Keindahan Candi Prambanan Yogyakarta - negerikertas.com

INFO ATAS

Lomba Cipta Puisi | DEADLINE 20 Februari 2023 | Apabila dalam 30 Hari, karya yang anda kirimkan di Negeri Kertas tidak dimuat, secara otomatis karya tersebut statusnya dikembalikan.

Jaringan Penulis dan Pembaca

Website Sastra dan Seni Budaya yang Terpercaya sejak 2015

1 Jan 2023

Keindahan Candi Prambanan Yogyakarta



           Indonesia memiliki sejarah keragaman budaya yang beraneka ragam dengan bentuk bangunan-bangunan dan arsitektur peninggalan budaya dari zaman kerajaan. Salah satunya yaitu candi, di Yogyakarta tepatnya di Kranggan, Bokoharjo, Kabupaten Sleman terdapat sebuah candi yang begitu terkenal dan bersejarah, candi ini sering di juluki dengan julukan Candi Roro Jonggrang.


          Candi yang dimaksud tersebut adalah Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan candi bercorak hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi dengan tinggi 47 meter dan luas hampir 80 hektar. Diduga candi tersebut dibangun oleh raja dari Wangsa Sanjaya, yaitu Raja Balitung Maha Sambu. Dugaan tersebut didasarkan pada isi Prasasti Syiwagraha yang ditemukan di sekitar Prambanan.Lokasi Candi Prambanan ini bisa dibilang cukup strategis. kenapa bisa dibilang strategis? Karena lokasi candi ini terletak di perbatasan Kota Yogyakarta dan Kota Klaten. jika ditelusur melalui peta, candi ini berada di ujung timur Provinsi DIY. 

Fakta yang ada dibalik indahnya Candi Prambanan

Rute menuju Candi Prambanan

         Jalan menuju Candi Prambanan termasuk mudah dikarenakan lokasi candi tersebut hanya berjarak beberapa meter dari jalan raya Yogya-Solo dengan jalanan yang selalu terawat dan sudah beraspal. Untuk mengakses lokasi Candi Prambanan dapat menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Apabila dimulai dari titik Tugu Jogja, wisatawan bisa mengambil jalan menuju timur atau arah Solo. Jarak antara tugu dengan Candi Prambanan sekitar 17 kilometer jika ditempuh dengan kecepatan dan kepadatan jalan raya yang normal bisa ditempuh dengan waktu sekitar 35 menit. Bisa juga menggunakan akses bus transjogja dengan nomor koridor 1A yang tujuan pemberhentiannya di kompleks terminal Candi Prambanan lalu lanjutkan dengan berjalan kaki ke arah utara sekitar 15 meter untuk mencapai gerbang depan Candi Prambanan.

Tarif tiket masuk

          Untuk biaya masuk ke Candi Prambanan termasuk cukup menguras dompet. Untuk orang dewasa dikenai biaya Rp. 50.000,00,- sementara untuk anak-anak hanya dikenai biaya setengahnya yaitu sebesar Rp 25.000,00,-. Lalu harga tiket masuk untuk turis asing dewasa sebesar 25 Dolar AS/Rp 362.500,00,- sedangkan untuk anak-anak dikenai tarif sebesar 15 Dolar AS/Rp 217.500,00,-. Selain itu tiket masuk ke Candi Prambanan juga dapat dibeli secara online, dengan cara menunjukan barcode yang telah anda terima setelah membeli tiket via situs resmi Candi Prambanan.

         Sebelum memasuki candi pastikan telah memiliki akun dengan cara mendaftar atau register di situs resmi Candi Prambanan. Setelah memiliki akun, masuk ke situs tersebut lalu pilih menu pesan tiket dan  pilih destinasi yaitu Candi Prambanan serta tipe wisatawan local maupun asing, lalu klik beli. Langkah selanjutnya pilih tanggal dan waktu kunjungan maka setelah itu akan mendapatkan barcode untuk syarat masuk ke candi.

Fasilitas yang terdapat di Candi Prambanan

          Di Candi Prambanan juga fasilitasnya tergolong cukup lengkap dan memadai, sehingga pengunjung tidak perlu kwatir dan cemas. Fasilitas tersebut antara lain:

-Area parkir yang cukup luas

-Papan informasi

-Mushola

-Toilet

-Guide

-Toko souvenir

-Tempat makan

-Spot-spot foto

         Begitu juga dengan moda transportasi di dalam area candi. Jika kalian datang berombongan kalian bisa menyewa mobil golf yang ada di area candi untuk bekeliling dan menikmati suasana Candi Prambanan. Sementara itu jika kalian datang hanya sendirian atau berpasangan, kalian bisa menyewa sepeda yang harga sewanya tidak begitu mahal yaitu dengan tarif sewa Rp 10.000,00,- untuk sepeda single dan Rp 20.000,00,- untuk sepeda tandem.

Spot yang ada di Candi Prambanan

         Tidak hanya Candi Prambanan tetapi juga terdapat candi-candi lainnya misalnya Candi Lumbung, Candi Bubrah, dan Candi Sewu yang bisa digunakan sebagai spot tempat berfoto untuk kenang-kenangan. Yang pertama ada Candi Lumbung, Candi Lumbung adalah candi pertama setelah keluar dari candi utama . Jaraknya pun cukup dekat, sekitar 700 meter dan hanya 10 menit jika berjalan kaki. Tak jauh dari Candi Lumbung, ada Candi Bubrah yang berjarak 200 meter. Candi ini dibangun satu masa dengan Candi Lumbung karena coraknya yang sama-sama bercorak Buddha. Setelah itu ada Candi Sewu jaraknya sekitar 500 meter dari Candi Bubrah. Banyak yang mengira, candi ini berjumlah seribu. Sebab dalam bahasa jawa istilah sewu berarti seribu. Di sini juga terdapat museum yang bentuknya seperti keraton dan  taman untuk bersantai melepas penat dan menikmati keindahan candi dari sudut yang lain.

Ramayan Ballet Prambanan

          Sendratari Ramayana Prambanan adalah singkatan kata seni drama dan tari, yang sebelumnya disebut Ramayana Ballet. Ramayana Ballet setiap Bulan November sampai dengan Bulan April diadakan di Gedung Trimurti setiap Hari Selasa, Kamis, Dan sabtu jam 19.30-21.30. Untuk Bulan Mei sampai dengan Bulan Oktober diadakan di panggung terbuka setiap Hari Selasa, Kamis, dan Sabtu jam 19.30-21.30. Keistimewaan panggung terbuka di Prambanan adalah pada ukuran yang besar 14 m x 50 m dan dibangun sebagai bangunan yang menyatu dengan Candi Prambanan (Candi Siwa) sebagai latar belakangnya dan menyatu dengan lingkungan alam yaitu Gunung Merapi serta langit biru sebagai dekorasi alamnya.

         Sekian yang bisa saya informasi seputar Candi Prambanan sebagai candi yang bersejarah dan menyimpan banyak keunikan yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karena itu Candi Prambanan termasuk situs warisan dunia UNESCO sekaligus candi terindah di Asia Tenggara. Sebagai generasi muda Indonesia kita patut berbangga karena Indonesia sendiri memiliki banyak tempat bersejarah yang dapat kita kunjungi.


INFO BAWAH

Cara kirim tulisan ke Negeri Kertas: Tulis karya anda berupa PUISI/CERPEN/ARTIKEL + BIODATA narasi + FOTO penulis atau GAMBAR ilustrasi, semuanya dalam SATU LAMPIRAN email file Ms Word. Bagian paling atas bertuliskan JUDUL KARYA + NAMA PENULIS. Kirim ke email nkertas@gmail.com