005

header ads

Webinar Kelas Teater



Kelas Teater merupakan program yang diinisiasi Kala Teater sejak tahun 2019 untuk mendengarkan, membicarakan, dan mencatat pendekatan dan metode penciptaan teater sutradara, aktor, dan penulis naskah Indonesia dan dunia. 
 
Kelas Teater 2021 fokus pada sutradara teater Indonesia yang memiliki rekam jejak sekira 15 tahun dan masih aktif berkarya. 
 
Kelas Teater #3 adalah Kelas Yudiaryani. Kelas Yudiaryani akan menelusuri pendekatan dan metode penciptaan teater Yudiaryani. 
 
Prof. Dr. Hj. Yudiaryani, M.A. adalah sutradara, aktor, penulis, dan penerjemah buku dan naskah teater. Ia bekerja sebagai staf pengajar di Jurusan Teater, Fakultas Seni Pertunjukan, ISI Yogyakarta. Ia merupakan profesor teater pertama di Indonesia. Ia adalah pendiri dan sutradara di Lembaga Teater Perempuan, Yogyakarta dan Direktur Eksekutif Yayasan Yogyakarta Building Asian Linkage Alternative Information of Theater Nusantara (BATAN). Ia juga adalah Dewan Pakar Penyusunan Kamus Teater Majelis Bersama Brunei Darrusalam-Indonesia-Malaysia (MABBIM),  Anggota Komisi International Theatre Workshops in the Asia-Pacific Region, UNESCO Chair International Theatre Institute (ITI), Director’s  members of the Asia Pacific Bond (APB) of Theater Schools and the Performing Arts Festival, dan masih banyak lagi aktifitas teater yang digelutinya.

Pada tahun 2019 ia menyutradarai _Pusaran_ (A Street Car Named Desire) karya Tennessee Williams, Terjemahan Toto Sudarto Bachtiar dalam rangka Lustrum ke VII ISI Yogyakarta kerjasama dengan Teater Alam ISI Yogyakara, dan Dinas Kebudayaan Provinsi DIY.

#kalateater #kelasteater #yudiaryani #ISIYogyakarta #teaterindonesia #indonesiatheatre #kelasyudiaryani

Posting Komentar

0 Komentar