Pemenang Festival Musikalisasi Puisi Balai Bahasa Jawa Timur 2022 - negerikertas.com

INFO ATAS

Ayo menulis cerpen atau untuk memperebutkan Anugerah Sumpah Pemuda. Deadline 28 Oktober 2022 | Kirim ke email nkertas@gmail.com

Media Sastra dan Seni Budaya

email nkertas@gmail.com | WA 628888710313

24 Agu 2022

Pemenang Festival Musikalisasi Puisi Balai Bahasa Jawa Timur 2022

 


Festival Musikalisasi Puisi BBJT 2022

Surabaya,  24 Agustus 2022, Tiga belas besar tim musikalisasi puisi hasil pra seleksi bertemu di Auditorium UINSA dalam Festival Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA/SMK/MA Se-Jawa Timur.

Peserta menampilkan garapan puisi pilihannya secara langsung di depan dewan juri dan peserta lainnya.  Ada lima kriteria yang dinilai dalam FMP, yaitu penafsiran puisi,  komposisi musik,  keselarasan,  vokal, dan penampilan.

Kekompakan,  komunikasi, dan keutuhan dalam bermusikalisasi puisi sangat ditekankan.  Sebelum membacakan pengumuman pemenang,  dewan juri memberikan evaluasi yg cukup detail terkait dengan penampilan peserta MP.

Berikut adalah urutan pemenang Festival MP Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur

1.  SMAN 2 Madiun

2.. SMAN 1 Pagak

3.  SMAN 1 Madiun

4.  SMAN 2 Bangkalan

5.  SMAN. 1 Dolopo

6.  SMAN 1 Geger

Para pemenang mendapatkan hadiah piala, uang pembinaan, dan piagam penghargaan.



Catatan Fileski:
Juara 1 lomba musikalisasi puisi yang diadakan Balai Bahasa Jawa Timur dan maju ke tingkat nasional diraih oleh siswa siswi SMAN 2 Madiun yang tergabung dalam ekskul teater Agni.

Meskipun sebagian besar juri bukan orang musik, saya patut senang karena ternyata musikalisasi puisi tak disorientasi menjadi teatrikalisasi puisi seperti yang sudah2. Juri bisa menangkap keunggulan sang juara secara musikal dibandingkan peserta yang lainnya. Pak Rego dan Pak Aming, njenengan pilih juara 1 yang tepat.  Penampilannya maksimal, vokalisnya memang berbakat dan pernah juara 1 event internasional di Jerman.

Nb: Catatan singkat dari guru seni budaya SMAN 2 Madiun.


INFO BAWAH

Cara kirim tulisan ke Negeri Kertas: Tulis karya anda berupa puisi/cerpen/artikel + biodata narasi + foto penulis atau gambar ilustrasi, semuanya dalam satu lampiran MS Word. Kirim ke email nkertas@gmail.com