Tips Latian Musik Agar Cepat Mahir | negerikertas,com
Info:    MUSIK    TEATER    FILM    ESAI    CERPEN    PUISI    WORKSHOP    BUKU    SEJARAH    MUSIKALISASI    INSPIRASI    RESENSI    KULINER    PROFIL   
Home » » Tips Latian Musik Agar Cepat Mahir

Tips Latian Musik Agar Cepat Mahir

Posted by negerikertas,com on 14 Apr 2019

Di tengah jaman yang super sibuk ini, waktu latihan rasanya langka karena banyaknya kesibukan. Maka itu kita mesti berlatih dengan waktu sedikit tapi hasilnya maksimal. Bagaimana caranya?


Kamu gak perlu latihan 8 jam sehari, atau bangun dari jam 5 pagi dan berlatih hingga tengah hari untuk memperlancar teknik tertentu. Karena meski awalnya kita punya niat untuk berlatih berjam-jam, mampu bertahan selama 2 jam saja sudah sangat baik, karena biasanya setelah itu kita mulai tidak fokus.

Nah, daripada berlama-lama di depan alat musik tanpa mendapat hasil apapun, coba ubah latihan rutin kita untuk fokus pada kualitas ketimbang kuantitas. Berikut adalah beberapa teknik yang dapat digunakan untuk memaksimalkan jam latihan. Simak tips-tips di bawah ini ya guys!

1. Gunakan jurnal/diary latihan

Menulis sebuah jurnal untuk mengingat perjalanan atau proses dalam bidang apapun akan sangat membantu kita mengetahui seberapa jauh kita telah berjalan.

Tulis goal. Tetapkan apa yang menjadi tujuan spesifikmu dalam latihan, apakah itu kecepatan, power, teknik, atau jumlah lagu yang dipelajari. Kamu juga bisa melihat ke belakang apa saja yang sudah dicapai beberapa bulan ini.
Tulis jadwal. Ini membuat kamu tahu apa yang perlu dilatih hari ini, berapa lama, sesuai dengan goal kamu di atas.
Refleksi. Setiap bulan, evaluasi hasil latihanmu dan buat rencana ke depannya.


2. Pemanasan.

Namanya atlit aja perlu pemanasan. Nah ada baiknya kamu juga mulai latihan musik dengan melemaskan jari, tangan, atau otot vokalmu, caranya mulai dengan fingering/sticking/vokalisasi. Setelah itu kamu bisa lanjut ke teknik atau lagu yang sedang dipelajari.


3. Istirahat!

Duduk dan berlatih berjam-jam tanpa istirahat bukan hanya melelahkan dan membuat kita gak produktif, tapi juga tidak baik bagi kesehatan. Daripada latihan maraton, coba berlatih selama 30 menit, kemudian ambil break selama 5 menit. Ini juga sangat membantu, daripada berpikir untuk menyelesaikan sesuatu yang panjang, kita cukup berkomitmen untuk mengerjakan sesuatu selama setengah jam, kemudian istirahat. Nah waktu break itu kamu bisa ngopi sambil nulis jurnal deh.



4. Rekam hasil latihanmu.

Setelah latihan, so what’s next? Kamu harus tahu hasilnya dong supaya bisa improve jadi lebih baik. Coba rekam latihanmu, dan kamu bisa jadi instruktur diri sendiri dan mendengar kesalahan yang tadinya gak kamu sadari. Ini terutama sangat penting bagi kamu yang ingin maju hingga studio rekaman. Dengan berbagai teknologi sekarang ini yang memudahkan kita, ini membantu banget lho. Coba deh, dijamin kamu akan jadi lebih jeli dan banyak belajar.


5. Perform!

Dengan tampil di depan umum, kita mau gak mau harus berlatih. Gig, konser, jam session bakal jadi motivasi tambahan dan list buat latihanmu. Dan ini juga menjadi tolok ukur keberhasilan latihanmu. Cari berbagai acara yang bisa kamu ikuti – di Chic’s kita punya MusikTeras dan Komunitas Jazz Chic’s yang rutin tiap bulan, sistemnya free registration dan kamu boleh bawain genre apapun di sini – atau coba bikin video cover minimal sebulan sekali yang kamu upload ke youtube. Jangan sampai terlalu banyak deadline, tapi yang penting harus ada yang kamu kerjakan.


Selamat mencoba dan berlatih!

SHARE :
CB Blogger
Comments
0 Comments

Posting Komentar