005

header ads

MERAWAT TRADISI, LESBUMI DAN ISNU JEMBER LUNCURKAN SAKOLA MAMACA


Jember, Banyak cara dalam memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad Saw. Salah satunya adalah cara unik yang dilakukan Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Jember, yaitu Sakola Mamaca.

Sakola Mamaca merupakan program Lesbumi Jember sebagai upaya pelestarian salah satu kesenian tradisional di Nusantara, yaitu mamaca atau macopat. Program tersebut bertujuan untuk meneruskan tradisi-tradisi para leluhur kepada generasi muda kaum milenial. Sehingga akan tercipta generasi penerus yang handal dalam melakukan, memahami, dan menginterpretasi macopat.

Acara yang berlangsung di Masjid Nurus Shobirin Ponpes Asy Syifa Cumedak, Sumberjambe tersebut didukung penuh oleh Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jember. 

Dr. Hobri, M.Pd, ketua ISNU PCNU Jember mengatakan bahwa pelestarian budaya merupakan tanggung jawab bersama dan oleh berbagai pihak. Salah satu budaya yang dimaksud yaitu budaya mamaca/macopat di masyarakat terutama masyarakat Madura dan Jawa. Komunitasnya saat ini semakin langka, bahkan hanya ditekuni sebagian kecil masyarakat. 

"Ini tidak bisa kita biarkan begitu saja, harus ada kesadaran bersama. Saya, melalui lembaga kami, berupaya agar tradisi mamaca masuk dalam kurikulum lokal. Kita siap menerbitkan sertifikat atau surat keterangan kompetensi atau keahlian sebagai bukti kelulusan, saya kira cara ini efektif dalam melestarikan tradisi mamaca,” pungkasnya.  

Hal tersebut diamini oleh KH. Nisful Laily Iskamil, Pengasuh Ponpes Asy-Syifa yang mengatakan bahwa Sakola Mamaca merupakan program yang tepat pada saat ini, sebab sangat dibutuhkan untuk pelestarian tradisi mamaca. 

"Setelah saya amati dan pahami, ternyata dalam teks mamaca itu terkandung nilai-nilai luar biasa yang bersumber dari Islam. Baik yang terkait dengan sejarah Nabi Muhammad maupun terkait ajaran Islam yang lain. Ini adalah bukti bahwa tradisi mamaca tidak berseberang dengan pokok-pokok syariat Islam,” ujarnya.

Sementara itu, Siswanto, ketua Lesbumi Jember menyampaikan bahwa Sakola Mamaca adalah program yang akan terus bergulir menjadi pertemuan rutin. 

"Akan ada pertemuan berikutnya yang nantinya lebih fokus pada teknik-teknik dasar membaca teks mamaca, mulai mengenal metrum atau tembang, latihan membaca, pembukuan dan dokumentasi naskah mamaca," ungkapnya.

Dengan adanya program tersebut, Bapak Nurul dan Bapak Nursia, pelaku tradisi mamaca yang didapuk sebagai pemateri mengaku sangat senang jika ada generasi muda yang ingin belajar mamaca.

"Kami sudah 30 tahun mengabdikan diri (melestarikan tradisi mamaca). Sering diundang setiap ada hajatan nikah, selamatan rumah dan lain-lain. Semoga dengan adanya program ini, ada yang kelak meneruskan kami. eman-eman, ini (tradisi mamaca) adalah warisan leluhur yang harus kita jaga bersama,”  ungkap Bapak Nursia.





Posting Komentar

0 Komentar