HB JASSIN PAHLAWAN NASIONAL - negerikertas.com

INFO ATAS

Anugerah Sastra Negeri Kertas adalah karya yang masuk trending dan sekaligus mendapat penilaian tertinggi dari dewan kurator.

Media Sastra dan Seni Budaya

Tempat ngumpulnya inspirasi dari orang-orang hebat yang belum banyak terekspos media.

24 Feb 2022

HB JASSIN PAHLAWAN NASIONAL


Pagi tadi, mengikuti seminar nasional “Kepahlawanan H.B Jassin Mencerdaskan Bangsa” yang dilaksanakan di Perpustakaan Nasional RI-Jakarta.

Kegiatan ini masih merupakan bagian yang dipersyaratkan dalam pengusulan calon pahlawan nasional sebagaimana diatur dalam undang-undang No.20 tahun 2009 dan peraturan menteri sosial No.15 tahun 2012. 

Alhamdulillah, usulan dari Gorontalo mengenai pencalonan H.B Jassin sebagai pahlawan nasional mendapat respon dan dukungan banyak pihak di Jakarta. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ibu Dra. Muhardjani, M.P (Direktur K2RS Ditjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI), Pak Anies Baswedan Ph.D (Gubernur DKI Jakarta),  Prof. Taufik Abdullah (Pakar Sejarah Nasional), Pak Nirwan Dewanto (Sastrawan), Pak Dr. Zain Badjeber, (Anggota Komisi Pangkajian Ketatanegaraan MPR-RI), Ibu Winarni Monoarfa (Staf Ahli Menteri LHK RI), Pak Marten Taha (Walikota Gorontalo), Pak Ishak Ntoma (Sekda Bone Bolango), Dr. Ibrahim Ahmad (Rektor Universitas Gorontalo ) dan masih banyak lagi tokoh daerah dan nasional yang turut hadir.

Setelah seminar ini, masih ada beberapa tahapan yang harus dilalui dan dipersiapkan oleh tim perumus/pengusul. Oleh karena itu, doa dan dukungan pemerintah, tokoh, politisi, terutama masyarakat Gorontalo sangat diharapkan untuk lancar dan suksesnya ikhtiar ini.

Kebulatan tekad kita secara bersama-sama adalah kekuatan besar dalam mewujudkan sang paus sastra Indonesia (H.B Jassin) menjadi pahlawan nasional yang kalau  meminjam istilah pak Nirwan Dewanto, “Pak Jassin adalah mutiara yang tak ada bandingnya di negeri ini, dia adalah sebuah anti monumen yang monumental”. Bahkan, pada peringatan 40 hari kepergian Jassin (Saya mendengarnya dari pak Wenny Jassin), Alm. Gus Dur-Presiden RI Ke-4 hadir dan mengatakan kurang lebih begini “Negara ini banyak berhutang ke Pak Jassin, dia mengumpulkan  tulisan, dokumentasi dan buku-buku yang itu menggunakan uang pribadinya untuk pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia”. Kini semua yang telah dikumpulkan Pak Jassin itu berada di Pusat Dokumentasi Sastra H.B Jassin yang dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta dan menjadi rujukan banyak orang dalam mempelajari kesusastraan Indonesia.

ARB

INFO BAWAH

Cara kirim tulisan ke Negeri Kertas: Tulis karya anda berupa puisi/cerpen/artikel + biodata narasi + foto penulis atau gambar ilustrasi, semuanya dalam satu lampiran MS Word. Kirim ke email nkertas@gmail.com