.

.

Perkawinan Sastra dan Seni Rupa di Antara Kericuhan Hari Ini



MADIUN - Berawal dari kegelisahan tentang maraknya saling hujat dan merebaknya berita hoax, membuat sekumpulan seniman muda membuat gerakan nyata lewat karya yang diilhami dari pengendapan ide dan rangkuman peristiwa aktual belakangan ini.

Acara ini diadakan di Kedai Sastra Mister Nyambik Jalan Pilang Amd Madiun, Jawa Timur. Kegiatan pameran seni rupa ini menghadirkan karya-karya perupa yang berasal dari berbagai daerah di antaranya Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Blitar, Madiun, Magetan, Yogyakarta, dan Jakarta.

“Kegiatan ini diadakan untuk menciptakan iklim kreatifitas yang produktif di bidang kekaryaan. Dari kegiatan ini semoga Madiun akan semakin semarak dengan kegiatan kesenian yang berimbas positif bagi masyarakat,” tutur penyelenggara acara, Kartika kepada Kabarjatim.com.

Menampilkan 50-an karya perupa, semangat yang ditampilkan adalah membuka ruang alternatif untuk berkesenian di kota Madiun. Karya-karya yang ditampilkan beragam ada lukisan, seni grafis, batik, kartun editorial, karya instalasi dan drawing.

Karya-karya para perupa ini akan direspons oleh para penyair dari dalam negeri dan luar negeri. Output yang dihasilkan pada kegiatan ini adalah buku antologi puisi hasil dari alih wahana seni rupa sastra, dengan cara merespons karya seni rupa dengan menulis karya sastra berbentuk puisi.

Pembukaan pameran buka dengan pidato kebudayaan oleh Panji Kuncoro Hadi selaku sastrawan Madiun dan juga dosen sastra di kampus Universitas PGRI Madiun. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan penyair muda berbakat dengan sajian Resital Biola Puisi oleh Fileski, yang mampu menghadirkan suasana sakral dalam pembukaan acara ini.

Pameran seni rupa sastra ini akan berlangsung dari 1 hingga 14 maret 2017. Acara lain yang sangat menarik pada even ini adalah parade workshop sastra dan seni rupa yang akan berlangsung setiap hari mulai 2 Maret 2017.

Workshop yang akan dilangsungkan adalah sketsa, nirmana, drawing, ilustrasi, menggambar bentuk, deformasi, finger painting, fabric art, instalasi, batik, Woodcut 1 warna, handicraft, lukis kaca dan workshop menulis puisi alih wahana seni rupa.

SUMBER: http://www.kabarjatim.com/2017/03/perkawinan-sastra-dan-seni-rupa-di.html
Share on Google Plus

About Fileski Channel