Guru Harus Tau Manfaat Akun Belajar.id - negerikertas.com

.

Negerikertas.com - 2021

Guru Harus Tau Manfaat Akun Belajar.id



Berikut beberapa perbedaan akun perbedaan akun belajar.id dengan akun google pribadi:

1.   Kapasitas memori google drive pada akun pribadi 15 GB, sementara pada akun belajar.id kapasitas memorinya unlimited sehingga tidak terbatas. Ini sangat menguntungkan pemilik akun belajar.id karena bisa menyimpan file apapun di google drive tanpa khawatir melebihi batas menyimpanan.

2.  Google dirve akun pribadi tidak ada fitur drive bersama sedangan akun G suite mempunyai fitur drive bersama. Drive bersama ini memungkinkan pemilik akun untuk mengelola file secara bersama, bisa diakses dan diedit secara bersama. Hal ini akan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan dalam tim walau masing-masing tidak bersama dalam satu tempat.

 3.  Pada fitur google classroom, jika menggunakan akun pribadi maka tidak akan terhubung langsung ke google meet, tetapi jika menggunakan akun belajar.id bisa terhubung langsung dengan link google meet jika akan melakukan tatap maya dengan peserta didik, jadi ini akan memudahkan guru maupun siswa karena tidak perlu membuka device baru untuk mengakses google meet.

4.  Kapasitas google classroom untuk akun pribadi hanya 20 orang guru dan 250 orang siswa dan tidak ada fitur undnag wali siswa, sedangkan akun belajar.id dapat menampung 20 guru dan 1.000 siswa dan dapat mengundang wali untuk mendapatkan laporan wali.

5.  Penugasan di Classroom akun pribadi tidak ada import nilai dari google form, tidak ada mode terkunci Chromebook, dan tidak ada cek originalitas jawaban siswa, sedangkan di akun belajar.id ada fitur impor nilai dari google form, ada mode terkunci chromebook, dan ada cek originalitas jawaban siswa. Dengan mode kunci chromebook ini jika diaktifkan, siswa yang sedang mengerjakan tugas secara online misalnya dengan google form, maka siswa tidak bisa membuka tab baru untuk membuka mesin pencarian seperti google dengan tujuan mencari jawaban dari pertanyaan yang diberikan guru.

 

6.   Google Meet akun pribadi tidak ada fitur angkat tangan dan merekam, sedangkan akun belajar.id (G Suite) ada fitur angkat tangan dan merekam. Fitur merekan khusus bagi pembuat rapat dan rekaman akan otomatis tersimpan di Google Drive.

Dengan memanfaatkan akun belajar.id yang memiliki banyak kelebihan dibanding dengan akun pribadi, maka seyogyanya guru dan siswa mulai menggunakan akun tersebut untuk memperlancar manajemen kelas dan proses pembelajaran selama PJJ maupun jika nanti sudah mulai tatap muka.


.