SEDEKAH BUKU

Negerikertas.com menyalurkan bantuan SEDEKAH BUKU untuk taman baca di berbagai pelosok daerah yang kekurangan buku bacaan. Kirimkan buku ke alamat: Fileski 085731803357 | Jl Koperasi A08 | Banjarejo | Kec.Taman | Kota Madiun. Bisa juga berupa uang ke rek BCA 1771531313 a/n Walidha. Madiun

TARBIYAH Oleh: Bad’ul hilmi Ar


Kata Tarbiyah, menurut Abdurahman an-nahlawi dan Hasan Al-Bana, Saya menyimpulkan dari berbagai asal kata yang muncul, bahwa Raba-Yarubu yang dapat di tarik kesimpulan dan di serap kepada bahasa moderat yang mempunyai arti pendidikan, dan juga dapat bermakna berkembang,menumbuhkan,memperbaiki,mengurusi dan mengatur.
Ketika berbicara dan terdengar dari telinga manusia bahwa Tarbiyah merupakan sebuah proses afikasi seseorang untuk bisa menjadi yang lebih baik dengan melalui proses yang di laluinya.setelah proses itu berlangsung maka setiap yang berproses dan menghasilkan sebeuah distribusi produk yang bisa di pertanggung jawabkan dari proses yang sudah di laluinya, Maka setiap manusia yang yang sudah mengalami proses Tarbiyah memiliki tuntutan untuk bisa menjadikan dirinya sebagai seorang Rabi(orang yang mendidik).
Ketika proses simbiosis yang berlangsung secara teratur dan berkesinambungan maka yang di hasilkan adalah sebuah peradaban yang maju dan berkembang, dan akan berlanjut sampai generasi penerus sebagai estafet penerima tahta Tarbiyah(pendidikan). Maka dari itu ketika seseorang yang berada pada ruang lingkup proses Tarbiyah maka akan di tuntut oleh kesatuan manusia yang berkumpul dan bersosialissasi atau di sebut educating the public cociety. Tarbiyah islam merupakan bahan, yang dengan bahan itu akan bisa di olah menjadi suatu produk yang berkualitas dan dapat ter distribusi dengan baik, dengan cara menjadikan Rabi(orang yang mendidik) sebagai sandarannya, proses itu akan bisa menghasilkan suatu peradaban yang maju sebab sandaran dari Rabi(orang yang mendidiki) kepada Marbi( orang yang di didik) berjalan dengan baik dan akan berlangsung terus menerus dari masa ke masa.
Ketika di lihat dari jaman yang semakin maju dengan berbagai pengetahuan yang semakin banyak, Tarbiyah islam mengalami tantangan yang berat dengan berbagai doktrin-doktrin yang di anggap akan meninggalkan proses Tarbiyah islamiyah bagi  generasi penerusnya. Maka dari itu sebagai seorang yang mengalami proses Tarbiyah dan nantinya akan menghasilkan produk2 yang bisa meneruskan generasi yang akan datang, maka  tingkatkan lah proses dan kualitas produk yang akan di pasarkan di masyarakat.

Share on Google Plus

About Fileski Channel