005

header ads

Catatan Penerbit II (Penulis Mantra)

HILDA WINAR·TUESDAY, SEPTEMBER 20, 2016

Sebulan terakhir ini , saya (HW Project) diserbu ratusan peristiwa puisi dahsyat yang dihantarkan oleh penyair-penyairnya ke alamat email saya. oh, ya, saya seperti redaktur budaya sebuah media, membaca puisi puisi itu satu per satu dengan teliti. dengan amat teliti.

Tiba-tiba ada rasa dingin di tengkuk... menjalar ke pundak...turun ke ujung kaki... bertiup di kepala saya yang tak berambut...lalu menetap di hati saya berubah hangat yang nyaman membanggakan.  Saya terharu, meneteskan air mata menyadari betapa teman-teman penyair saya telah begitu tulus  membuka seluruh hidupnya pada saya untuk dilihat dan dibaca.  Saya telah dipercaya...lalu saya menyentuh mereka dengan sepenuh cinta dan bertekad untuk menghadirkan semua ini pada masyarakat sastra sebagai hadiah terindah dari kami.  Ketuklah PINTU dari Fini Marjan  agar kau (sahabat-sahabat pecinta sastraku) mengenal SEPARUH AKU dari Na Dhien , lalu rasakanlah GEMURUH RASA dari Fanny Jonathans .

Siang ini, ketika menuliskan semua ini, saya ditemani Fileski dengan iringan musikalisasi puisi ANGIN UTARA karya Dedari Rsia dari bukunya berjudul Penulis Mantra. 

BAiklah, mari kita bicara tentang PENULIS MANTRA,  sebuah antologi tunggal bilingual Indonesia- Ingris karya Dedari Rsia alias  Dewa Putu Sahadewa.  Ketika naskah ini pertama saya baca di email saya amat terkejut dengan pilihan judulnya : PENULIS MANTRA/ THE MANTRA WRITER.  Ini pasti naskah yang telah saya cari seumur hidup untuk diterbitkan. lalu saya beralih pada nama penulisnya : Dewa Putu Sahadewa, yang selama ini hanya saya kenal sebagai Dedari Rsia, saya nyaris tak mampu bergerak. ini sungguh paduan judul buku dan nama penulis yang jika mengutip kaum alay akan dikomen menggunakan huruf kapital NENDANG BINGITS. 

Sahabat sastra, menulis judul buku puisi bukan suatu hal mudah. Mahasiswa ilmu komunikasi pasti mengerti bahwa itu harus mampu memanggil semua rasa ingin tahu pembaca, menyenangkan dan menyisakan sedikit misteri agar pembaca bergerak terus untuk membaca. Judul buku ini bahkan membangkitkan seluruh  enerji kreatif saya untuk mewujudkannya menjadi sebuah buku spesial sehingga layak menjadi contoh sebagai sebuah buku puisi terbaik di Indonesia.  

Saya harus memanggil semua tim saya untuk mewujudkan ini : 1. Narudin Pituin dengan keahlian tak diragukan dan pisau- pisau tajamnya, 2. David Darmawan Siswandi, sang ilustrator yang selalu siap bekerjasama mewujudkan buku buku indah dengan saya. Daya tangkapnya sungguh luar biasa sehingga mampu melahirkan ilustrasi bergaya, elegan dan mengejutkan untuk seluruh puisi dalam PENULIS MANTRA. Dedari Rsia sepertinya harus bertanggung jawab pada filem filem yang harus kami tonton agar mendapat ilustrasi keren untuk bukunya

Aduh, maaf, saya harus melanjutkan makan siang saya yang tertunda dari satu jam lalu. Sahabat selamat merayakan buku PENULIS MANTRA dan simak yang satu ini dulu ya :

  ANGIN UTARA 
Angin  utara
 Mengirim agustus ke dalam
 sunyi hidupku
 Melewati juli yang asing Engkau belahan jiwa
 tapi
 tak tersentuh jari
 Engkau tetes tuakku
 Yang tak dapat kusadap
 sendiri
 Sedekat apa tarianmu
 Ketika angin menyapunya
 Berhentilah... Tolehlah aku
 Dengan sudut mata saja
 Tuak rinduku Kau manis
 Merayu dunia dengan tawa
 Meramu sajak hidup yang riuh
 Menanarkan pandanganku
 Mendekap erat jejak lahirmu
 Dan tertidur
 Dan tersenyum dalam mimpi Angin utara
 Membentangkan hari hari
 di depanku
 Juli terlampaui
 Dan tak satu pun
 Peduli Aku
 MerindukanMu  
nb :Pemesanan buku bisa dilakukan via inbox saya



Posting Komentar

0 Komentar