005

header ads

Apakah sekolah penggerak itu?


· Sekolah Penggerak adalah sekolah dimana siswa itu dinomorsatukan dari semua keputusan keputusan sekolah.

· Sekolah Penggerak adalah sekolah yang memprioritaskan anggarannya terhadap peningkatan mutu pembelajaran dan mutu pengajaran.

· Sekolah Penggerak adalah sekolah dimana kepala sekolahnya terus mendatangi ruang kelas dan melakukan observasi dan memberikan umpan balik kepada para guru-gurunya.

· Sekolah Penggerak adalah sekolah dimana guru saling membantu guru lainnya, untuk melakukan observasi dalam kelas dan memberikan tips-tips dan memberikan masukan dan saran peningkatan mutu.

· Sekolah Penggerak adalah sekolah dimana guru-gurunya bertemu dan melakukan pertemuan-pertemuan untuk bisa memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang ada di sekolahnya.

· Sekolah Penggerak adalah sekolah yang menyadari bahwa partisipasi siswa itu adalah salah satu yang paling penting, sehingga di sekolah penggerak kelas-kelasnya suka ramai. Ramai kenapa? Ramai karena siswa-siswanya banyak yang menanya, banyak yang berpartisipasi di dalam pembelajarannya, melakukan presentasi.

· Dan juga Sekolah Penggerak adalah sekolah dimana banyak anak anaknya keluar dari ruang kelas untuk mengerjakan project-project based learning bersama dengan murid-murid yang lain dipandu oleh guru-gurunya.

· Sekolah Penggerak percaya bahwa setiap anak di dalam sekolahnya bisa sukses, punya potensi sukses.

· Sekolah Penggerak adalah juga sekolah dimana semua guru dan kepala sekolah merasa bahwa setiap guru punya potensi untuk sukses.

· Sekolah Penggerak adalah sekolah yang percaya bahwa tidak semua murid sama, sehingga setiap murid itu spesial dan bisa diperlakukan secara unik dan punya kebutuhan yang berbeda-beda sehingga cara menerapkan kurikulum, cara menerapkan pembelajaran itu harus melakukan segmentasi, harus mencintai keberagaman cara proses pembelajaran di dalam ruang kelas, apa lagi di dalam sistem sekolah.

· Ujung-ujungnya Sekolah Penggerak adalah sekolah dimana murid-murid secara kognitif dan karakter dimerdekakan untuk mencapai visi Profil Pelajar Pancasila untuk peningkatan SDM Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem pada peluncuran kebijakan Merdeka Belajar episode 7 : Program Sekolah Penggerak, 1 Februari 2020 melalui kanal Youtube Kemendikbud RI.









dikutip dari fb Kasiman

Posting Komentar

0 Komentar