.

VIRAL    MUSIK    TEATER    AGENDA    SENI RUPA    SASTRA    FILM    VIDEO    WORKSHOP    FORUM    ANTOLOGI    ESAI    PUISI    CERPEN    INSPIRASI   
Home » » Orang Kidal Itu Spesial. Nggak Percaya? Ini Buktinya!

Orang Kidal Itu Spesial. Nggak Percaya? Ini Buktinya!

Posted by NegeriKertasCom on 28 Feb 2018

Hasil gambar
Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang memiliki peranan penting bagi kita. Penggunaan tangan yang baik adalah dengan mempekerjakan keduanya (tangan kanan dan kiri) dengan porsi yang sama. Namun, kita sering kali secara tidak sadar menggunakan keduanya secara diskriminatif dengan penggunaan tangan kanan yang lebih mendominasi. Berikut lima pembahasan tentang orang kidal, yang bisa saya dapat tuliskan di sini.

1. Mulai dari Sejarah, Salah Satunya Diskriminasi terhadap Orang kidal
Banyak fenomena di sekitar kita yang mengharuskan penggunaan tangan dan banyak pula aturan yang mengatur penggunaannya secara tidak tertulis. Banyak pertanyaan yang timbul, seperti mengapa kita makan harus menggunakan tangan kanan? Mengapa berjabat tangan harus menggunakan tangan kanan? Mengapa menggunakan tangan kiri di anggap tidak sopan? dan masih banyak pertanyaan lainnya lagi, yang tergambar di benak kita.
Hampir 90 persen manusia di dunia menggunakan tangan kanan. Jika dilihat dari segi sejarahnya manusia yang dikaji melalui gambar di dinding-dinding gua, alat-alat dari zaman batu, atau pecahan tulang kera dan babon, menunjukkan bahwa mayoritas mereka menggunakan tangan kanan. Penggunaan tangan kanan sudah setua usia manusia (Taufiq Pasiak, 2008:153). Fakta ini, seolah mendukung dominasi aktivitas tangan kanan.
Kiri cenderung dimaknai negatif dan kanan cenderung dimaknai positif. Pemaknaan ini dibawa oleh masyarakat dalam aplikasi kehidupan sehari-hari. Seorang tentara KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) bahkan menganggap tangan kiri tidak layak memakai jam tangan karena artinya tidak menghargai waktu. Jam tangan harus dipakai pada tangan sebelah kanan yang (katanya) lebih mulia untuk menunjukkan penghargaan waktu. But this is bullshit!
Bukan hanya itu saja. Benda dan fasilitas yang terkadang ada di lingkungan sekitar membuat orang kidal resah. Kenapa? Karena benda atau barang tersebut sudah didesain khusus untuk orang yang terbiasa menggunakan tangan kanan. Dan mau-tidak-mau, yang kidal pun harus beradaptasi, dan tidak sedikit orang kidal yang mengalami kesulitan. Salah satu benda yang menyusahkan orang kidal adalah bangku perkuliahan yang didesain khusus untuk orang yang piawai menggunakan tangan kanan saja. Itu merupakan bentuk diskriminasi bagi Orang Kidal.

2. Barang Khusus Untuk yang Kidal.
Tidak sedikit orang kidal mengalami kecelakaan, baik bentuk kecil ataupun besar. Nah, Semakin berkembangnya jaman, manusia pun akhirnya berpikir untuk membuat barang atau benda yang biasa digunakan sehari-hari, dan membuat orang kidal ini merasa aman dan tidak lagi kesulitan, seperti gunting, pengupas buah, gitar dan masih banyak lagi yang tentunya sudah didesain untuk si kidal.

3. Orang Kidal itu Cepat dan Kreatif. Istimewa deh pokoknya!
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang kidal lebih cepat dan kreatif karena menggunakan kedua belahan otaknya, berbeda dengan orang yang terbiasa menggunakan tangan kanan yang hanya menggunakan otak kiri. Kedua belahan otak sebenarnya hampir sama, dan sebagian besar untuk memproses informasi yang sama, dengan data lewat bolak-balik di antara keduanya terutama melalui jalur saraf utama. Namun, tugas-tugas tertentu, seperti pengolahan bahasa, cenderung terjadi pada satu belahan saja. Bagi kebanyakan orang, pengolahan bahasa terjadi di bagian kiri. Untuk orang kidal, tugas-tugas tersebut mungkin terjadi di kedua belahan otak.
Penelitian ini menunjukkan bahwa orang kidal yang terbiasa menulis dengan tangan kiri mungkin memiliki otak yang lebih kondusif untuk simultan atau rangsangan dan pengolahan di kedua bagian otak. Orang kidal lebih mudah menggunakan kedua belahan otak untuk mengelola rangsangan, sehingga keseluruhan proses dan waktu respon lebih cepat. Ini juga bisa berarti bahwa ketika salah satu belahan otak mendapat kelebihan beban dan mulai melambat, belahan otak lain bisa lebih mudah memilih untuk mengisi kekosongan itu.

4.  Banyak Orang Kidal yang Sukses dan Membuat Sejarah Hebat!
Bertangan kiri bukan berarti menghambat dirimu untuk berprestasi dan menjadi seorang yang sukses loh. Buktinya, Banyak sekali para Ilmuwan, tokoh masyarakat (Napoleon Bonaparte, Presiden George HW Bush, Fidel Castro, Hugo Chaves, Bill Clinton , Ronald Reagan, Barack Obama, Jeanne d’Arc dari Perancis, Pangeran Charles, Pangeran William dari Inggris, Benyamin Netanyahu, Harry S. Truman, Victoria dari Britania Raya) dan juga artis maupun aktor (Oscar DeLa Hoya, Valentino Rossi, Angelina Jolie, Tom Cruise, Park Shin Hye, Kim So Hyun, Justin Bieber, dan Nadila Cindi Wantari) yang sukses di dunia yang ditekuninya. Jadi, kamu tidak perlu minder untuk mencapai kesuksesanmu lagi.

5. Bersyukur dan Banggalah Kamu yang Terlahir Sebagai Left-handed Person atau Orang Kidal!
Nah, sekarang kamu tidak perlu lagi yang namanya minder! Justru jadikan itu sebagai anugerah terindah pemberian dari Tuhan. Dan jangan lupa untuk selalu bersyukur dan berbangga atas kelebihanmu yang tidak dimiliki oleh yang lainnya. Biarkan mereka berkata sesukanya terhadapmu yang memakai tangan kiri di segala aktivitas. Kamu cukup diam dan membalas mereka dengan keberhasilan, prestasi, dan juga kesuksesanmu kepada mereka. Tunjukkan bahwa bukan hanya orang yang bertangan kanan saja yang bisa melakukannya!

6. Hari Orang Kidal Sedunia
Hari Orang Kidal Sedunia selalu diperingati pada tanggal 13 September, setiap tahunnya. Jadi, orang kidal itu istimewa.
Kesimpulan yang bisa kita dapat di sini ialah jangan pernah menganggap perbedaan merupakan sesuatu yang buruk! Tidak semuanya orang kidal itu jelek. Maka dari itu, kita harus tetap menghormati orang kidal.

Ilham Budi Cahyadi alias SI KIDAL.

SHARE :
CB Blogger
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Official © 2018 NegeriKertasCom. Email: nkertas@gmail.com | WA 628888710313
NEGERIKERTAS COM