para penggemar musik di seluruh dunia. Dalam acara Sarasehan Karya #4 dengan tema Musik Indie yang diadakan oleh Madiun Creative Network di Good Father Art Space, Kota Madiun, kita akan membahas lebih lanjut tentang musik indie dan pengaruhnya terhadap industri musik.

Pengertian Musik Indie

Musik indie merupakan genre musik yang diproduksi secara mandiri oleh musisi atau band tanpa adanya dukungan dari label musik besar atau perusahaan rekaman. Musik indie tidak terikat pada aturan dan standar industri musik yang ada. Artinya, musisi dan band yang memproduksi musik indie memiliki kebebasan untuk bereksperimen dengan suara dan genre musik yang mereka mainkan. Banyak musisi dan band indie yang memilih untuk memproduksi musik mereka sendiri tanpa dukungan dari label musik besar atau perusahaan rekaman karena alasan kebebasan kreatif dan kontrol atas karya mereka sendiri.

Sejarah Musik Indie

Musik indie berasal dari gerakan punk rock pada tahun 1970-an. Gerakan punk rock pada saat itu merupakan protes terhadap kekuasaan label musik besar yang mengontrol industri musik. Musisi punk rock pada saat itu merasa bahwa label musik besar hanya mengutamakan keuntungan dan tidak memperhatikan kualitas musik. Sebagai alternatif, banyak musisi punk rock memutuskan untuk memproduksi musik mereka sendiri dan mendistribusikannya melalui jalur independen.

Pada tahun 1980-an, gerakan indie rock mulai muncul di Amerika Serikat dan Inggris. Gerakan indie rock pada saat itu lebih fokus pada produksi musik yang tidak terikat pada aturan dan standar industri musik yang ada. Musik indie pada saat itu lebih dikenal dengan istilah college rock karena banyak diputar di stasiun radio kampus.

Pada tahun 1990-an, musik indie semakin populer di seluruh dunia. Banyak band indie seperti Nirvana, Pearl Jam, dan Radiohead mendapatkan popularitas dan kesuksesan komersial. Kesuksesan mereka membuktikan bahwa musik indie bisa menjadi alternatif bagi musik yang dihasilkan oleh label musik besar.

Karakteristik Musik Indie

Musik indie memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari genre musik lainnya. Salah satu karakteristik utama dari musik indie adalah kebebasan kreatif. Musisi dan band indie memiliki kontrol penuh atas karya mereka sendiri dan bisa bereksperimen dengan suara dan genre musik yang mereka mainkan.

Selain itu, musik indie juga lebih terbuka terhadap pengaruh dari genre musik lainnya. Banyak band indie yang mencampurkan beberapa genre musik seperti rock, pop, dan elektronik untuk menciptakan suara yang unik.

Dalam industri musik, musik indie juga dikenal dengan istilah DIY atau Do It Yourself. Artinya, musisi dan band indie memproduksi dan mendistribusikan musik mereka sendiri tanpa dukungan dari label musik besar atau perusahaan rekaman. Mereka melakukan segala hal sendiri, mulai dari merekam, menghasilkan album, membuat merchandise hingga melakukan promosi sendiri.

Musik indie juga lebih terbuka terhadap kolaborasi. Banyak musisi dan band indie yang bekerja sama dengan musisi dan band lain untuk menghasilkan musik yang lebih kreatif dan unik. Kolaborasi ini juga membantu meningkatkan popularitas musisi dan band indie di kalangan penggemar musik.

Pengaruh Musik Indie

Musik indie memiliki pengaruh yang besar terhadap industri musik. Genre ini telah menjadi alternatif bagi musik yang dihasilkan oleh label musik besar. Musik indie juga membantu mengubah pola pikir dan sikap terhadap musik di masyarakat.

Dalam hal ini, musik indie juga mempengaruhi cara distribusi musik. Dalam era digital, musik indie lebih mudah untuk didistribusikan ke seluruh dunia melalui internet. Banyak musisi dan band indie yang memanfaatkan media sosial dan platform digital lainnya untuk mempromosikan dan mendistribusikan musik mereka.

Selain itu, musik indie juga membuka pintu bagi musisi dan band yang ingin memproduksi musik mereka sendiri tanpa adanya ketergantungan pada label musik besar atau perusahaan rekaman. Hal ini membantu mendorong pertumbuhan industri musik yang lebih beragam dan inovatif.

Musik indie juga memberikan kesempatan bagi para musisi dan band untuk mengekspresikan ide dan kreativitas mereka dengan cara yang lebih bebas. Banyak musisi dan band indie yang menjadi terkenal dan sukses dalam industri musik, seperti Arctic Monkeys, Vampire Weekend, dan The 1975.



Oke gais, sampai ketemu 8 APRIL 2023 pukul 20.00 di SARASEHAN KARYA #4 MUSIK INDIE | MADIUN CREATIVE NETWORK | GOOD FATHER ART SPACE. 

INFO BAWAH

NB: Untuk saat ini, Negeri Kertas belum bisa memberikan honor untuk karya (Puisi/Cerpen) yang tayang.