005

header ads

Cara Agar Adsen Tidak Dibanned, RKT Jangan Lebih 10%


Pasti anda sempat bertanya berapakah RKT (Impression CTR) laman yang aman untuk adsense? Apakah dampak dari RKT Laman yang terlalu tinggi? Lalu bagaimana menurunkan RKT laman yang terlalu tinggi?. Jika anda adalah seorang publisher adsense maka anda harus benar-benar memahami bahwa RKT laman yang tinggi bisa berakibat fatal.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai apa dan kenapa RKT laman yang tinggi bisa berujung bannned (dipecat adsense). Ini sangat penting untuk anda ketahui demi menjaga keamanan dan kelangsungan akun adsense yang anda miliki.

 Apa itu RKT Laman Adsense?
Sesuai dengan pengertiannya, RKT adalah singkatan dari Rasio Klik Tayangan, yang berguna sebagai metrik pengukuran Google Adsense. Jadi maksudnya adalah persentase jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayangan iklan. misal tampilan iklan pada blog anda hanya sedikit tapi jumlah klik iklannya tinggi maka akan dengan cepat menaikan RKT Laman adsense.RKT Adsense

Contoh perhitungan RKT paling mudah, misal jumlah klik iklan pada situs anda adalah 23 dan jumlah tayangan iklan 500. Dengan demikian maka (23:500)100% = 4,6%, jadi dalam hal ini RKT masi bisa dikatakan aman karena dibawah 10%.

Alasan Kenapa RKT Adsense Harus Rendah
Memang apabila RKT laman tinggi menandakan bahwa blog selalu mendapatkan pengunjung yang loyal mengklik iklan. Kemudian hal tersebut akan membuat pendapatan adsense semakin meningkat. Akan tetapi RKT laman yang terlalu tinggi bisa saja berakibat buruk terhadap akun anda. Berikut adalah alasan kenapa jumlah persentase RKT (rasio klik tayang) adsense harus selalu rendah:

RKT laman selalu menjadi tolak ukur pihak google terhadap kinerja publisher adsense.
RKT yang tinggi kemungkinan besar google akan menganggap blog anda melakukan spam, kecuali klik iklan memang dilakukan oleh pengunjung.
Pihak google selalu mengawasi invalid klik dengan mempertimbangkan persentase RKT laman.
Untuk menghindari kecurangan yang berdampak pinalti.
RKT yang tinggi bisa menyebabkan harga klik iklan (BPK) menjadi rendah karena google menggunakan Smart Pricing (harga Pintar).

Contoh kasus:
Anda memiliki blog yang mendapatkan 100 pengunjung per hari, kemudian mendapatkan jumlah klik sebanyak 40 kali. Artinya 40 dari 100 pengunjung tersebut melakukan klik iklan, apakah ini wajar?. Jika dipikir secara logika sudah jelas sangat tidak masuk akal. Secara tidak langsung apabila terjadi demikian pasti google akan curiga bahwa anda melakukan spam dan bisa-bisa akun anda akan di banned.

Maka dari itu sebaiknya anda harus lebih berhati-hati dan usahakan RKT laman Adsense di bawah 10%. Apabila anda sempat melakukan beberapa kecuangan sebaiknya anda tidak melakukannya lagi. Pasalnya sangat sulit untuk memulihkan akun adsense yang sudah di banned, dan parahnya identitas anda akan masuk daftar hitam pihak google.

Cara Menurunkan RKT Laman Adsense
Cara terbaik untuk menurunkan RKT laman adalah dengan meningkatkan trafik organik pada blog anda. Jadi semakin banyak pengunjung yang datang ke blog anda maka jumlah tampilan (pagevie) akan meningkat. Dengan begitu akan membuat rasio klik tayang iklan menjadi lebih stabil dan aman.
Apabila anda sering menggunakan cara yang curang untuk meningkatkan klik iklan maka sebaiknya jangan dilanjutkan. Smart Pricing yang digunakan oleh google sangat berbahaya dan kemungkinan menyebabkan harga klik iklan menjadi rendah. Selain itu google sangat paham terhadap klik yang tidak relevan (invalid klik), jadi sebaiknya anda harus lebih berhati-hati.
Jika RKT di atas 10% sebaiknya lakukan optimasi iklan yang lebih relevan. Kemungkinan besar hal ini bisa juga disebabkan karena pengunjung mengklik iklan tapi langsung menutupnya.
Sebaiknya untuk menghindari invalid klik anda bisa memasng script anti bom klik. Tujuannya untuk menghindari resiko pelanggaran yang disebabkan oleh pengunjung yang nakal.

Pada dasarnya RKT laman yang tinggi sebenarnya sangat bagus, tapi jika memang klik itu dilakukan oleh pengunjung. Kenapa RKT yang aman harus di bawah 10%? Tujuannya adalah supaya pihak google tidak mencurigai bahwa blog anda melakukan kecurangan.



Posting Komentar

0 Komentar