6 Solusi Untuk Kamu yang Merasa Salah Masuk Jurusan - negerikertas.com

INFO ATAS

Lomba Cipta Puisi | DEADLINE 20 Februari 2023 | Apabila dalam 30 Hari, karya yang anda kirimkan di Negeri Kertas tidak dimuat, secara otomatis karya tersebut statusnya dikembalikan.

Jaringan Penulis dan Pembaca

Website Sastra dan Seni Budaya yang Terpercaya sejak 2015

30 Des 2022

6 Solusi Untuk Kamu yang Merasa Salah Masuk Jurusan


|oleh Kheterin Puspita Maharani

Salah satu hal yang kita lakukan saat memasuki jenjang SMA adalah memilih jurusan yang akan kita pilih kelak nanti karena hal itu akan berdampak kepada pemilihan jurusan pada saat SMA apakah kita akan masuk IPA/IPS/bahasa. Hal yang sering kita lakukan sebagai siswa untuk menentukan jurusan kuliah salah satunya adalah tes minat dan bakat atau konseling kepada guru pada saat tahun terakhir SMA. Tetapi saat sudah masuk ke dalam jurusan yang sudah kita rasa cocok dengan kita tetapi kita malah merasa salah masuk  jurusan?  Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya survei atau riset saat memilih jurusan, kurang pahamnya kita terhadap jurusan tersebut, terbawa/ikut-ikutan teman kita saja, dan masih pada tahapan penyesuaian diri pada perkuliahan. Lalu apa solusi dari permasalahan tersebut? Yuk simak pembahasannya!

  1. Cari Hal Menarik dalam Jurusanmu 

Dalam jurusanmu tentu punya berbagai mata kuliah. Dari sekian banyak mata kuliah tersebut kamu bisa memilih salah satu mata kuliah yang cocok untuk dirimu atau yang ingin kamu kuasai karena itu akan memberikan dorongan semangat kepadamu, ataupun kamu bisa mengikuti organisasi atau UKM yang sesuai dengan hobimu agar kamu tidak mudah merasa jenuh dalam kegiatan perkuliahanmu. 


  1. Konsultasi dengan senior ataupun dosen pembimbing 

Dalam kuliah ada yang namanya dosen pembimbing yang mempunyai peran mirip seperti wali kelas. Kamu dapat melakukan konseling kepada dosen pembimbingmu ataupun kamu bisa bertanya-tanya kepada senior atau kakak tingkatmu tentang jurusanmu. Konseling tersebut dapat membantumu untuk membulatkan tekadmu dalam menekuni jurusan yang sudah kamu pilih.


  1. Perhitungkan prospek kerja dari jurusanmu

               Salah satu solusi melihat perhitungan prospek kerja, karena apa pun jurusan akan ada kesempatan  kerja yang baik. Salah satunya adalah dengan melihat alumni yang mempunyai katar belakang yang sama dengan jurusan yang kita ambil, kemudian kiprah para alumni dan mengamati dengan survei pun akan  mendapatkan masukan dan gambaran seperti apa masa depan mereka

               Semua ini akan dapat mempengaruhi tujuan dan arah ke mana kira-kira setelah lulus kuliah kita nantinya.


  1. Coba nikmati proses dalam perkuliahanmu

               Cara inilah yang paling penting dalam fase kita agar dapat menerima apa yang tidak kita inginkan. Pastikan kita bisa beradaptasi dengan lingkungan dan beradaptasi dengan teman baru, dosen beserta para senior, semua ini akan membantu penyerapan materi perkuliahan yang sedang kita jalani.

Tidak perlu merasa khawatir jika salah  dan yakinkan agar seiring waktu jurusan yang kita anggap salah adalah pilihan yang terbaik.


  1. Mencari teman 

Kamu juga bisa mencoba cara ini. Mencari teman bisa sangat membantu loh. Saat kita mempunyai seseorang yang dapat mensupport kita, maka kita mempunyai semangat dan rasa percaya diri dalam diri kita akan tumbuh. Jika kita mempunyai teman yang sejurusan dengan kita, kita dapat memahami materi dengan lebih mudah. Salah satu contohnya saat kita sedang kesulitan memahami materi yang telah dijelaskan oleh dosen, kita dapat mendiskusikan dengan teman kita tersebut ataupun sebaliknya jika teman kita kesulitan memahami kita dapat membantunya dengan menjelaskan materi tersebut. Saat menjelaskan materi yang sudah kita pahami kepada orang lain dapat membuat kita lebih mudah mengingat dalam memori tentang materi tersebut juga dan menambah wawasan ilmu kita. 


  1. Ubah jurusanmu 

Jika memang kamu sudah merasa sangat-sangat tidak cocok dengan jurusanmu, kamu dapat mengganti jurusanmu dengan jurusan yang sesuai dengan passionmu. Jika kamu hendak mengganti jurusanmu pastikan bahwa kamu benar-benar merasa tidak cocok. Kamu juga harus melakukan riset atau survei jurusan yang akan menjadi pilihanmu dan memastikannya sudah cocok dan apakah jurusan tersebut memberikan dampak positif terhadap dirimu agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Dalam belajar jika tidak memiliki kemauan dalam diri  maka akan sulit rasanya untuk dapat dipahami. Salah satu caranya kita bisa menanamkan rasa kemauan pada diri kita secara mandiri. Karena itu saya harap solusi ini dapat membantu kamu untuk dapat mengatasi rasa salah masuk jurusanmu.


INFO BAWAH

Cara kirim tulisan ke Negeri Kertas: Tulis karya anda berupa PUISI/CERPEN/ARTIKEL + BIODATA narasi + FOTO penulis atau GAMBAR ilustrasi, semuanya dalam SATU LAMPIRAN email file Ms Word. Bagian paling atas bertuliskan JUDUL KARYA + NAMA PENULIS. Kirim ke email nkertas@gmail.com