RESENSI BUKU “One Day One Juz” - negerikertas.com

INFO ATAS

Ayo menulis puisi untuk memperebutkan ANUGERAH HAK ASASI MANUSIA. Deadline 10 Desember 2022 | Apabila dalam 30 Hari, karya yang anda kirimkan di Negeri Kertas tidak dimuat, secara otomatis karya tersebut statusnya dikembalikan.

Media Sastra dan Seni Budaya

email nkertas@gmail.com | WA 628888710313

18 Nov 2022

RESENSI BUKU “One Day One Juz”


Oleh: Ahmad Rizal

Identitas Buku

  • Judul buku: One Day One Juz

  • Penulis: Miftah A. Malik dan Odo Jers

  • Penyunting: Abu Ibrahim

  • Penerbit: Pustaka Akhlak

  • Cetakan: Pertama, Juli 2014

  • ISBN: 978-602-97537-8-3

  • Tebal buku: 272 hlm


Ikhtisar Buku

Membaca Al-quran dengan merenungi maknanya, menghayati maksud dan tujuannya serta mengkaji setiap pesan yang disampaikannya, fitrah manusia akan kembali murni, api keimanan kepada Allah yang yang tadinya menyala redup menjadi berkobar-kobar, kepercayaan kepada Nya semakin bertambah, hingga dia pun mengingat janji yang dahulu kala pernah diambil oleh Tuhan dari dirinya. 

Sesungguhnya Alquran dapat membawa kedamaian di hati para pembacanya. Siapapun yang sedang dilanda gelisah, maka bacalah ayat-ayat suci Alquran yang secara seketika akan melenyapkan gelisah itu. Selain itu, kemukjizatan Alquran juga terletak pada kandungan makna dan isinya. Tiada karya ilmiah apapun yang mampu menandingi kandugan makna yang terdapat dalam Alquran. 

Beruntunglah bagi orang-orang yang suka membaca Alquran karena Allah telah menjanjikan kebahagiaan dunia dan keselamatan kelak di akhirat. Allah Swt. menurunkan Alquran kepada Nabi Muhammad  Saw agar baginda menyampaikan kalamullah itu kepada umatnya agar mereka menjadikannya sebagai pedoman dan cara pandangan hidup. Hal itu juga berarti Alquran adalah bekal dari Tuhan untuk segenap makhluk dalam menjalani kehidupan di dunia. Apapun yang akan terjadi di dunia, sebenarnya telah termaktub dalam Alquran. Segala problematika hidup yang dapat menimpa seorang hamba, sebenarnya Allah Swt telah memberikan solusinya di dalam Alquran. 

Saat manusia membumikan Al Qur’an dengan membaca dan mentadaburinya, mereka akan melangit dengan menjadi pribadi yang berakhlak Al-Qur’an. Manusia itu akan menjadi kekasih Allah Swt dan dibanggakan oleh Rasulullah.



Keunggulan Buku

Buku ini memiliki banyak keunggulan yaitu dari segi penulisannya sudah baik, sesuai dengan EYD, bahasanya mudah dipahami, disertai kisah-kisah inspiratif dari para ODO Jers. Di dalamnya terkandung nasehat-nasehat dengan disertai dalil-dalil naqli.

Kelemahan Buku

Penulis kurang mendetail dalam menceritakan kisah-kisah para ODO Jers, tidak mencantumkan daftar isi, penulis tidak menyinggung soal dirinya, biodatanya, bagaimana prosesnya sehingga dapat menciptakan buku One Day One Juz. 

Kesimpulan

One Day One Juz sangat direkomendasikan untuk dibaca. Buku ini mengupas dahsyatnya manfaat membaca Alquran. Sungguh jika faedah dan manfaat itu ditulis dengan tinta di atas selembar kain putih, meski telah menghabiskan tinta sebanyak air di samudra dunia atau telah menuliskannya di atas kain putih seluas bumi yang terhampar dari ujung timur sampai barat, maka semua itu tidak akan sampai mencukupinya. 

Buku ini juga disertai dengan kisah-kisah inspiratif dari anggota komunitas One Day One Juz. Mereka merasakan kebesaran Allah Swt karena membiasakan diri membaca Al-Qur’an. Kisahnya akan memotivasi kita untuk mencintai Al-Qur’an, sehingga kita akan memberikan waktu khusus untuk membacanya. Jadikanlah buku ini sebagai penyemangat untuk tetap istiqamah dekat dengan Al-Qur’an.


INFO BAWAH

Cara kirim tulisan ke Negeri Kertas: Tulis karya anda berupa PUISI/CERPEN/ARTIKEL + BIODATA narasi + FOTO penulis atau GAMBAR ilustrasi, semuanya dalam SATU LAMPIRAN email file Ms Word. Bagian paling atas bertuliskan JUDUL KARYA + NAMA PENULIS. Kirim ke email nkertas@gmail.com