MAKANAN BISA MENJADI SUMBER PENYAKIT - negerikertas.com

INFO ATAS

Ayo menulis puisi untuk memperebutkan ANUGERAH HAK ASASI MANUSIA. Deadline 10 Desember 2022 | Apabila dalam 30 Hari, karya yang anda kirimkan di Negeri Kertas tidak dimuat, secara otomatis karya tersebut statusnya dikembalikan.

Media Sastra dan Seni Budaya

email nkertas@gmail.com | WA 628888710313

23 Nov 2022

MAKANAN BISA MENJADI SUMBER PENYAKIT


Oleh : Meilani Arsita



Makanan adalah sumber energi dan berbagai zat gizi untuk mendukung hidup manusia. Saat ini perkembangan makanan sangat pesat, banyak masyarakat yang berinofasi untuk menciptakan jenis jenis makanan baru. adanya inovasi ini makanan saat ini sedang booming dengan adanya macam macam makanan bermunculan dengan berbagai cara mengolahnya. Salah satu yang baru booming adalah makanan junk food dan masih banyak dengan berbagai cara pembuatan. Berbagai jenis makanan yang mengandung gizi tidak seimbang bisa disebut dengan makanan yang tidak sehat. Jenis makanan ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebih. Umumnya makanan tidak sehat hanya mengandung sedikit zat dan sedikit serat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh. Makanan junk food dan makanan lainnya adalah makanan yang tidak sehat jika dikonsumsi secara berlebihan.

Banyaknya makanan yang dijual membuat kita ingin mencobanya, tetapi banyak yang mencobanya sekaligus atau dengan berlebihan. Dengan tidak diseimbangi oleh olahraga makanan itu akan menjadi penyakit karena penumpukan lemak yang disebabkan oleh makanan junk food. Dengan banyaknya macam-macam makanan dan dipermudah dengan aplikasi membeli makanan dengan online membuat masyarakat sering membeli makanan dengan mudah. 

Banyak sekali orang yang sangat suka dengan makanan junk food atau makanan yang kurang sehat, contoh dari makanan  kurang sehat seperti gorengan, makanan kaleng makanan asinan, olahan keju, mie instan, dan banyak gula tambahan, itu semua sebagian besar dari masyarakat menyukainya salah satunya adalah mahasiswa, karena keadaan mahasiswa yang harus mengekos mereka harus berhebat dengan membelanjakan uang mereka. Cara mereka menghemat uangnya adalah dengan membelikan makan yang murah tapi bisa mengenyangkan. Banyak dari mahasiswa yang mengkonsumsi mie instan di akhir bulan, itu cara mereka untuk menghemat uang sampai orang tua mereka mengirim uang. Disini banyak dari masyarakat yang mengkonsumsi makan kurang sehat karena keadaan.

Makanan tidak sehat tidak hanya dari makanan yang sedang booming melainkan dari makanan tradisional dapat menjadi makanan yang tidak sehat karena makanan tradisional banyak yang masih mengolahnya dengan cara yang tidak higienis dan menggunakan bahan yang tidak higienis juga bahkan ada juga yang menggunakan bahan yang tidak masik akal seperti tanah liat. Salah satu contohnya negara di kepulauan karibia, di wilayah haiti, negara yang termasuk negara miskin, karena keterbatasan pangan yang ada di sama, mereka memanfaatkan lumpur untuk dijadikan bahan makanan. Mereka mengolahnya menjadi kue lumpur. Mereka membuat kue tersebut dengan cara mencampurkan lumpur, garam, dan sedikit mentega dan mereka menjemurnya sampai kering. Makanan tersebut jelas tidak bergizi karena di lumpur yang mereka gunakan ada bakterinya.


Mengkonsumsi makanan yang kurang sehat boleh saja asalkan dapat menyeimbanginya dengan makanan sehat dan rajin olahraga, mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu mengurangi peningkatan obesitas dan diabetes di suatu negara. Memakan Makanan sehat juga dapat membantu perkembangan tubuh dan meminimalisir kematian. Ada banyak yang didapat jika dapat mengatur pola konsumsi.dengan adanya macam-macam makanan yang bermunculan sekarang dapat meningkatkan lapangan pekerjaan dan penghasilan negara, kita sebagai masyarakat negara harus mendukung adanya inovasi ini, akan tetapi kita sebagai konsumen harus memikirkan kondisi keadaan kita dengan mengatur pola konsumsi, dengan cara membatasi memakan makanan yang kurang sehat. Kita sebagai produsen pun harus memikirkan kesehatan konsumen dengan memakai bahan yang higienis dan tidak mencampurkan bahan terlarang ke dalam makanan.



BIONARASI

Nama                 :Meilani Arsita

TTL                    : Boyolali, 25 Mei 2004

Alamat               : Teter ( Rt:18/Rw:05), Teter, Simo, Boyolali

Media Sosial    : Instagram (@meilaniarsita_) 

No. Hp              : 081229639565


INFO BAWAH

Cara kirim tulisan ke Negeri Kertas: Tulis karya anda berupa PUISI/CERPEN/ARTIKEL + BIODATA narasi + FOTO penulis atau GAMBAR ilustrasi, semuanya dalam SATU LAMPIRAN email file Ms Word. Bagian paling atas bertuliskan JUDUL KARYA + NAMA PENULIS. Kirim ke email nkertas@gmail.com