Pembinaan ASN Kemenag Sumbar || Wilna Guspawati, S.Pd. - negerikertas.com

INFO ATAS

LEMBAGA INDEPENDEN DI BIDANG PENDIDIKAN LITERASI, SENI BUDAYA, DAN SASTRA.

18 Des 2023

Pembinaan ASN Kemenag Sumbar || Wilna Guspawati, S.Pd.

Penyerahan Tiga Piagam Penghargaan Alek Gadang Literasi Sumatra Barat Sebagai Pejabat Daerah Penggerak Literasi, Pejabat Pendidikan Penggerak Literasi dan Guru Penggerak Literasi

LAKUKAN PEMBINAAN ASN, KEPALA KANWIL KEMENAG SUMBAR SERAHKAN TIGA PIAGAM PENGHARGAAN ALEK GADANG LITERASI SUMATRA BARAT

Oleh, Wilna Guspawati, S.Pd.I  Guru MTsN 9 Padang Pariaman


Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama Provinsi Sumatra Barat Dr.H.Mahyudin,MA melakukan pembinaan  ASN dilingkungan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Padang Pariaman Pada Jum`at (15/12/2023) yang bertempat di Aula MAN Insan Cendikia Padang Pariaman.

Kegiatan ini Juga sekaligus sebagai silaturrahmi, karena beliau baru sekitar dua bulan dilantik sebagai Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatra Barat pada hari Rabu, 25 Oktober 2023 oleh Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qaumas di Jakarta yang sebelumnya bertugas di Kanwil Kemenag Provinsi Riau.

Kegiatan pembinaan ASN ini  dihadiri Sekitar 150 ASN di Lingkungan Kemenag Kabupaten Padang Pariaman yang terdiri dari Kepala Kankemenag Pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Padang Pariaman, Kasubag Tata Usaha, Para Kasi, Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Kepala KUA Kecamatan se Kabupaten Padang Pariaman, Pengawas Madrsah/ PAI, Kepala Madrsah beserta Kaur TU se Kabupaten Padang Pariaman,  Penghulu Fungsional se Kabupaten Padang Pariaman, PAIF se Kabupaten Padang Pariaman, Ketua IPARI, Guru MAN IC Padang Pariaman dan ASN Pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Padang Pariaman.

Acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars madrasah dilanjutkan dengan pembacaan  ayat suci Al-qur`an d³an do`a,  yang tidak kalah menarik adalah Tari Pasambahan yang ditampilkan oleh siswa/ siswi MAN IC Padang Pariaman dengan kolaborasi musik yang apik dan menarik.

Pada sekapur sirih Kepala MAN IC Padang Pariaman Hendri Sakti Hoktovianus, S.Pd, M.Pd menyampaikan bagagaimana proses perkembangan serta prestasi yang telah diraih oleh MAN IC Padang Pariaman yang terus meningkat dari tahun ketahun sehingga menjadi madrasah favorit dan unggulan di Sumatra Barat. Mantan kepala MAN IC Jambi Ini menyampaikan bahwa siswa MAN IC Padang Pariaman pada tahun 2023 diterima 100 %  pada Perguruan  Tinggi Negri (PTN).

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Padang Pariaman H.Syafrizal, S.Ag, MM mengucapkan selamat datang kepada kepala Kanwil Kementrian Agama Provinsi Sumatra Barat yang masih menyempatkan hadir ke Padang Pariaman disela-sela kesibukan yang luar biasa padat dalam rangka pembinaan ASN  di lingkungan Kemenag Padang Padang Pariaman.

Silaturrahmi sekaligus arahan dan pembinaan dari Kepala Kantor Kementrian Agama Provinsi Sumatra Barat Dr. Mahyudin, MA menyampaikan bahwa “ Kita berada pada satu gerbong  yang disebut Kementrian Agaman, maka jangan ada yang sampai keluar dari gerbong tersebut, maka kita harus mengikuti dan patuh kepada pemimpin”  dengan mengutip Surat An- Nisa Ayat 59 : Taatila Allah, dan Taatilah Rasul dan Pemimpin diantara kamu. karna kita telah menerima hak dari negara aka kita harus menunaikan kewajiban sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing serta mampu memberikan pelayanan yang baik  kepada masyarakat. 

Setelah memberikan pembinaan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatra Barat menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Padang Pariaman H. Syafrizal, S.Ag, M.M. sebagai Pejabat Daerah Penggerak Literasi, Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag Kabupaten Padang Pariaman Fitriyoni, S.H, M.H. Sebagai Pejabat Pendidikan Penggerak Literasi dan Wilna Guspawati, S.Pd.I Sebagai Guru Penggerak Literasi. 

Piagam penghargaan yang ditandatangani oleh Direktur Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd  ini merupakan apresiasi atas dukungan dan dorongan serta motivasi Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Padang Pariaman H. Syafrizal, S.Ag beserta Kasi Penmad Kemenag Kabupaten Padang Pariaman Fitriyoni, S.H, M.H terhadap sebuah Even Literasi di Sumatra Barat yakni Alek Gadang Literasi Sumatra Barat  yang diadakan oleh Komunitas  Guru Literasi Sumatra Barat (KGL-SUMBAR ) dengan mengeluarkan surat himbauan serta ajakan kepada Kepala Madrasah agar mengutus guru-guru di Madrasah yang ada di Padang Pariaman Untuk Mengikuti even tersebut. 

Sedangkan Wilna Guspawati, S.Pd.I sebagai penerima piagam penghargaan yang ditandatangani oleh Direktur Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Prof. Dr. Nunuk suryani, M.Pd  Ini, merupakan guru Bahasa Arab di MTsN 9 Padang Pariaman   sebagai  Guru Penggerak Literasi karena merupakan anggota Komunitas Guru Literasi Sumatra Barat yang telah berusaha menggerakkan dan membentuk Komunitas Guru Literasi Sumatra Barat (KGL- SUMBAR) dengan dikukuhkan oleh Gubernur Sumatra Barat H. Mahyeldi Ansyarullah , S.P dan berhasil menyelenggarakan  sebuah Even Literasi yang bernama Alek Gadang Literasi Sumatra Barat  Bersama 45 guru- guru hebat lainnya yang tersebar di berbagai Kabupaten dan kota di Sumatra Barat,  pada hari sabtu 9 desember 2023 di Convention Hall Universitas Andalas dengan sukses dan meriah. 

 Alek Gadang Literasi Sumatera Barat tahun 2023 adalah sebuah event perayaan dan pengembangan literasi yang memfasilitasi guru untuk mendapatkan ilmu dan pengembangan literasi, pendampingan menulis dan menghasilkan karya berupa buku. Program yang diselenggarakan oleh KGL-SB ini  berkolaborasi dengan berbagai instansi pendidikan, pemerintah dan perusahaan yang peduli dengan pendidikan. Sehingga bisa memfasilitasi dan menghubungkan sebanyak mungkin guru di Sumatera Barat.

Komunitas Guru Literasi Sumatera Barat adalah wadah kepenulisan dan pengembangan literasi yang memfasilitasi kalangan guru agar mampu menjadi pemimpin literasi di sekolah mereka dengan semangat dan kreativitas yang terus dimunculkan. KGL-SB dengan penuh keyakinan dan kolaborasi yang handal dengan Kemendikbud akan melaksanakan beragam event literasi dan pendidikan, serta pelatihan pemberdayaan bagi kalangan pendidik,

Acara Alek Gadang Literasi Sumatera Barat ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumatra Barat Drs. Barlius, M.Pd. Lalu sambutan secara daring oleh Jenderal GTK Kemedikbud yaitu ibu Nunuk Suryani yang pada kesempatan itu diwakili oleh sekretaris  Jendral GTK. Hadir para narasumber hebat yang memberikan materi yang sangat bermanfaat  bagi para peserta.  Diantaranya adalah Prof. Dr. Ence Oos Muhamad Anwas, M.Si, seorang praktisi pendidikan dan penulis jurnal ilmiah dari Kemendikbud. 

Juga hadir narasumber secara langsung yang membersamai para peserta yaitu Irfana Steviano, S.Pd., M.Ed, seorang praktisi pendidikan, Taufik Hidayat, S.Si Senior Trainer of HAFECS & Guruinovatif.id. Setelah pemberian piagam penghargaan Alek Gadang Literasi Sumatra Barat, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar foto bersama dengan seluruh ASN peserta pembinaan. 






INFO BAWAH

NB: Untuk saat ini, Negeri Kertas belum bisa memberikan honor untuk karya (Puisi/Cerpen) yang tayang.