005

header ads

PENGUMUMAN KARTU PRAKERJA

Sebanyak 5.965.048 orang sudah mendaftar program Kartu Prakerja hingga Kamis (16/4/2020), tetapi yang sudah menyelesaikan pendaftaran ada 2.078.026 orang.
Pengumuman lolos atau tidaknya para pendaftar program Kartu Prakerja gelombang satu rencananya diumumkan pada Sabtu (18/4/2020).
Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, pengumuman lolos atau tidaknya pendaftar Program Kartu Prakerja gelombang pertama akan dilaksanakan mulai Jumat (17/4/2020).
Lolos atau tidaknya pada pendaftar, imbuhnya, dapat dicek di dashboard.
"Bisa dicek di dashboard akun di situs Prakerja. Masih berproses bertahap sampai dengan Senin (20/4/2020) pagi," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (17/4/2020).





Pengumumannya bertahap
Petugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). Pemprov Jawa Timur membuka 56 posko yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur untuk memberikan pelayanan dan pendampingan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 dalam mendaftar program Kartu Prakerja. ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj.ANTARA FOTO/Moch Asim Petugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). Pemprov Jawa Timur membuka 56 posko yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur untuk memberikan pelayanan dan pendampingan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 dalam mendaftar program Kartu Prakerja. ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj.
Dia menjelaskan, jika belum mendapatkan sekarang, bisa jadi belum. Sebab, proses pengumumannya bertahap hingga Senin (20/4/2020).

Peserta juga bisa jadi mendapatkan notifikasi berbeda-beda. Bisa lewat dashboard, e-mail, atau SMS. "Beda-beda, tapi utamanya di dashboard (prakerja.go.id)," katanya.

Dari 5,9 juta pendaftar Kartu Prakerja, diambil 200.000 orang untuk mengikuti gelombang pertama.
Lalu sisanya masih mempunyai kesempatan mendaftar di gelombang-gelombang selanjutnya.
Namun, peserta yang sudah mendaftar itu tidak perlu melakukan proses pendaftaran dari awal. Hanya perlu memilih gelombang di situs web Kartu Prakerja.
Peserta bisa memilih gelombang kedua dan seterusnya. Total nantinya ada 30 gelombang yang dibuka setiap seminggu sekali.
Gelombang kedua atau yang terdekat dibuka pada Senin (20/4/2020) pukul 16.00 WIB.

Bantuan biaya
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyapa pendukung ketika kampanye terbuka di Lapangan Dukuhsalam, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (4/4/2019). Dalam kampanyenya, Jokowi menyampaikan program Kartu Sembako, Kartu Prakerja dan Kartu KIP Kuliah serta memenangkan pasangan Jokowi-Maruf Amin pada pilpres 17 April mendatang.

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyapa pendukung ketika kampanye terbuka di Lapangan Dukuhsalam, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (4/4/2019). Dalam kampanyenya, Jokowi menyampaikan program Kartu Sembako, Kartu Prakerja dan Kartu KIP Kuliah serta memenangkan pasangan Jokowi-Maruf Amin pada pilpres 17 April mendatang.
Bagi yang lolos, pemerintah menjanjikan akan memberikan bantuan biaya pelatihan Kartu Prakerja.

Namun, perlu diketahui, bantuan tersebut tidak diberikan secara tunai.
Peserta akan mendapatkan sekali saja, tetapi itu bisa digunakan untuk ikut beberapa pelatihan.
Bagi yang lolos akan mendapat bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta. Saldo tersebut bisa dicek di dashboard juga.
Saldo bantuan yang diberikan pemerintah ada batas waktu penggunaannya.
Itu bisa digunakan dalam waktu 30 hari sejak diterima.
Jika sudah hangus atau kedaluwarsa, saldo atau disebut pagu akan dikembalikan ke rekening kas negara.


pernah dimuat di https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/17/160600965/sudah-diumumkan-ini-cara-cek-lolos-kartu-prakerja-dan-fasilitasnya?page=all