Negeri Kertas | Kota Tangerang

Share:
Negeri Kertas adalah gerakan para relawan literasi turun ke darat (kopdar), berbagi cerita dan pengalaman tentang kepenulisan juga motivasi dan tips dalam menulis. Gerakan ini akan menjadi bibit untuk para peserta (penulis pemula) termotifasi merangsang tumbuhnya minat menulis pada diri mereka. Tujuan dari Negeri Kertas adalah menjadi wahana bagi para peserta peminat literasi untuk belajar dari para relawan literasi membagikan pengalaman kepenulisannya.
Diharapkan ke depan, terjalin relasi yang dapat terus menerus mereka pelihara baik untuk kepentingan jangka pendek membangun iklim gerakan menulis ataupun sekadar berjejaring dan berkomunikasi terus. Hal ini sebagai wujud jendela komunikasi antar relawan literasi sebagai seorang yang mempunyai tekat untuk memberikan semangat literasi di lingkungannya dan perlu dikembangkan terus-menerus.
Negeri Kertas ini menjadi solusi bagi para relawan literasi Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar kegiatan literasi di lingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara para relawan literasi dengan dunia realita yang masih minim akan minat membaca dan menulis. Partisipasi para relawan literasi tersebut untuk menyisihkan sebagian waktunya melakukan kopdar dengan para peserta guna membagikan pengalaman dan wawasannya dalam bidang kepenulisan, merupakan partisipasi berbasiskan individu, bukan institusi. Ini menunjukkan bahwa kepedulian dan kesadaran pribadi terhadap majunya gerakan literasi Indonesia.
SEJARAH
Bermula dari teman-teman Negeri Kertas dan beberapa teman relawan literasi yang ingin berkontribusi pada gerakan literasi Indonesia, lahirlah konsep Negeri Kertas. Negeri Kertas adalah kegiatan yang mewadahi relawan literasi dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi pengembangan minat membaca dan menulis di Indonesia. Melalui program ini, para relawan literasi pengajar dari berbagai latar belakang untuk tejun langsung (kopdar) membagikan pengalamannya atau menjadi moderator yang mampu mengundang penulis yang berpengalaman untuk diketemukan dengan para peserta yang ingin belajar lebih dalam tentang kepenulisan.
Kegiatan Negeri Kertas yang pertama diadakan pada 21 Februari 2007. Para relawan literasi diajak untuk menceritakan mengenai pengalaman kepenulisannya. Harapannya, para peserta akan memiliki lebih banyak pilihan wawasan serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki semangat menulis.
KNK Tangerang
cropped-cimg1101.jpg
Berawal dari sayembara antologi Puisi yang diselenggarakan oleh Kak Fileski bersama Agustini dkk, lahirlah Komunitas Negeri Kertas Tangerang. Gebrakan pertama yakni pada tanggal 13 September 2015, KNK Tangerang sukses menyelenggarakan launching Buku Antologi Puisi dan Cerpen yang bertajuk “Goresan Mimpi Sang Pena” sekaligus sedekah buku di Rumah Yatim cabang permata Tangerang. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kak Fileski dan Kak Riri Ansar. Dan pada tanggal tersebut pula KNK Tangerang resmi berdiri.

Tidak ada komentar