005

header ads

BUKU*: Pembisik Musim - A'yat Khalili


JUDUL BUKU*: Pembisik Musim
PENULIS*: A'yat Khalili
HARGA IDR*: 25.000
ISBN: 978-6027-013-30-8
PENERBIT: Halaman Indonesia
KATEGORI: Puisi
DIMENSI: 16 x 20 cm
JUMLAH HALAMAN: 90
BAHASA: Indonesia
TANGGAL TERBIT: 2014
DESKRIPSI: Pembisik Musim ini merupakan sekumpulan puisi A'yat Khalili, antara awal tahun 2006—awal ia menulis—sampai tahun 2013—suatu masa yang penuh pencarian, penuh tantangan, keinginan, harapan, gaya ungkap, diksi, maupun keterpecahan-keterpecahan di dalamnya—dengan nuansa tema yang sedikit banyak sama dan tetap berkelindan dalam ranah lokalitas-historis-religiositas suatu kecenderungan yang sejak mula memenuhi kerangka pengucapannya dalam menulis. Ada tarik-menarik dalam sejumlah ruang lingkup; keadaan, budaya, adat-istiadat, masyarakat, tempat di mana ia hidup tegak berdiri, menyerap, mengimbangi, merasakan, membaca dan memenuhi suasana ini.


Tentu saja kesan tersebut merupakan sebuah pengalaman (meski tidak secara langsung terlibat) ia serap, namun pembacaan dalam bingkai “ingatan” dari cerita demi cerita yang terus-menerus dilalui-ditempuh-dijajal, akhirnya cukup memengaruhi puisi-puisi itu. Beberapa di antaranya, juga merupakan pengalaman membaca lokalitas-historis luar, dalampengertian yang lebih luas, Nusantara, meski hanya ada satu-dua puisi masuk sebagai titik

tolak kerja atas warna-warni yang selama ini cukup menggetarkan prosesnya. Dan rupanya itu cukup mengasyikkan dalam membuatnya mengingat kembali asal-muasal. Ada sesuatu yang tersimpan dan luar biasa pada sejumlah tempat dan peristiwa yang ia baca dan ia lalui. Sesuatu yang sepertinya terus pergi dan kembali lagi pada diri sendiri—diri yang telah lama mengembara untuk kembali mengutuhkan dan memperbaiki keberadaannya. Dan Pembisik Musim inilah jejak pencariannya.