Apakah sekolah penggerak itu? - negerikertas.com

INFO ATAS

Anugerah Sastra Negeri Kertas adalah 1 karya terbaik yang dikurasi dari 10 karya pembaca terbanyak.

Media Sastra dan Seni Budaya

WA 628888710313 | Email nkertas@gmail.com

5 Jun 2021

Apakah sekolah penggerak itu?


· Sekolah Penggerak adalah sekolah dimana siswa itu dinomorsatukan dari semua keputusan keputusan sekolah.

· Sekolah Penggerak adalah sekolah yang memprioritaskan anggarannya terhadap peningkatan mutu pembelajaran dan mutu pengajaran.

· Sekolah Penggerak adalah sekolah dimana kepala sekolahnya terus mendatangi ruang kelas dan melakukan observasi dan memberikan umpan balik kepada para guru-gurunya.

· Sekolah Penggerak adalah sekolah dimana guru saling membantu guru lainnya, untuk melakukan observasi dalam kelas dan memberikan tips-tips dan memberikan masukan dan saran peningkatan mutu.

· Sekolah Penggerak adalah sekolah dimana guru-gurunya bertemu dan melakukan pertemuan-pertemuan untuk bisa memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang ada di sekolahnya.

· Sekolah Penggerak adalah sekolah yang menyadari bahwa partisipasi siswa itu adalah salah satu yang paling penting, sehingga di sekolah penggerak kelas-kelasnya suka ramai. Ramai kenapa? Ramai karena siswa-siswanya banyak yang menanya, banyak yang berpartisipasi di dalam pembelajarannya, melakukan presentasi.

· Dan juga Sekolah Penggerak adalah sekolah dimana banyak anak anaknya keluar dari ruang kelas untuk mengerjakan project-project based learning bersama dengan murid-murid yang lain dipandu oleh guru-gurunya.

· Sekolah Penggerak percaya bahwa setiap anak di dalam sekolahnya bisa sukses, punya potensi sukses.

· Sekolah Penggerak adalah juga sekolah dimana semua guru dan kepala sekolah merasa bahwa setiap guru punya potensi untuk sukses.

· Sekolah Penggerak adalah sekolah yang percaya bahwa tidak semua murid sama, sehingga setiap murid itu spesial dan bisa diperlakukan secara unik dan punya kebutuhan yang berbeda-beda sehingga cara menerapkan kurikulum, cara menerapkan pembelajaran itu harus melakukan segmentasi, harus mencintai keberagaman cara proses pembelajaran di dalam ruang kelas, apa lagi di dalam sistem sekolah.

· Ujung-ujungnya Sekolah Penggerak adalah sekolah dimana murid-murid secara kognitif dan karakter dimerdekakan untuk mencapai visi Profil Pelajar Pancasila untuk peningkatan SDM Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem pada peluncuran kebijakan Merdeka Belajar episode 7 : Program Sekolah Penggerak, 1 Februari 2020 melalui kanal Youtube Kemendikbud RI.









dikutip dari fb Kasiman

INFO BAWAH

Share link tulisan anda di berbagai media sosial, dalam 1x24 jam setidaknya mendapat 24 pembaca, apabila tidak, maka secara otomatis tulisan anda terhapus dari Negeri Kertas. [ Untuk berhenti mendapat email dari kami, balas email ketik UNREG ]