005

header ads

Nanin Kusuma Penulis Buku Geografi: Menggali Arti Sebuah Dunia

Nanin Kusuma, S.Pd., M.Pd., Dip.Ed. dilahirkan di Kota Madiun, Jawa Timur pada tanggal 6 Januari 1976. Lulus Sarjana Pendidikan Geografi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penulis adalah penerima beasiswa Twinning Program untuk program gelar magister (S2) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (2011-2012) di Universitas Negeri Malang dan di Angeles University Foundation.


Penulis adalah Ketua MGMP Geografi Kota Madiun (2021-sekarang) dan Ketua Bidang Humas dan Kerjasama MGMP Geografi Provinsi Jawa Timur (2021-sekarang).

Penulis pernah mengikuti program Anseong Namsadang Baudeogi Festival 2017, South Korea (2017) School to School Partnership Program with Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) and Seoul Technology High School (STHS).

Pada kegiatan Southeast Asia Ministers of Education Organization (2019) yang bekerjasama dengan UNIPMA, penulis adalah koordinator guru di SMA Negeri 2 Madiun dalam program "7th Batch of Pre Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia".

Penulis adalah penelaah dan perakit soal Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone (EHB-BKS) Mata Pelajaran Geografi Jenjang SMA Provinsi Jawa Timur Tahun 2022.

Penulis adalah peninjau (reviewer) Uji Keterbacaan dan Evaluasi Peningkatan Kompetensi Berbasis Massive Open Online Course (MOOC) dari PPPPTK PKn dan IPS pada tahun 2021.

Buku yang pernah ditulis bersama adalah Resonansi Pemikiran 19 "Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Kreativitas Guru", kerjasama Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan MGMP Geografi Provinsi Jawa Timur.  Juga Antologi Puisi Geografi 2, Kolaborasi Dosen-Guru Geografi Indonesia​. 


Posting Komentar

0 Komentar