.

VIRAL    MUSIK    TEATER    AGENDA    SENI RUPA    SASTRA    FILM    VIDEO    WORKSHOP    FORUM    ANTOLOGI    ESAI    PUISI    CERPEN    INSPIRASI   
Home » » PERBEDAAN SILABUS DAN RPP

PERBEDAAN SILABUS DAN RPP

Posted by NegeriKertasCom on 4 Des 2018

Perbedaan Antara Silabus dan RPP - Beragam macam istilah yang terkait dengan dunia pendidikan Indonesia, termasuk Silabus dan RPP. Meski memiliki misi seragam untuk mencerdaskan kehidupan para siswa di masa depan, perbedaan Silabus dan RPP terbilang cukup lebar. Hal sederhana yang tampak dari keduanya adalah pengertian dasar hingga karakteristik yang menjadi ciri khas utama.


Silabus
Menurut pengertian dasar, silabus ialah perluasan akan standar kompetensi serta kompetensi dasar yang masuk ke dalam materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian untuk penilaian hasil belajar. Bisa pula dikaitkan dengan suatu rencana pembelajaran pada sebuah mata pelajaran yang wajib meliputi komponen-komponen penting, mulai dari standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, hingga sumber belajar.

Silabus seringkali dipakai sebagai pedoman atau sumber utama untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih lengkap, mulai dari menyusun rencana pembelajaran, mengatur kegiatan pembelajaran hingga mengembangkan sistem penilaian hasil belajar. Pada intinya, Silabus dipakai sebagai pedoman para guru untuk menyusun rencana dan menjalankan program pelajaran.

Perbedaan Silabus dan RPP bisa terlihat dari komponen-komponen yang dipakai. Silabus mengusung kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar. Silabus hanya disusun untuk keperluan selama satu semester dan tidak menyertakan langkah-langkah pembelajaran.

RPP
Kepanjangan dari “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran” yang diartikan sebagai suatu rencana yang memperlihatkan prosedur serta pengorganisasian pembelajaran demi tercapainya kompetensi dasar yang diatur menurut Standar Isi dan dijelaskan sesuai silabus. Bisa dikatakan bahwa RPP ialah persiapan yang harus diterapkan oleh guru sebelum memulai proses mengajar, baik tertulis atau mental, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang melibatkan siswa secara menyeluruh.

RPP merupakan beberapa penggalan kegiatan yang perlu diterapkan oleh guru pada setiap pertemuan atau waktu pembelajaran bersama siswa. Guru harus mengetahui dengan jelas tindakan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan kompetensi dan tindakan lanjutan setelah pertemuan atau waktu pembelajaran selesai.

Perbedaan Silabus dan RPP nampak jelas dari komponen-komponen penyusun seperti standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi ajar, materi pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, sumber belajar dan penilaian. RPP mencakup secara keseluruhan yang tertuang pada langkah-langkah pembelajaran. Umumnya hanya disusun untuk satu pertemuan atau per Bab.

Kesimpulan

Berdasarkan penjabaran di atas maka perbedaan Silabus dan RPP hanya terletak pada tujuan penyusunan. Silabus dipersiapkan untuk keperluan selama satu semester, sedangkan RPP dipersiapkan untuk satu pertemuan atau per Bab. RPP mencakup langkah-langkah pembelajaran sedangkan Silabus tidak ada.


#PENDIDIKAN

SHARE :
CB Blogger
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Official © 2018 NegeriKertasCom. Email: nkertas@gmail.com | WA 628888710313
NEGERIKERTAS COM