005

header ads

LOMBA CIPTA PUISI "ODE 14 SEUNTAI" untuk PAHLAWAN NEGERI (Deadline: 5 September 2015)

Dalam rangka memperingati HUT RI ke - 70, Ode Creative bekerjasama dengan Vio Publisher, kali ini mengadakan Lomba Cipta Puisi Modern berjenis Ode sebanyak 14 baris. Puisi Modern menurut puisi Barat, namun berlaku pula dalam kesusastraan di Indonesia, salah satu jenisnya adalah Ode. Ode adalah sajak/puisi yang berisi pujian dan sanjungan terhadap seseorang yang berjasa besar dalam masyarakat atau pujian sanjungan terhadap pahlawan bangsa. Biasanya, puisi ode dapat disebut juga puisi lirik. Oleh karena itu, untuk memperkenalkan kembali jenis-jenis puisi modern di kesesusastraan Indonesia, Ode Creative bekerjasama dengan Vio Publisher untuk mengadakan Lomba Cipta Puisi "ODE 14 SEUNTAI", dan untuk mengapresiasi karya-karya anak Indonesia, Ode Creative berniat mengumpulkan 100 puisi terpilih untuk diterbitkan dalam bentuk buku di Vio Publisher.

Tema : Pahlawan (seseorang yang berjasa besar)


KETENTUAN  UMUM :
  1. Lomba terbuka untuk Warga Negara Indonesia, baik yang berada di dalam maupun di luar Negeri. (Tidak dibatasi usia)
  2. Peserta wajib menyebarkan info lomba ini sebagai salah satu syarat pendaftaran dengan meng-copy pastekan ke catatan FB (blog) dan tag minimal 25 orang teman (termasuk FB: Vio Publisher).
  3. Peserta ikut bergabung ke grup Kotak Kata di FB: (https://www.facebook.com/groups/kotakkata.viopublisher/?ref=ts&fref=ts) dan like fanspage Vio Publisher : https://www.facebook.com/pages/Vio-Publisher/462843750532366?ref=ts&fref=ts (karena update peserta dan pengumuman puisi yang lolos akan di-posting di fanspage dan grup tersebut).
  4. Naskah merupakan karya asli penulis. Bukan jiplakan atau saduran (bukan hasil plagiat). Tidak menimbulkan konflik SARA dan pornografi. Serta belum pernah diterbitkan di media apapun, baik cetak maupun elektronik.
  5. Peserta dikenakan biaya pendaftaran Rp. 10.000,- /naskah puisi ode, ditransfer melalui nomor rekening Bank Sumut 125-02-04-009822-5 atas nama Sindi Violinda.
  6. Setiap peserta diperbolehkan mengirim lebih dari 1 naskah Puisi Ode. (dengan syarat khusus per puisi ode 14 baris/seuntai). Pola bebas. Contoh: (2 bait x 4 baris + 2 bait x 3 baris) = 14 baris atau (1 bait x 8 baris + 2 bait x 3 baris), (1 bait x 14 baris), dan boleh berbentuk pola lainnya. Puisi ode wajib 14 baris.


KETENTUAN NASKAH PUISI ODE :
  1. Puisi berjumlah 14 baris diketik di badan email sastrapos@gmail.com (BUKAN DILAMPIRKAN DALAM BENTUK FILE). Dengan subjek: ODE-Judul Puisi-Nama Penulis-No. HP. Sertakan titimangsa di bawah puisi. Contoh titimangsa: Jakarta, 11 Agustus 2015. Sertakan juga biodata narasi maksimal 50 kata di bawah titimangsa.

KETENTUAN PENDAFTARAN:
1. Peserta membayar uang pendaftaran Rp. 10.000,- (per satu judul puisi).
      -   Ditransfer ke rekening:
             Bank Sumut Capem Marendal
             Kode Bank: 117
             No. Rek: 125-02-04-009822-5 a/n Sindi Violinda
             Konfirmasi pengiriman: 085761976768 (Christin).

     -   Foto kertas/struk bukti transfer kemudian dikirim ke email lomba bersama  naskah puisi ke email: sastrapos@gmail.com
     -   Peserta yang berdomisili di Sumatera Utara, namun belum mempunyai rekening bank sendiri, bisa langsung transfer melalui kantor cabang Bank Sumut terdekat. (Bagi peserta di luar Sumatera Utara, hanya bisa transfer Via ATM atau lewat jasa pengiriman tagihan lainnya)

2. Pengiriman naskah puisi ode dan transfer registrasi paling lambat: 5 September 2015, Pukul 23.59 WIB. Apabila lewat dari ketentuan tersebut, dapat terdiskualifikasi!


REWARD / HADIAH:
* Seluruh peserta yang ikut mendaftar, mendapatkan e-sertifikat dan voucher diskon 10 %  Paket Penerbitan Super Lengkap  - apabila ingin menerbitkan buku lewat jalur indie di Vio Publisher (tidak dapat diakumulasikan dengan yang lain).
* 100 puisi terpilih akan dibukukan dan mendapatkan voucher diskon 15 % Paket Penerbitan Super Lengkap - apabila ingin menerbitkan buku lewat jalur indie di Vio Publisherdi Vio Publisher (tidak dapat diakumulasikan dengan yang lain) dan mendapat rabat atau harga khusus apabila membeli bukunya.

3 Puisi terbaik akan mendapatkan :
- Terbaik 1 : Trophy + 1 Buku Kumpulan Puisi Ode+ Piagam + Voucher Penerbitan Paket Super Lengkap Rp. 150.000,- di Vio Publisher (Tidak dapat diakumulasikan dengan yang lain. Berlaku selama 2 bulan)
- Terbaik 2 : Trophy + 1 Buku Kumpulan Puisi Ode+ Piagam + Voucher Penerbitan Paket Super Lengkap Rp. 100.000,- di Vio Publisher (Tidak dapat diakumulasikan dengan yang lain. Berlaku selama 2 bulan)
- Terbaik 3 : Trophy + 1 Buku Kumpulan Puisi Ode + Piagam + Voucher Penerbitan Paket Super Lengkap Rp. 50.000,- di Vio Publisher (Tidak dapat diakumulasikan dengan yang lain. Berlaku selama 2 bulan)


Salam,
Ode Creative & Vio Publisher